Brilio.net - Drama Korea ringan selalu berhasil membuat hati para penontonnya teduh dan tak mudah gaduh. Hal ini disebabkan karena drama Korea yang dihadirkan selalu punya cerita happy ending dan para penontonnya menikmatinya tanpa harus histeris dengan konflik.

Konflik tetap ada sebagai sebuah pemantik cerita, tetapi tidak berlaku dominan. Drama-drama tersebut lebih dominan dengan cerita hidup dan tingkah konyol para karakternya.

Selain itu, drama-drama tersebut dapat dinikmati dengan hati gembira tanpa perlu khawatir dengan kisah-kisah yang bikin sedih. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/2), berikut 11 drama Korea ringan bikin suasana hati teduh dan tak mudah gaduh.

1. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibangun berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara.

Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

2. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea yang mengisahkan sekelompok dokter berumur 40-an tahun di sebuah rumah sakit di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Mulai persoalan profesional di kedokteran maupun persoalan pribadi yang menyangkut perasaan mereka masing-masing. Diperankan oleh artis papan atas Korea, drama Korea Hospital Playlist ini ramai ditonton sampai musim kedua yang tayang pada 2021.

3. Run On (2020-2021).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Run On berkisah tentang Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari cepat nasional yang selalu menang di urutan kedua. Ia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat sibuk sehingga membuat hidupnya dilewati tanpa interaksi sosial. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, orang pertama yang dianggapnya sebagai teman sejati.

Sementara itu, Mi-joo adalah seorang yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film dan berpikir bahwa dunia sangat keras. Mereka kemudian menjalani hari-hari bersama dan saling jatuh cinta.

Walaupun begitu, hidup nyatanya lebih keras dari apa yang mereka bayangkan. Mereka berdua harus mengatur pekerjaan mereka, apalagi Mi-joo yang menjadi penerjemah film harus pintar mengatur bisnisnya tersebut.

4. Record of Youth (2020).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan drama Korea yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier seumur hidup mereka. Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Dia segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka segera memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus. Kedua karakter tersebut meratapi tidak dapat bertemu satu sama lain karena karier mereka. Drama ini mengisahkan bagaimana sebuah hubungan terkendala dengan bisnis dan karier yang dijalankan masing-masing orang.

5. 18 Again (2020).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

18 Again berkisah tentang Jung Da-Jung yang menikah dengan Hong Dae-Young yang berusia 37 tahun. Mereka kemudian memiliki putra dan putri yang sudah berusia 18 tahun. Jung Da-Jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang hangat. Da-Jung benar-benar muak dengan Hong Dae-Young dan tidak dapat berurusan dengannya lagi. Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaan yang dibanggakannya dan dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-Jung menyerahkan surat cerai pada Dae-Young.

Sementara itu, Hong Dae-Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali hidupnya. Saat melamunkan hal tersebut, tubuhnya berubah menjadi orang berusia 18 tahun, sementara pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae-Young adalah pemain bola basket yang sangat baik dan juga populer. Sekarang, dengan tubuhnya yang berusia 18 tahun kembali, ia mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani kehidupan baru.

6. Crash Landing on You (2019).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Crash Landing On You berkisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pengusaha sukses dan pewaris dari Korea Selatan yang menabrak tanah di Korea Utara saat paralayang karena badai tornado. Ia kemudian terjebak di pohon yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea dan ditemukan oleh petugas Korea Utara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun-bin). Yang terjadi selanjutnya adalah romansa yang menghangatkan hati antara Jeong-hyeok yang berusaha menyembunyikan Se-ri dari tentara Korea Utara dan berusaha menerimanya kembali ke Korea Selatan.

7. Still 17 (2018).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Still 17 bercerita tentang Woo Seo-ri, remaja yang mengalami kecelakaan tragis hingga membuatnya koma. Sejak kecelakaan itu, Seo-ri dewasa mengalami krisis identitas. Fisiknya memang telah berusia 30 tahun, tapi jiwanya masih terasa seperti 17 tahun. Seo-rin pun harus berjuang mengembalikan 13 tahun ingatannya yang hilang dan juga kembali menekuni profesi lamanya dari awal sebagai seorang pemain violin.

Sementara itu, seorang pria bernama Gong Woo-jin yang dulu menyukai Seo-ri mengalami trauma setelah melihat kecelakaan tragis orang terkasihnya tersebut. Trauma ini membuat Woo-jin enggan menjalin hubungan asmara dengan wanita lain. Selang 13 tahun kemudian Woo-jin dan Seo-ri kembali bertemu dan saling jatuh cinta.

8. Welcome to Waikiki (2018-2019).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Welcome to Waikiki berkisah tentang Kang Dong-goo yang bermimpi menjadi sutradara film, tetapi dia sinis karena nasib buruk hidupnya. Sementara itu, Cheon Joon-ki ingin mengikuti jejak ayahnya dan menjadi aktor, walau saat ini hanya menjadi aktor figuran. Selain itu, Bong-Doo-sik datang ke Seoul untuk menjadi penulis skenario, tetapi banyak kendala yang tak bisa diselesaikan olehnya. Ketiga pria tersebut kemudian datang ke Wisma Waikiki di Itaewon, Korea Selatan.

Di rumah tersebut, mereka menyadari bahwa tempat yang mereka datangi ini mengalami kebangkrutan dan mereka tiba-tiba menemukan bayi beserta ibunya secara misterius. Drama ini berlangsung selama dua musim dan berhasil menjadi drama komedi yang mampu bikin ngakak penontonnya.

9. Fight for My Way (2017).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam Fight For My Way, dikisahkan tentang teman lama yang memiliki rasa suka satu sama lain. Dalam drama ini, tokoh selain Park Seo Joon dan Kim Ji-won sebagai peran utama, ada Joo-man (Ahn Jae-hong) dan Seol-hee (Song Ha-yoon) merupakan teman lama yang saling punya perasaan satu sama lain. Namun, setelah hubungan enam tahun mereka diuji, akhirnya retak. Seol-hee puas dengan kehidupan minimalis, tetapi Joo-man tidak. Titik puncaknya tiba ketika Seol-hee menemukan dia tertidur di apartemen wanita yang dia sukai.

Dalam perpisahan mereka, Seol-hee menyesali telah begitu jatuh cinta pada Joo-man dan mendedikasikan seluruh hidupnya untuknya. Walaupun begitu, Seol-hee tidak menyesali apa yang sudah dijalankan selama ini. Drama ini menampilkan perpisahan yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

10. Because This Is My First Life (2017).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Apa jadinya ketika dua orang sepasang kekasih yang belum menikah memutuskan tinggal serumah? Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea Because This Is My First Life. Drama ini mengisahkan Nam Se-hee yang menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal.

Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah. Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul.

11. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016).

Drama Korea ringan berbagai sumber

foto: imdb.com

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Bok-joo, seorang wanita muda yang mengejar mimpinya sebagai atlet angkat besi di kampus perguruan tinggi atlet. Di tempat tersebut, ia naksir Jung Joon-hyung yang sering menggoda dan juga membantunya.

Joon-hyung adalah kakak sepupu dari Jung Jae-yi yang tak lain adalah teman Bok-joo. Drama ini menampilkan kisah cinta segitiga sekaligus perjuangan para calon atlet saat mereka berada di sebuah perguruan tinggi yang dihuni para calon atlet.