Brilio.net - Film dan drama bertema zombie kembali ditonton banyak orang semenjak serial drama Kingdom pada 2019 booming. Apalagi saat Kingdom mengeluarkan spin-off khusus yang mengisahkan sosok Ashin dalam Kingdom: Ashin of the North (2021), animo pencinta film maupun drama genre ini tak terbendung. 

Beberapa tahun sebelum drama dan film yang mengisahkan zombie era Joseon tersebut muncul, film Korea sudah pernah diramaikan dengan film Train to Busan. Berkat film yang dirilis pada 2016 tersebut, film bertema zombie laris manis di pasaran. Tentunya, masih layak ditonton ulang sampai sekarang. 

Hampir semua film bertema zombie selalu hadir dengan adegan menyeramkan. Namun, di antara daftar-daftar film zombie terbaik ada pula yang menampilkan sisipan komedi yang dominan. Hal ini membuat film zombie tak hanya seram, melainkan juga menyenangkan. Karena itu, berikut ini merupakan daftar film bertema zombie terbaik.

Nah, untuk menambah daftar tontonan Sobat Brilio, berikut 11 film Korea terbaik bertema zombie di IMDb sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/1).

1. Train to Busan (2016).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Train to Busan mengisahkan Seok-woo (Gong Yoo) yang sedang mati-matian berusaha melindungi putrinya yang masih kecil di sebuah kereta yang dikuasai zombi. Zombie tersebut merupakan imbas dari wabah zombie yang terjadi di Busan.

Film ini menampilkan karakter yang berbeda, penampilan emosional, dan aksi berbahaya membuat film ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan adegan menyeramkan. Train to Busan berhasil meraih nilai yang bagus di Rotten Tomatoes dan juga di IMDb dengan skor 7,6/10.

2. The Wailing (2016).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wailing mengisahkan sekelompok polisi yang melacak serangkaian kejadian supernatural yang mengganggu di Gokseong, kota nelayan kecil. Kejadian tersebut terjadi saat seorang asing misterius datang ke kota tersebut.

Tak lama kemudian, virus zombie menyebar ke semua dusun yang dianggap sebagai kutukan roh jahat di daerah tersebut. Jong-goo (Kwak Do-won) yang merupakan polisi setempat segera bertindak dan menyelidiki kasus misterius itu.

Selain menampilkan kisah yang menyeramkan, film bertema zombie ini juga menampilkan elemen budaya Korea yang membuat film hadir dan berhasil memukau para penontonnya. Film ini berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

3. The Neighbor Zombie (2010).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Neighbor Zombie merupakan film yang terdiri dari empat bagian yang mengisahkan sebuah wabah zombie yang menulari banyak orang di Korea. Film ini mengisahkan pada tahun 2010, pandemi global melanda dunia, termasuk ibu kota Seoul, Korea Selatan.

Ketika pemerintah mengumumkan Darurat Militer untuk mengkarantina warga dan melacak sumber wabah, beberapa warga sipil yang heroik berangkat untuk membantu menyembunyikan dan memberi makan korban sambil mencari vaksin.

Hadir dengan genre horor-komedi membuat penampilan seram dalam film ini juga diikuti dengan adegan dan dialog lucu para karakternya. Film ini berhasil meraih skor 4,8/10 di IMDb.

4. Horror Stories (2012).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Horror Stories merupakan rentetan dari lima film pendek yang punya kesatuan cerita: kelima cerita tersebut sama-sama menyeramkan. Namun, film kelima yang berjudul Ambulance on the Death Zone mengisahkan lima orang yang selamat dari segerombolan zombie saat mereka bertahan dalam sebuah mobil ambulan.

Semua pekerja medis terinfeksi virus zombie dan membuat kelima orang tersebut mau tidak mau harus berhasil menyelamatkan diri. Film terakhir ini sekaligus membius para penontonnya untuk selalu berada dalam suasana yang mencekam. Film ini berhasil meraih skor 5,7/10 di IMDb.

5. Rampant (2018).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Rampant merupakan film Korea mengisahkan bentrokan antara pangeran yang diasingkan Lee Chung (Hyun Bin) dan menteri Perang Joseon Kim Ja-joon (Jang Dong-gun) dengan latar belakang seorang menyebarkan wabah zombi.

Lee Chung diculik oleh keluarga Qing yang kuat yang punya rencana untuk mengangkatnya sebagai Putra Mahkota baru. Saat Lee Chung bertanding dengan Kim Ja-Joon, Menteri Perang Joseon, serangan zombie tanpa henti mengancam untuk memusnahkan seluruh wilayah. Hadir dengan beragam adegan menyeramkan, film ini berhasil meraih skor 6,3/10 di IMDb.

6. Stasiun Seoul (2016).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Stasiun Seoul merupakan film animasi bertema zombie yang bisa menjadi prekuel atas film Train to Busan. Stasiun Seoul membayangkan pusat kota Seoul dikuasai oleh legiun zombie. Sebagian besar plot berkisar Suk-gyu (Ryu Seung-ryong), seorang ayah putus asa mencari putrinya yang hilang, Hye-sun (Shim Eun-kyung), sebelum pandemi zombie.

Film ini berhasil menampilkan cerita utuh apa yang terjadi sebelum peristiwa di Busan terjadi dalam film Train to Busan. Film ini berhasil meraih skor 6,2/10 di IMDb.

7. #Alive (2020).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

#Alive bermula saat sebuah bangunan padat penduduk dikepung oleh serangan zombie ganas yang disebabkan oleh virus tidak dikenal. Film ini berfokus pada perjuangan Oh Joon-woo, seorang pemain game video yang berusaha menyelamatkan diri dari wabah zombie mematikan.

Film ini berhasil menampilkan banyak adegan menyeramkan dan aksi penyelamatan yang dilakukan Joon-woo. #Alive berhasil meraih skor 6,3 di IMDb.

8. Doomsday Book (2012).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Doomsday Book merupakan kumpulan tiga film pendek fiksi ilmiah Korea yang disutradarai Kim Jee-woon dan Yim Pil-sung. Dalam satu film yang berjudul A Brave New World berkisah tentang seorang ilmuwan kutu buku yang tidak sengaja membuang apel yang terkontaminasi ke tempat sampah.

Apel tersebut kemudian dimakan sapi dan sapi tersebut disembelih sehingga dagingnya dikonsumsi oleh banyak orang. Salah satu yang memakan daging tersebut adalah seorang pria di sebuah restoran barbekyu yang membuatnya menularkan wabah zombie. Ketiga film ini menjadi satu kesatuan yang berhasil menghimpun teka-teki yang ditampilkan dalam setiap film.

9. The Odd Family: Zombie On Sale (2019).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Odd Family berkisah tentang keluarga Park yang tiba-tiba berubah saat pak tua tersebut digigit zombi. Zombie tersebut diciptakan dari eksperimen gagal yang dilakukan oleh perusahaan farmasi yang korup. Walaupun begitu, keluarga Park kemudian mencoba menggunakan eksperimen untuk keuntungan finansial mereka sendiri.

Meski tampak menyeramkan saat awal-awal cerita, film ini merupakan film horor-komedi yang berhasil membawa cerita tentang zombie dengan cara yang lebih ceria. Film ini berhasil meraih skor 6,5 di IMDb.

10. Peninsula (2020).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train to Busan. Film ini mengisahkan seorang mantan tentara yang menerima misi untuk memimpin skuadronnya ke tanah terlantar di Semenanjung Korea Selatan. Misi tersebut merupakan perintah untuk mendapatkan truk penuh uang yang di sekelilingnya dikuasai oleh segerombolan zombie.

Walaupun tidak memenuhi ekspektasi dari film pertama, Peninsula berhasil menampilkan beragam adegan menegangkan yang membuat film ini layak ditonton. Film ini berhasil meraih skor 5,5/10 di IMDb.

11. Kingdom: Ashin of the North (2021).

Film Korea terbaik bertema zombi berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom: Ashin of the North merupakan spin-off dari serial Kingdom yang mengisahkan sosok Ashin. Dalam film ini, Ashin berubah menjadi sosok penjahat yang mengetahui dan bahkan menjadi cikal bakal yang membawa wabah zombie ke wilayah Joseon.

Sejak kecil, Ashin sudah tahu tentang tanaman pembangkit mayat dan mencoba membalaskan dendam keluarganya saat ia dewasa. Edisi spin-off ini berhasil meriah skor 7/10 di IMDb.