Brilio.net - Film Korea romantis komedi merupakan gabungan dari dua genre besar yang cukup populer dalam dunia film. Genre tersebut menampilkan kisah romantis yang unik karena berisi komedi-romedi ringan yang membuat para penonton menikmatinya sebagai genre tersendiri.

Film Korea romantis komedi mampu menampilkan kisah romantis yang tidak selalu penuh adegan-adegan bikin baper, tetapi juga hadir dengan komedi yang renyah dan bisa dinikmati semua orang.

Selain hadir dengan cerita yang unik, film-film tersebut juga diperankan oleh para pemain yang mendukung untuk menampilkan lelucon ataupun adegan lucu dalam film. Karena itu, film Korea romantis komedi tersebut tidak terjebak pada humor-humor garing yang malah merusak ide cerita.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (24/1), berikut 11 film Korea romantis komedi, cinta putus nyambung di Tune In For Love.

1. Sweet and Sour (2021).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet and Sour berkisah tentang cinta segitiga yang menimpa Jang-hyuk. Saat cerita dimulai, Jang-hyuk menjalin hubungan romantis dengan Jung Da-eun yang bekerja sebagai perawat. Awalnya, hubungan mereka romantis sekali dan seolah dunia hanya milik berdua, sementara orang lain hanya ngontrak.

Namun, kisah manis tersebut kemudian perlahan berubah ketika Jang-hyuk mulai bersaing untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaannya. Ia bersaing dengan Han Bo-yeong yang juga menginginkan posisi yang sama. Alih-alih bersaing, mereka pun bekerja sama untuk mendapatkan hasil terbaik dan membuat hubungan keduanya tidak hanya sebatas teman.

2. Crazy Romance (2019).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

Crazy Romance merupakan film romantis komedi yang mengisahkan kehidupan romantis Jae-hoon dean Sun-young. Mereka dipertemukan oleh nasih yang hampir sama menimpa keduanya.

Jae-hoon dicampakkan tunangannya sebulan sebelumnya dan ia belum bisa melupakan orang yang dicintainya tersebut. Sementara itu, Sun-young baru saja putus dari pacarnya yang berselingkuh dengan orang lain. Mereka pun menjalin kerja sama yang penuh kocak hingga akhirnya saling jatuh cinta.

3. Tune in For Love (2019).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

Tune in For Love mengisahkan hubungan antara Kim Mi-soo dan Cha Hyun-woo yang pernah menjalin hubungan pada masa remaja mereka di tahun 1994. Keduanya berteman dan saling memberikan perhatian lebih dari sekadar teman.

Mereka kemudian berpisah karena sebuah insiden yang membuat keduanya saling merasa bersalah satu sama lain. Namun, saat berpisah, mereka pun tak bisa melupakan berbagai kenangan yang pernah dilewati bersama. Sampai kemudian pada 2005, mereka dipertemukan kembali dan menjalin hubungan romantis. Film ini menceritakan putus nyambung hubungan romantis yang mereka jalani.

4. My Boss Girl (2019).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

My Boss Girl berkisah tentang Hwi-so, seorang mahasiswa jurusan teknik yang dikenal sebagai orang yang ramah dan baik hati, tetapi tidak punya keterampilan sosial yang baik. Hwi-so senang membuat robot dan saking sibuknya dengan proyek semacam itu, ia tak pernah punya pacar sama sekali.

Suatu hari, Hwi-so bertemu tanpa sengaja dengan Hye-jin yang muncul secara tiba-tiba di hadapannya menggunakan kursi roda. Walaupun menggunakan kursi roda, Hye-jin dikenal sebagai seorang pemanah jitu dan jujur kepada orang lain. Mereka kemudian terlibat dalam perbincangan yang membuat keduanya menemukan kecocokan satu sama lain.

5. On Your Wedding Day (2018).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan kisah cinta platonik yang hanya cukup melihat orang yang dicintai bahagia tanpa harus memiliki seutuhnya sebagai seorang kekasih. Hal itulah yang terjadi pada Hwang Woo-yeon yang menerima undangan pernikahan dari orang pertama yang dicintainya dahulu.

Woo-yeon mengenang semua kehidupan yang pernah dilaluinya bersama Hwan Seung-hee yang sebentar lagi melangsungkan pernikahan. Mulai saat mereka sama-sama sekolah di tempat yang sama hingga keduanya menjadi dewasa. Mereka berdua percaya tentang cinta sejati pada pandangan pertama. Namun, takdir tak selalu sekata dengan mereka. Woo-yeon hadir ke pernikahan Seung-hee dan mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian terindah dari kehidupannya. Hal ini kemudian membuat Woo-yeon punya arti lain tentang sebuah pernikahan.

6. Love, Again (2019).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

Love, Again berkisah tentang Hyun-woo dan Sun-young yang baru saja menyelesaikan upacara perceraian. Mereka kemudian saling berpisah satu sama lain dan menikmati status lajangnya.

Hingga kemudian Sun-young tiba-tiba muncul di hadapan Hyun-woo bersama Sang-cheol, pacar barunya. Sang-cheol tak sadar bahwa pacarnya pernah menikah dengan orang yang ada di depannya. Film ini menampilkan kisah cinta yang tak benar-benar hilang dari sepasang suami istri yang pernah saling mencintai.

7. Twenty (2015).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty berkisah tentang kehidupan tiga orang yang berteman baik dan mengalami fase awal umur 20-an selepas mereka lulus dari SMA. Chi-ho adalah pemain pengangguran yang hidup di masa sekarang dan prioritas nomor satunya adalah berkencan dan mengejar wanita.

Kyung-jae adalah mahasiswa universitas yang baik yang tujuannya adalah untuk diterima di pekerjaan dalam suatu perusahaan. Dia sangat pemalu di sekitar gadis, tapi benar-benar berubah ketika mabuk. Serta Dong-woo yang beruntung bercita-cita menjadi kartunis, tetapi ketika keluarganya bangkrut, dia terpaksa menjadi pencari nafkah dan mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu.

8. My Love, My Bride (2014).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

My Love, My Bride berkisah tentang kehidupan sepasang kekasih yang baru saja menikah. Young-min dan Mi-young adalah pasangan muda yang menikah setelah lulus dari perguruan tinggi.

Setelah periode bulan madu, mereka mulai bertengkar satu sama lain. Saat mereka berjuang untuk membuat pernikahannya berhasil, Young-min dan Mi-young secara bertahap memahami apa itu cinta sebenarnya dan memahami bahwa pernikahan tidak hanya soal senang-senang saja.

9. My Girlfriend is an Agent (2009).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

My Girlfriend is an Agent merupakan film yang mengisahkan dua agen rahasia yang tidak tahu satu sama lain ternyata menjalin hubungan romantis. Ahn Soo-ji merupakan agen domestik Korea yang menjalankan sebuah misi khusus untuk menghentikan kelompok kejahatan terorganisir Rusia yang mengambil alih senjata bio-kimia canggih dari Korea selatan.

Sementara itu, ia kemudian bertemu dengan Lee Jae-joon untuk menjadi pacarnya. Lee Jae-hoon adalah agen internasional yang punya kepentingan lain dari pemerintah Korea. Mereka berdua kemudian menjalin hubungan romantis dan sempat bersama. Suatu ketika, mereka sama-sama mengetahui identitas masing-masing dan hampir saling membunuh. Namun, karena rasa cinta keduanya lebih kuat dari apa pun, mereka pun kembali menjalin hubungan romantis dan menyelesaikan misi bersama-sama untuk menyelamatkan dunia.

10. 100 Days with Mr. Arrogant (2004).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

100 Days with Mr. Arrogant berkisah saat Ha-Yeong dicampakkan kekasihnya tepat sebelum 100 hari mereka pacaran. Ia kemudian bertemu dengan Hyung-jun yang menendang kaleng dan tidak sengaja mengenai wajah dan mobilnya. Ia pun menuntut pria tersebut untuk mengganti rugi sebesar 3 ribu dollar.

Namun, Hyung-jun segera kabur dan tidak mau membayar tuntutan ganti rugi tersebut. Ha-Yeong kemudian mengejarnya berbekal dompet Hyung-jun yang ketinggalan dan menerornya. Karena Hyung-jun tidak punya uang, ia pun diminta untuk bekerja di rumah Ha-Yeong tanpa dibayar selama 100 hari. Selama 100 hari tersebut, ia kemudian sadar bahwa kerusakan mobil tersebut tak semahal yang diucapkan oleh Ha-Yeong. Hyung-jun kemudian menyusun rencana untuk bisa lepas dari jeratan tersebut sebelum akhirnya mereka punya perasaan suka.

11. My Sassy Girl (2001).

Film Korea romantis komedi putus nyambung berbagai sumber

foto: imdb.com

My Sassy Girl merupakan film Korea yang mengisahkan tentang Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) yang sedang jatuh cinta kepada gadis berhati dingin tanpa nama. Gyeon-woo rela melakukan apa pun untuk mendapatkan perhatian gadis yang diperankan oleh Jun Ji-hyun tersebut. Saat Gyeon-woo sudah terlampau jauh akrab dengan sang gadis, ia pun kemudian tahun bahwa gadis tersebut menyimpan cerita yang menyesakkan. Walaupun tampak seperti kisah sedih, film ini malah jauh dari kesan tersebut.

Setelah sempat menjalin hubungan, mereka kemudian putus dan saling berkirim pesan dan memasukkannya dalam kapsul waktu yang akan mereka baca dua tahun setelahnya. Film ini berhasil menampilkan kisah romantis dengan dialog dan adegan kocak yang seru. Karena itu, walaupun film sudah hampir dua dekade, raihan skor 8/10 di IMDb sungguh skor yang layak untuk film ini. Selain itu, film ini juga sudah di-remake ke dalam beberapa versi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)