Brilio.net - Webtoon menjadi salah satu ladang cerita yang sering diadaptasi dalam drama Korea. Hal ini dikarenakan banyak cerita menarik dari platform cerita tersebut dan dapat dikembangkan menjadi sebuah drama Korea.

Walaupun begitu, proses alih wahana tersebut tidak selalu sama persis dan di beberapa adegan banyak sekali modifikasi. Yang dipertahankan hanya ide atau premis umum dalam sebuah cerita.

Hal itulah yang terjadi dalam beberapa drama Korea romantis yang diangkat dari webtoon. Drama-drama tersebut berhasil meraih atensi yang cukup tinggi dari para penggemar drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (28/3), berikut 11 drama Korea romantis yang diangkat dari Webtoon, tidak selalu persis.

1. A Business Proposal (2022).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

A Business Proposal merupakan drama Korea romantis yang diangkat dari Webtoon dengan judul The Office Blind Date karya HaeHwa. Mengusung tema office comedy, drama ini berkisah tentang kencan buta palsu yang berujung pada hubungan romantis yang menggemaskan di antara Kang Tae-mu, seorang CEO perusahaan yang dikenal dingin dan Shin Ha-ri, seorang wanita lajang dan bekerja untuk sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Tae-mu. Mereka kemudian menjalani kencak unik yang tak biasa dilakukan oleh sepasang kekasih. Walaupun diangkat dari webtoon, ada beberapa bagian dalam drama ini tidak selalu persis dengan edisi webtoonnya.

2. Yumi's Cells (2021).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Yumi's Cells merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul serupa karya Donggeon Lee. Drama ini menceritakan tentang seorang pekerja kantoran biasa bernama Yumi (Kim Go-eun) dan sel-sel dalam otaknya. Setiap sel dalam otak Yumi mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakannya.

Sementara itu, Goo Woong (Ahn Bo-hyun) adalah seorang pengembang game yang berhati hangat dan jujur. Kisah romantis antara kedua karakter ini berlangsung lucu dan juga bikin gemes. Apalagi, sel-sel otak Yumi tampil dalam bentuk animasi yang tak kalah menggemaskan.

3. Nevertheless (2021).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Nevertheless merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Jungseoa. Nevertheless berkisah tentang dua karakter utama Park Jae-eon dan Yu Na-bi yang sama-sama punya problem dalam menjalani hubungan romantis.

Jae-eon yang masih belum mau berkomitmen untuk hubungan serius, sementara Na-bi punya trauma masa lalu akibat dari cinta pertamanya yang gagal. Drama Korea yang diperankan oleh Han So-hee dan Song Kang ini berhasil membuat penontonnya geregetan dengan cinta buta dalam drama ini.

4. Backstreet Rookie (2020).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Backstreet Rookie merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul Convenience Store Saet-byul karya Hwalhwasan. Backstreet Rookie berkisah tentang Choi Dae-hyun yang sedang dicampakkan oleh seorang gadis. Ia kemudian bertemu dengan tiga gadis SMA, termasuk Jung Saet-byul. Saet-byul berpikir bahwa Dae-hyun lucu dan memintanya untuk membelikan sebungkus rokok.

Alih-alih dibelikan rokok, Dae-hyun memberikan pelajaran kepada para gadis tersebut yang dianggapnya hanya sekelompok gadis brengsek yang iseng kepadanya. Tiga tahun kemudian banyak kehidupan berubah. Dae-hyun pun mengelola toko serba ada milik keluarga. Walaupun banyak anak gadis SMA berfoto dengannya, hal ini tak lantas membuat toko tersebut menghasilkan banyak uang. Suatu saat Saet-byul melamar pekerjaan paruh waktu di toko tersebut dan kisah cinta mereka kembali dimulai.

5. True Beauty (2020-2021).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul serupa karya Yaongyi. Drama ini mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

6. Love Alarm (2019-2021).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Chon Kye-young. Love Alarm merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang berkisah tentang teknologi yang memungkinkan pengguna menemukan cintanya melalui aplikasi yang memberi tahu pengguna ketika seseorang dalam jarak 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Serial drama ini diadaptasi webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young.

Dalam drama ini, dikisahkan gadis sekolah menengah menggunakan aplikasi seluler tersebut untuk menemukan orang yang dicintainya. Drama ini mampu menyedot animo penonton sejak musim pertamanya.

7. Extraordinary You (2019).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul July Found by Chance yang pertama kali diterbitkan pada Januari 2018 di Daum Webtoon. Extraordinary You mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

8. Her Private Life (2019).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Her Private Life merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul Noona Fan Dot Com. Her Private Life menceritakan Sung Deok-mi, seorang kepala kurator berbakat di Cheum Museum of Art yang diam-diam menjadi penggemar fanatik anggota grup idola Cha Shi-an, seorang idola terkenal di Korea.

Deok-mi rela melakukan apa pun demi idola, bahkan sampai harus berpisah dengan kekasihnya. Suatu hari, museum tempat Deok-mi bekerja kedatangan direktur baru bernama Ryan Gold atau Heo Yoon-je. Ryan kemudian kemudian menjadi teman Deok-mi dan tahu apa yang disukai Deok-mi

9. What’s Wrong with Secretary Kim (2018).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

What’s Wrong with Secretary Kim merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Jung Kyung-yoon. What's Wrong with Secretary Kim menyorot hubungan antara bos dan sekretarisnya. Dikisahkan, Kim Mi-so memutuskan untuk mengundurkan diri secara tiba-tiba dari pekerjaannya sebagai sekretaris.

Namun, Lee Young-joon tidak mau sekretaris terbaiknya tersebut pergi begitu saja. Young-joon pun rela melakukan apa pun hingga hal-hal konyol agar Mi-so mengurungkan niatnya untuk berhenti menjadi sekretaris pribadinya.

10. My ID is Gangnam Beauty (2018).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

My ID is Gangnam Beauty merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya KMK. My ID is Gangnam Beauty mengisahkan kehidupan Kang Mi-rae yang memutuskan operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilan yang tidak sesuai lingkungan sekitarnya. Awalnya, usaha tersebut tampak berhasil dan membuatnya punya kesempatan yang lebih terbuka.

Namun, tekanan untuk menjadi lebih cantik datang dan membuatnya selalu mendapatkan ejekan monster operasi plastik. Ia kemudian mulai memulihkan dirinya dan tidak mau menghiraukan penilaian orang lain lagi. Drama ini dipenuhi dengan dialog-dialog kocak dan cukup berkesan untuk mulai mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

11. Cheese In The Trap (2016).

drama Korea romantis webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap merupakan drama Korea romantis yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Soonkki. Cheese In The Trap memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya.