Brilio.net - Drama Korea tentang jaksa merupakan salah satu tema yang ada dalam drama Korea bertema hukum atau pengadilan. Drama-drama tersebut berkisah tentang perilaku jaksa saat mereka menghadapi sebuah kasus.

Drama Korea tentang jaksa ini mengisahkan segala keterkaitan seorang jaksa dan bagaimana mereka bekerja sesuai porsi profesinya di antara detektif dan pengacara. Drama Korea tentang jaksa ini menjadi hal menarik untuk diikuti.

Selain hadir dengan tema yang beragam, drama Korea tentang jaksa tidak melulu drama dengan latar realis, melainkan juga ada yang hadir dengan kisah fantasi. Drama-drama tersebut menjadi rekomendasi menarik bagi siapa pun yang tertarik pada isu hukum dan pengadilan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/2), berikut 11 drama Korea tentang jaksa, terbaru Military Prosecutor Doberman.

1. Military Prosecutor Doberman (2022).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Military Prosecutor Doberman mengisahkan Do Bae-man yang menjadi jaksa militer yang berhasil meraih kesuksesan dan kekayaan dengan profesi tersebut. Walaupun begitu, ia berharap bisa berhenti dari pekerjaan sebagai jaksa militer.

Selain itu, Cha Woo-in yang berasal dari keluarga chaebol mulai bekerja sebagai jaksa militer pemula. Ia sangat percaya diri dan tidak takut kepada orang yang lebih berkuasa. Woo-in punya kemampuan investigasi yang sangat baik untuk seusianya. Walaupun tampak prestisius, menjadi jaksa militer merupakan ambisi Woo-in untuk membalas dendamnya. Military Prosecutor Doberman direncanakan akan rilis pada 28 Februari 2022 mendatang.

2. Law School (2021).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.

3. Diary Of A Prosecutor (2019).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Diary Of A Prosecutor berfokus pada kehidupan dan pekerjaan sekelompok jaksa di kota fiksi Jinyoung. Setiap karakter utama memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan, dari seorang jaksa dengan pengalaman bertahun-tahun hingga seorang ibu tunggal yang membesarkan anaknya sendiri.

Drama ini memiliki momen-momen yang menyentuh hati dan relatable, serta alur cerita romantis yang kecil. Drama ini tidak terlalu fokus pada momen romantis yang membuat pingsan , tetapi menambahkan tingkat realisme ke kehidupan sehari-hari beberapa karakter.

4. Switch: Change the World (2018).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Switch: Change the World berkisah tentang Sa Do-chan, seorang pria cerdas yang mengikuti ujian menjadi seorang pengacara. Namun, ternyata Do-chan adalah seorang jaksa yang dikenal membual dan Baek Joon-soo sebagai nama lainnya.

Sementara itu, ia ditemani oleh Oh Ha-ra sejak masa kuliah dan kini sama-sama menjadi jaksa. Ha-ra dan Do-chan kemudian menjadi pasangan jaksa hingga kemudian mereka terlibat dalam sebuah pengungkapan kasus besar terkait mafia narkoba.

5. Witch's Court (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Witch's Court merupakan drama Korea yang mengisahkan Ma Yi-Deum (Jung Ryeo-Won), seorang jaksa penuntut yang sering bekerja untuk sebuah kasus legal dan ilegal. Ia bahkan bersedia untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuluskan semua rencananya mencari keadilan. Bahkan, jika hal tersebut harus dilakukan dengan memalsukan bukti hingga sumpah palsu.

Dalam drama ini, diceritakan bahwa Yi-Deum dipaksa untuk mengambil bagian dalam unit kejahatan seks anak-anak bersama seorang jaksa pemula yang pernah menjadi psikolog anak. Yi-Deum dan jaksa pemula tersebut tidak benar-benar akur, karena pandangan mereka yang berbeda tentang sistem hukum dan prosedurnya. Namun, Yi-Deum juga memiliki masa lalu yang menyakitkan yang tak pernah diungkapkan selama hidupnya.

6. Innocent Defendant (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Defendant merupakan drama Korea yang bisa membuat para penontonnya menanyakan ulang apa arti sebuah kebenaran. Dalam drama ini, Park Jung-Woo (Ji Sung) tidak pernah kalah dalam kasus sebagai kepala divisi kejahatan kekerasan dan jaksa untuk Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Namun, hidupnya kemudian berubah saat ia ada di sebuah penjara sebagai terpidana mati. Selain itu, ia mengalami amnesia dan lupa dengan semua hal yang menimpa dirinya. Walaupun begitu, Park Jung-Woo berusaha untuk mengungkap kebenaran diri dan membersihkan namanya.

7. While You were Sleeping (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

While You Were Sleeping mengisahkan Nam Hong-Joo (Bae Suzy) yang sering bermimpi hal-hal buruk yang akan terjadi di masa depan. Sayangnya, dia tidak bisa berbuat apa-apa. Setelah memimpikan dirinya mati dengan seragam reporternya, dia berhenti dari pekerjaannya.

Dia kemudian bertemu Jung Jae-chan (Lee Jong-suk), seorang jaksa, dan Han Woo-Tak (Jung Hae-in), seorang perwira polisi. Keduanya juga memiliki kemampuan untuk memimpikan masa depan. Kehidupan mereka terjalin dan mereka memimpikan satu sama lain. Selain itu, mereka membantu satu sama lain untuk mengubah nasib. While You Were Sleeping berhasil menampilkan plot yang seru dengan kisah fantasi yang cukup berbeda.

8. Distorted (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Distorted atau Falsify berkisah tentang Han Moo-young yang berusaha untuk mengungkap kebenaran dari pembunuhan rekan reporter yang disaksikannya langsung. Ia mencoba menggali semua data terkait hingga membawanya pada sebuah skandal korupsi yang luar biasa besar.

Moo-young ditemani Lee Seok-mi, seorang jurnalis yang skeptis atas setiap bukti yang ia temukan dan juga Kwon So-ra, seorang jaksa perempuan yang punya dedikasi tinggi untuk mengungkap kebenaran. Mereka bekerja sesuai bidang mereka masing-masing untuk menemukan siapa di balik skandal korupsi yang sudah menewaskan rekan jurnalis mereka.

9. Suspicious Partner (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Suspicious Partner merupakan drama Korea yang mengisahkan Noh Ji-Wook (Ji Chang-Wook) yang berganti pekerjaan menjadi seorang pengacara bergengsi di sebuah firma hukum dan bertemu Eun Bong-Hee (Nam Ji-Hyun), seorang jaksa pemula. Mereka mulai menyelidiki kasus pembunuhan dan mulai menyadari betapa terjeratnya masa lalu mereka.

Kasus ini juga terbukti sulit, karena si pembunuh menderita amnesia. Selain menampilkan proses hukum, drama ini juga menampilkan proses para detektif untuk membuktikan bahwa pembunuh yang amnesia sebagai pihak yang bersalah.

10. Secret Forest (2017).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Secret Forest atau yang disebut dengan judul Stranger mengisahkan seorang jaksa bernama Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo) yang tidak memiliki empati setelah menjalani operasi otak saat kecil. Dia kemudian bekerja sama dengan seorang letnan polisi berhati lembut Han Yeo-jin (Bae Doo-na) untuk memecahkan pembunuhan.

Saat mereka menyelidiki untuk menemukan pelakunya, mereka menemukan korupsi yang terjadi di dalam sistem peradilan yang mereka percayai. Drama ini menampilkan beragam teka-teki detektif yang coba diungkap oleh dua karakter utama.

11. Vampire Prosecutor (2011).

Drama Korea tentang jaksa berbagai sumber

foto: imdb.com

Vampire Prosecutor berkisah tentang Min Tae-yeon, seorang jaksa yang sangat dihormati, tetapi kemudian digigit vampir hingga membuatnya ikut menjadi vampir. Detektif Hwang Soon-bom adalah satu-satunya anggota tim yang tahu tentang rahasianya.

Setiap kali beraksi, Tae-yeon terpaksa meminum darah korban yang meninggal dunia. Hal itu membuatnya harus menerima rasa sakit fisik. Walaupun begitu, hal itu juga membuatnya dapat membawa para pelaku kejahatan segera dibawa ke pengadilan.