Brilio.net - Judul film Korea romantis membentang dari berbagai era, mulai dari masa kerajaan hingga zaman modern. Kisah cinta tersebut menampilkan berbagai pergolakan dan model kisah percintaan yang berlaku dari masa ke masa.

Selain itu, film Korea romantis hadir dengan berbagai latar dan berbagai konteks yang bisa saja berbeda dengan konteks romansa hari ini. Karena itu, film-film tersebut hadir dengan semangat zamannya masing-masing dan mesti ditelusuri sejarah muasalnya.

Film Korea romantis masih menjadi salah satu genre yang menjadi favorit dalam dunia film Korea. Film-film tersebut akan selalu hadir dengan berbagai cerita yang akan selalu menarik perhatian.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (1/2), berikut 11 judul film Korea romantis, dari era kerajaan hingga zaman modern.

1. The Princess and The Matchmaker (2018).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Princess and The Matchmaker berkisah tentang Putri Songhwa yang menolak menikah dengan empat calon pria yang dianggap paling cocok dengan nasibnya. Nasib Putri Songhwa tersebut diramal oleh Seo Do-yoon, seorang peramal di wilayah kerajaan Putri Songhwa yang berhasil memprediksi ramalan nasib seseorang.

Namun, Putri Songhwa kemudian melarikan diri meninggalkan istana dan menemukan suaminya sendiri. Putri Songhwa merasa tidak ada satu pun yang cocok dengan keempat pria yang ditawarkan.

2. Seondal: The Man Who Sells the River (2016).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Seondal: The Man Who Sells the River merupakan film yang diadaptasi dari novel kuno satir dan humor tentang Kim Seon-dal yang menjual semua hal dari sungai. Kim Seon-dal dikenal sebagai penipu jenius yang punya penampilan memikat dan keberanian yang kuat.

Kim Seon-dal bekerja sama dengan Bo-won, wanita Buddha Yoon, dan Gyeon. Mereka semua sebagai penipu yang dikenal secara nasional. Suatu waktu, mereka berencana untuk menipu Sung Dae-Ryeon, pria paling kuat yang ada di wilayah kerajaan mereka.

3. The Last Princess (2016).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Last Princess merupakan film yang diangkat dari novel laris karya Kwon Bi-young dengan judul yang sama. Film ini menggambarkan kehidupan Putri Deokhye di Jepang setelah dia dipaksa pindah ke sana pada usia 13 tahun oleh Pemerintah Kekaisaran Jepang dan usahanya untuk kembali ke Korea. Putri Deokhye kemudian bertemu dengan Kim Jang-han, seorang perwira tentara Jepang yang juga merupakan bagian dari gerakan kemerdekaan Korea.

Kim Jang-han merencanakan operasi rahasia untuk memindahkan Deokhye dan saudara laki-lakinya Yi Un ke Shanghai, situs Pemerintahan Sementara Republik Korea. Upaya ini gagal setelah Han Taek-soo mengetahui rencananya. Mereka kemudian terpisah dan kehilangan kontak dalam situasi perang.

Putri Deokhye kemudian dipaksa menikah dengan Pangeran S Takeyuki pada 1931, dan menderita skizofrenia setelah melahirkan putri mereka pada tahun berikutnya. Kim menjadi reporter surat kabar dan akhirnya menemukan Deokhye di rumah sakit jiwa Jepang, beberapa dekade setelah mereka berpisah. Setelah melakukan beberapa usaha, Kim Jang-han bisa membawa Deokhye kembali ke tanah airnya pada 1962.

4. Untold Scandal (2003).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Untold Scandal merupakan film yang diadaptasi berdasarkan novel Prancis tahun 1782 Les Liaisons hazardeuses yang konteksnya diganti menjadi Korea akhir abad ke-18, selama dinasti Joseon.

Film ini mengisahkan Madam Lady Cho yang sudah bersuami, tetapi tak peduli dengan aturan norma yang berlaku. Ia pun menjalin hubungan dengan banyak pria. Film ini menampilkan berbagai skandal percintaan yang bebas dan tak lagi peduli tentang norma masyarakatnya sendiri.

5. My Girlfriend is an Agent (2009).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

My Girlfriend is an Agent merupakan film yang mengisahkan dua agen rahasia yang tidak tahu satu sama lain ternyata menjalin hubungan romantis. Ahn Soo-ji merupakan agen domestik Korea yang menjalankan sebuah misi khusus untuk menghentikan kelompok kejahatan terorganisir Rusia yang mengambil alih senjata biokimia canggih dari Korea selatan.

Sementara itu, ia kemudian bertemu dengan Lee Jae-joon untuk menjadi pacarnya. Lee Jae-hoon adalah agen internasional yang punya kepentingan lain dari pemerintah Korea. Mereka berdua kemudian menjalin hubungan romantis dan sempat bersama. Suatu ketika, mereka sama-sama mengetahui identitas masing-masing dan hampir saling membunuh. Namun, karena rasa cinta keduanya lebih kuat dari apapun, mereka pun kembali menjalin hubungan romantis dan menyelesaikan misi bersama-sama untuk menyelamatkan dunia.

6. Hot Young Bloods (2014).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatar awal tahun 1980-an di Heongseong, Korea Selatan, Hot Young Bloods menggambarkan persaingan, persahabatan, dan kisah cinta yang diam-diam dialami oleh siswa sekolah menengah Heongseong. Young-sook, pemimpin geng wanita yang ditakuti di Sekolah Tinggi Pertanian Hongseong. Meskipun dia dikenal karena ketangguhan dan mulutnya yang kotor, dia diam-diam naksir Joong-gil yang dikenal sebagai playboy kakap di sekolahnya.

Joong-gil adalah Casanova legendaris yang satu pandangannya memiliki kemampuan untuk membuat hati para gadis luluh, dan dia berusaha merayu semua gadis di sekolah, kecuali Young-sook. Hal ini dikarenakan Gwang-sik yang menjadi saingan Joong-gil menganggap Young-sook sebagai kekasihnya. Film komedi romantis remaja ini menampilkan kisah cinta ala siswa sekolah yang lucu dan juga bikin gemas.

7. Tune in for Love (2019).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Tune in For Love merupakan film yang mengambil tempat dalam lompatan waktu selama bertahun-tahun. Film ini adalah kisah indah dari dua karakter yang bertemu kembali lagi dan lagi setelah banyak perubahan hidup dan bertahun-tahun berpisah. Entah bagaimana mereka selalu menemukan cara untuk kembali satu sama lain. Cerita dimulai pada 1995 ketika seorang pria muda mengunjungi toko roti yang dijalankan oleh dua wanita. Hyun-woo (Jung Hae-in) baru saja dibebaskan dari tahanan remaja dan mendapat pekerjaan di toko roti. Dia mengembangkan ikatan dengan Mi-soo (Kim Go-Eun).

Namun pada suatu malam, perkelahian membuatnya kehilangan kebebasannya saat dia melanggar persyaratan masa percobaannya. Keduanya bertemu kembali beberapa tahun kemudian. Kehidupan mereka berdua telah melalui banyak perubahan, dan mereka tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk benar-benar mengembangkan hubungan mereka menjadi sesuatu yang lebih, tetapi mereka selalu berharap mereka akan bertemu lagi.

8. Crazy Romance (2019).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Crazy Romance merupakan film romantis komedi yang mengisahkan kehidupan romantis Jae-hoon dan Sun-young. Mereka dipertemukan oleh nasib yang hampir sama menimpa keduanya.

Jae-hoon dicampakkan tunangannya sebulan sebelumnya dan ia belum bisa melupakan orang yang dicintainya tersebut. Sementara itu, Sun-young baru saja putus dari pacarnya yang berselingkuh dengan orang lain. Mereka pun menjalin kerja sama yang penuh kocak hingga akhirnya saling jatuh cinta.

9. Mood of the Day (2016).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Mood of the Day berkisah tentang Kim Jae-hyun, seorang mantan pemain bola basket berbakat dan kini menjadi manajer olahraga. Ia punya keinginan besar untuk mengirim Kang Chul ke Amerika karena satu-satu pemain pemula berbakat yang menjanjikan.

Suatu hari, karena keperluan tersebut, Jae-hyun harus pergi ke Busan untuk menyakinkan murid binaannya tersebut. Saat di perjalanan, ia bertemu dengan Bae Soo-jung yang bekerja sebagai biro iklan dan harus pergi ke Busan untuk kepentingan bisnis. Mereka berkenalan dan memutuskan untuk bersama-sama saat di Busan. Dalam waktu 24 jam, mereka menghabiskan waktu bersama dan ketika berpisah, seolah ada perasaan yang berbeda satu sama lain.

10. Pure Love (2016).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Pure Love hadir dengan alur mundur yang dikisahkan oleh seorang DJ radio yang mendapat surat dari cinta pertamanya yang berhasil menghadirkan kenangan masa lalu yang hampir dilupakannya. Surat tersebut mengisahkan peristiwa 23 tahun lalu tentang lima sekawan yang menghabiskan musim panas bersama. Selain itu, surat tersebut juga bercerita tentang Beom-sil yang pemalu dan polos jatuh cinta kepada Soo-ok.

Beom-sil naksir Soo-ok dan menunggu di dekat jendela gadis itu selama musim panas. Soo-ok menderita cedera kaki yang membuatnya tidak bisa berjalan dengan baik sehingga dia selalu digendong oleh Boem-sil. Cinta itu mekar dan bagaimana dia selalu melihatnya sebagai gadis yang ingin dia nikahi di masa depan.

11. Architecture 101 (2012).

Judul film Korea romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Architecture 101 berkisah tentang Lee Seung-min yang baru saja menerima kunjungan di kantornya dari seorang wanita yang tak dikenalnya. Namun, setelah memperhatikan secara saksama, wanita tersebut adalah Yang Seo-yeon, seorang wanita yang pernah menjadi cinta pertamanya.

Pertemuan tersebut membawa mereka pada kenangan masa lalu yang pernah dilalui di kelas Arsitektur 101. Sejak itu, mereka sering mengerjakan proyek bersama dan saling jatuh cinta.

Saat pertemuan kembali tersebut, Seo-yeon meminta Seung-min untuk membantunya untuk membangun rumah impian Seo-yeon di Pulau Jeju. Perlahan, tapi pasti semua kenangan bersama mereka membuat mereka berdua rekat kembali, walau dalam kondisi yang tak sama lagi.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lin)