Brilio.net - Squid Game menjadi salah satu tanda kesuksesan industri drama Korea dan Netflix tergabung di dalamnya sejak 2016. Sejak saat itu, geliat industri yang semakin ramai, semakin menunjukkan semangatnya untuk menciptakan tontonan-tontonan menarik. Hal ini pun terbayar saat Squid Game berhasil menjadi fenomena dunia.

Selain Squid Game, ada banyak drama Korea yang juga cukup populer dibicarakan dan bahkan menjadi drama Korea yang takkan pernah lekang oleh waktu. Drama-drama tersebut hadir dengan beragam latar, cerita, dan juga plot yang menarik.

Drama-drama tersebut berhasil menjadi drama Korea yang meraih rating yang cukup tinggi saat penayangannya. Selain itu, drama-drama tersebut diperankan oleh pemain drama Korea yang tak diragukan lagi kualitas aktingnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (13/1), berikut 11 drama Korea populer sepanjang masa, Squid Game berhasil mendunia.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Squid Game (2021).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

2. The World of the Married (2020).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya. Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee).

3. Sky Castle (2018).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Sky Castle bermula saat terjadi insiden bunuh diri Lee Myung-joo (Kim Jung-nan), seorang ibu yang dianggap sukses karena berhasil membawa anaknya Park Young-jae diterima di SNU. Namun, capaian tersebut dianggap Young-jae sebagai ambisi dari ayah dan ibunya. Hal ini kemudian membuat ibunya stres dan akhirnya bunuh diri.

4. Crash Landing on You (2019).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Crash Landing On You berkisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pengusaha sukses dan pewaris dari Korea Selatan yang menabrak tanah di Korea Utara saat paralayang karena badai tornado. Ia kemudian terjebak di pohon yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea dan ditemukan oleh petugas Korea Utara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun-bin). Yang terjadi selanjutnya adalah romansa yang menghangatkan hati antara Jeong-hyeok yang berusaha menyembunyikan Se-ri dari tentara Korea Utara dan berusaha menerimanya kembali ke Korea Selatan.

5. Reply 1988 (2015).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea bertema keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga. Kehidupan yang akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.

6. Goblin (2016).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan Goblin berkisah saat Kim Shin (Gong Yoo), seorang goblin yang diberkahi keabadian yang ingin mengakhiri hidupnya. Hal ini dikarenakan keabadian yang dimiliki Kim Shim malah menjadi kutukan bagi dirinya sendiri.

Satu-satunya cara untuk bisa mengakhiri hidupnya, Kim Shim harus memiliki pengantin goblin dan mencabut pedang yang ada dalam tubuhnya. Lebih dari sembilan abad kemudian, dia akhirnya bertemu dengan istrinya, Ji Eun-tak (Kim Go-eun), dan keduanya memulai hubungan romantis. Drama ini tampil dengan banyak humor yang diselipkan dalam kisah romantis para karakternya.

7. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine berkisah tentang saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon.

Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan.

8. Mr. Queen (2020).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan. Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit dan berhasil meraih skor 8,8 di IMDb.

9. Love (ft. Marriage and Divorce) (2021).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Love (ft. Marriage and Divorce) ini bercerita tentang kisah tiga wanita yang tak terduga harus menghadapi nasib buruk dalam kehidupan mereka. Mereka adalah Bu Hye-reyong, Sa Pi-young, dan lee Shi-eun. Drama ini mengisahkan dinamika pernikahan tiga orang wanita tersebut. Ada yang mampu menjalaninya dengan baik, ada yang terpaksa, dan ada juga memilih untuk mengakhiri pernikahannya. Ketiga kisah tersebut terjalin satu sama lain membuat drama ini tak hanya meromantisasi pernikahan, tetapi juga menampilkan realitas yang benar-benar terjadi dalam sebuah pernikahan.

10. Itaewon Class (2020).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Apakah seorang narapidana punya masa depan? Nah, Itaewon Class berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Meskipun menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang.

11. Vincenzo (2021).

Drama Korea populer sepanjang masa  berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo mengisahkan kehidupan Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi dan dikirim ke Italia. Ia kemudian tumbuh dewasa dan memiliki nama lain Vincenzo Cassano. Joo-hyung kemudian menjadi pengacara andal yang membela kepentingan para mafia. Karena itu, ia pun sering bertemu dengan musuh-musuh yang tak pernah ia duga. Saat memutuskan kembali ke Korea karena hidupnya semakin dipertaruhkan di Italia, ia pun tak bisa menghindarkan diri dari musuh yang sudah siap menyambutnya.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR