Brilio.net - Film hantu Korea punya kemiripan dengan cerita-cerita hantu di daratan Asia lain, seperti Thailand atau bahkan Indonesia. Film-film tersebut menampilkan teror yang dilakukan oleh para hantu untuk mengusik manusia-manusia di sekitarnya.

Film hantu Korea tak kalah ngeri dengan film hantu dari daerah lain. Dalam film-film tersebut, banyak dikisahkan bagaimana seorang harus menghadapi para hantu dan bahkan mereka harus menyewa para pengusir hantu.

Selain itu, film-film tersebut hadir dengan premis-premis menarik sehingga membuat daya tarik tersendiri. Film-film tersebut hadir dengan berbagai latar sehingga punya keberagaman cerita.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (31/1), berikut 11 film hantu Korea bikin deg-degan ngeri, Metamorphosis menakutkan.

1. The Grotesque Mansion (2021).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Grotesque Mansion berkisah tentang sebuah bangunan yang dikuasai roh jahat karena tempat tersebut pernah menjadi tempat pemujaan. Roh jahat tersebut bergentayangan dan meneror para penghuni yang tinggal di tempat tersebut.

Selain bangunan berhantu menjadi latar, film ini juga menampilkan lima kisah cerita seram dengan plot yang berbeda. Walaupun tampil dengan cerita yang berbeda, kelima cerita tersebut punya keterkaitan yang nantinya akan membawa para penontonnya pada sebuah kesimpulan dari semua teka-teki yang dihadirkan dalam film.

2. The 8th Night (2021).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The 8th Night mengisahkan roh mata merah dan roh mata hitam yang diceritakan telah membuka gerbang negara dan Sang Buddha datang untuk menangkapnya. Setelah tahu bahwa Sang Buddha tidak bisa membunuhnya, kedua makhluk tersebut disimpan di dalam peti mati yang berbeda.

Namun, setelah 2500 tahun setelah peristiwa tersebut, Kim Jong-chul (Choi Jin-ho), seorang arkeolog melakukan ritual pemanggilan setan dan berhasil menemukan roh mata merah dan roh mata hitam kembali.

Biksu Ha-jung (Lee Eol), salah satu pelindung peti mati tersebut menyadari bahwa monster dari abad lampau datang kembali. Biksu Ha-jung pun meminta biksu Chung-seok (Nam Da-reum) agar mencari Park Jin-soo untuk bisa melenyapkan hantu dari ribuan tahun tersebut.

3. The Cursed: Dead Man's Prey (2021).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Cursed: Dead Man's Prey sempat menjadi pembicaraan banyak orang karena mengangkat ilmu santet yang khas di beberapa daerah di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Uhm Ji-won, Jung Ji-soo, dan juga Oh Yoon-ah ini bercerita zombie Korea atau yang disebut dengan Jaechaui dan ilmu hitam santet Indonesia.

Kisah film ini berawal dari pencarian seorang gadis atas kisah pembunuhan berantai dan ingin mencari siapa pelakunya. Setelah menemukan beberapa petunjuk, gadis tersebut berkesimpulan bahwa pelaku pembunuhan berantai tersebut adalah mayat-mayat hidup atau zombie yang dihidupkan dari kekuatan gaib.

Dalam film tersebut, seorang dukun santet asal Indonesia dicurigai menjadi dalang dari kasus tersebut. Dukun tersebut tak sembarangan memilih orang untuk menjadi targetnya, melainkan memilih mayat yang memiliki kisah tragis seperti kisah kematian anak perempuannya dan menarget siapa pun yang terlibat dan yang bertanggung jawab atas kematian anaknya.

4. The Closet (2020).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Closet mengisahkan Sang-won, seorang pria yang baru saja ditinggal istrinya karena meninggal dunia. Agar rasa sedihnya tidak berkepanjangan, Sang-won dan putrinya pun pindah ke rumah baru.

Namun, bukannya bahagia dan bisa melupakan segala kenangan terhadap mendiang istrinya, mereka kemudian merasakan berbagai hal aneh di rumah tersebut. Hingga suatu hari putri Sang-won hilang secara misterius. Sang-won pun mengundang dukun pengusir setan yang menyatakan bahwa putrinya ada di dalam sebuah lemari di rumah tersebut.

5. The Call (2020).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

Panggilan telepon tidak pernah lebih menakutkan. Namun, hal panggilan telepon menjadi hal lain dalam film The Call. The Call adalah film dengan campuran ketakutan, sensasi, dan sedikit fantasi. Film ini sebenarnya terinspirasi oleh film Inggris dan Puerto Rico, The Caller, dan membawa penontonnya melalui realitas brutal tentang apa yang dapat menyebabkan perubahan nasib seseorang.

Film ini mengisahkan seorang wanita muda mengunjungi ibunya di sebuah kota perdesaan dan menggunakan telepon nirkabel mode lama setelah kehilangan ponselnya. Di ujung lain adalah seorang wanita muda yang mengaku disiksa oleh ibunya. Wanita muda itu menyimpulkan bahwa wanita lain itu pernah tinggal di rumahnya, tetapi pada tahun 1999. Keduanya memiliki pendidikan yang tragis, mereka bekerja sama untuk mengubah nasib mereka.

6. The Divine Fury (2019).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Divine Fury menceritakan kisah Yong-hoo (Park Seo-joon), seorang juara seni bela diri yang mendapatkan kekuatan Ilahi untuk melawan kekuatan jahat yang kuat. Setelah masa kecil tragis yang melibatkan kematian orang tuanya, Yong-hoo telah memendam kebencian mendalam terhadap pemberi kekuatan tersebut yang tak lain yang disebutkan sebagai Yang Maha Kuasa.

Ia kemudian melampiaskan tersebut untuk menjadi petarung MMA sukses di Amerika Serikat. Setelah pertarungan di Amerika Serikat, ia mengembangkan stigmata yang memaksanya untuk mencari bantuan dari seorang Pastor Ahn (Ahn Sung-ki), seorang pendeta yang ahli dalam pengusir setan. Pendeta tersebut melihat potensi dalam diri Yong-hoo dan berencana untuk bekerja sama untuk mengusir setan yang ada di Korea.

7. Warning: Do Not Play (2019).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

Warning: Do Not Play berkisah tentang Mi-jung, seorang sutradara film horor pemula yang mulai kehabisan ide ketika ingin menggarap film terbarunya. Hal ini lantas sempat membuatnya bingung apa yang harus dilakukannya.

Sampai suatu ketika, Mi-jung mendengar bahwa ada film horor terlarang yang konon dibuat oleh hantu 8 tahun silam. Mi-jung tak lantas langsung percaya bahwa hal semacam itu benar-benar ada. Berbekal rasa penasaran yang kuat, Mi-jung pun melakukan riset desas-desus tersebut untuk menjadi bahan film terbarunya.

8. Metamorphosis (2019).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

Metamorphosis berkisah saat sebuah keluarga disusupi oleh roh jahat yang menyamar sebagai manusia. Hal itu terjadi saat sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan ketiga anaknya untuk memutuskan pindah rumah.

Namun, kepindahan ke rumah baru tersebut bukan membuat mereka bahagia, melainkan menjadi babak baru dengan berbagai kejadian menyeramkan. Sampai suatu ketika, salah satu anggota keluarga tersebut dirasuki atau disusupi roh jahat yang bertingkah aneh. Hal ini kemudian membuat anak tertua keluarga ini memanggil pamannya yang menjadi pastor untuk melakukan pengusiran setan.

9. Gonjiam Haunted Asylum (2018).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

Gonjiam: Haunted Asylum berkisah sekelompok anak muda yang penuh hasrat keingintahuan pergi ke Gonjiam, sebuah rumah sakit jiwa angker di Korea Selatan. Hasrat keingintahuan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk konten YouTube mereka dan meningkatkan trafik yang lebih tinggi.

Namun, saat menyusuri ruangan Gonjiam, mereka tiba-tiba terpisah. Mau tidak mau, mereka harus menyusuri rumah sakit tersebut masing-masing tanpa terhubung satu sama lain. Mereka kemudian menghadapi hal-hal yang sebenarnya sudah dikhawatirkan sejak awal.

10. The Mimic (2017).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

he Mimic berkisah tentang arwah yang berwujud macan dan mampu meniru suara manusia yang sudah meninggal dunia untuk menarik perhatian korbannya. Hal itu terjadi ketika Hee-yoon dan Min-ho baru saja pindah ke sebuah rumah yang terletak dekat gua Jangsanbeom, sebuah tempat yang dikenal sebagai rumah bagi arwah berwujud macam tersebut.

Walaupun tidak usil dengan gua tersebut, Hee-yoon dan Min-ho malah sering mendengar suara-suara aneh. kehidupan mereka di rumah baru tersebut tak tenang dan terusik dengan berbagai macam kejadian aneh. Kondisi semakin mencekam saat Min-ho menemukan mayat seorang perempuan di dalam gua saat ia jalan-jalan ke gua tersebut.

11. The Wailing (2016).

Film hantu Korea bikin deg-degan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wailing mengisahkan Desa Gokseong yang semula damai, tiba-tiba dihebohkan dengan pembunuhan berantai dua keluarga yang masing-masing dilakukan oleh anggota keluarga itu sendiri. Dari fakta yang ditemukan, anggota keluarga yang membunuh keluarganya sendiri tersebut diduga membunuh karakter kerasukan iblis yang datang ke desa tersebut.

Jong Goo, salah satu polisi di desa tersebut, harus ikut khawatir setelah putri satu-satunya menunjukkan hal aneh. Hal ini kemudian membuat Jong Goo mendatangi seorang pria Jepang yang baru datang ke desa Gokseong dan tinggal di tengah hutan.