Brilio.net - Drama Korea horor merupakan salah satu yang selalu dinanti-nantikan banyak penggemar drama Korea selain genre romantis maupun komedi. Drama Korea horor memberikan pengalaman mengejutkan dan bahkan di luar prediksi dari cerita yang disajikan.

Selain itu, drama-drama tersebut hadir dengan plot yang sulit ditebak dan menampilkan berbagai teka-teki yang sengaja membuat penonton penasaran dan ikut terlibat dalam cerita. Karena itu, drama-drama tersebut layak disebut sebagai drama Korea horor terbaik.

Drama-drama tersebut takkan pernah bosan ditonton dan selalu memberikan pengalaman menarik berulang-ulang. Sekaligus menjadi rekomendasi terbaik untuk daftar menonton drama Korea selanjutnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (8/3), berikut 11 drama Korea horor terbaik, Strangers From Hell bikin merinding.

1. Strangers From Hell (2019).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Stranger from Hell merupakan drama Korea horor terbaik yang berkisah tentang seorang pemuda bernama Yoon Jong Woo (Im Si Wan), yang menghabiskan lebih dari 20 tahun hidupnya di kota kecil. Suatu ketika, ia mendapat tawaran pekerjaan di Seoul. Saat mencari tempat tinggal, dia menemukan Eden Studio, sebuah asrama murah yang tidak menyenangkan dan memutuskan untuk tinggal di sana karena dia kekurangan uang.

Meskipun tidak senang dengan kualitas tempat dan penghuninya yang tidak normal, termasuk tetangga sebelahnya Seo Moon Jo (Lee Dong-wook), dia memutuskan untuk menolerirnya sampai dia menyimpan cukup uang untuk pindah. Namun, kejadian misterius mulai terjadi di studio, menyebabkan Jong Woo mulai takut pada penghuni studio. Strangers From Hell berhasil meraih skor 8,7 di Mydramalist.

2. Kingdom (2019-2021).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom merupakan drama Korea horor terbaik yang tayang pada Januari 2019. Serial lengkap Kingdom terdiri dari Kingdom (2019), Kingdom Season 2 (2020), dan Kingdom: Ashin of the North (2021). Drama ini dimulai dari periode Joseon abad pertengahan Korea. Dikisahkan seorang Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang mencoba menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh negaranya. Drama ini berhasil meraih beberapa penghargaan di 2nd Asia Contents Awards 2020 untuk kategori Best Actor, Best Writer, dan Technical Award. Kingdom berhasil meraih skor 8,8 di Mydramalist.

3. The Cursed (2020).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Cursed merupakan drama Korea horor terbaik yang berkisah tentang Im Jin-hee, seorang reporter yang sedang meliput kasus kekerasan yang melibatkan Forest, perusahaan IT terbesar di Korea Selatan. Sementara itu, Jin Jong-hyun selaku direktur perusahaan Forest tersebut sangat percaya dan bergantung dengan dunia perdukunan.

Selama proses penyelidikan, Jin-hee tahu bahwa perusahaan yang ia beritakan punya hubungan dengan dunia perdukunan, maka ia mencari tahu siapa di balik perdukunan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Jin Kyung yang tak lain adalah dukun perusahaan Forest. Saat proses investigasi tersebut, Jin-hee bertemu dengan So-jin yang membuatnya tiba-tiba kerasukan roh dan punya kemampuan khusus. The Cursed berhasil meraih skor 7,9 di Mydramalist.

4. Goedam (2020).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Goedam merupakan drama Korea horor terbaik yang hadir dengan bentuk drama ontologi yang berisi beberapa kisah. Drama serial ini fokus pada cerita urban legend yang pernah ada di kota Korea.

Drama Korea ini terdiri dari delapan cerita yang menampilkan berbagai kisah menyeramkan di Korea Selatan. Setiap adegan yang ditampilkan membuat para penonton yakin bahwa drama ini seramnya kebangetan. Goedam berhasil meraih skor 6,5 di Mydramalist.

5. The Guest (2018).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Guest merupakan drama Korea horor terbaik yang berkisah tentang pengusiran setan dan perdukunan. Drama ini mengisahkan Yoon Hwa-pyung yang terlahir dari keluarga dukun dan kini mencari seorang paranormal yang memburu orang yang sedang kesurupan.

Hwa-pyung kemudian bertemu dengan Choi Yoon, seorang pendeta Katolik yang dikenal sebagai seorang pengusir setan. Saat memburu setan, mereka bertemu dengan Kang Gil-young, seorang detektif bersemangat dan tangguh, tetapi santai yang tidak percaya pada supranatural. Namun, pandangan Gil-young tersebut kemudian berubah saat ia terlibat dalam ritual mengusir setan. The Guest berhasil meraih skor 8,7 di Mydramalist.

6. Priest (2018).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Priest merupakan drama horor Korea terbaik yang mengisahkan tentang dokter dan pengusir setan yang melindungi orang bersama-sama di sebuah rumah sakit Katolik di Seoul. Drama ini mengisahkan Oh Soo-min, seorang imam Katolik yang patuh, tapi ceroboh dan menjadi bagian dari anggota 643 Regia.

Di kelompok tersebut, ia bersama Moon Ki-seon yang masuk dalam sekelompok imam yang melakukan pengusiran setan. Mereka kemudian bekerja sama dengan Ham Eun-ho, seorang dokter di sebuah rumah sakit Katolik yang sudah kehilangan kepercayaan kepada Tuhan saat muda. Saat dua orang imam Katolik datang ke rumah sakit tempatnya bekerja untuk mengusir setan, ia percaya bahwa setan benar-benar ada. Priest berhasil meraih skor 7,9 di Mydramalist.

7. Bring It On, Ghost (2016).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Bring It On, Ghost merupakan drama horor Korea terbaik yang berkisah tentang Park Bong-pal yang tumbuh dengan kemampuan melihat hantu. Hal ini ia gunakan sebaik mungkin untuk bekerja sebagai pengusir hantu dan membuatnya menghasilkan banyak uang.

Suatu ketika, ia datang ke sebuah sekolah angker dan bertemu dengan Kim Hyun-ji, seorang siswa sekolah menengah yang sudah sudah menjadi hantu bergentayangan karena sebuah kecelakaan lalu lintas. Mereka kemudian bekerja sama agar Bong-pal bisa memburu hantu-hantu nakal di gedung sekolah tersebut. Bring It On, Ghost berhasil meraih skor 8,2 di Mydramalist.

8. The Ghost Detective (2018).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Ghost Detective merupakan drama horor Korea terbaik yang berkisah tentang Lee Da-il, seorang detektif yang punya kemampuan khusus untuk menangkap hantu. Ia berusaha untuk memecahkan kasus misterius kematian Jung Yeo-wool, adik perempuannya.

Saat menyelidiki kasus tersebut, Da-il bertemu dengan Sunwoo Hye, seorang wanita misterius yang selalu mengenakan gaun merah dan membawa aura polos serta seram bersamanya di TKP. Hal ini membuat Da-il membuat berbagai spekulasi terkait kematian adik perempuannya. The Ghost Detective berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.

9. White Christmas (2011).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

White Christmas merupakan drama horor Korea terbaik mengisahkan sekelompok pelajar SMA yang menerima surat anonim berisi kata-kata kasar dan ancaman. Park Mu-yeol, seorang siswa teladan pertama kali menerima surat tersebut. Selain itu, Jo Young-jae, adalah seorang pembully dan sering menyerang siswa lain untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya.

Sementara itu, Yoo Soo adalah seorang siswa yang menjadi bulan-bulanan teman-temannya yang melampiaskan emosinya. Pada saat semua siswa sedang liburan, ancaman yang pernah dapat dari surat anonim tersebut menjadi kenyataan dan membuat salah satu siswa tewas secara misterius. White Christmas berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.

10. Sweet Home (2020).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika ingin cerita drama Korea yang memberikan pengalaman terseru, Sweet Home bisa menjadi pilihan. Drama horor-thriller apokaliptik ini menjadi salah satu drama Korea terbaik yang menampilkan pengalaman penonton menegangkan sekaligus cerita yang unik. Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen. Ia kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri. Sweet Home berhasil meraih skor 8,7 di Mydramalist.

11. The Village: Achiara's Secret (2015).

Drama Korea horor terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Village: Achiara Secret merupakan drama horor Korea terbaik yang mengisahkan Achiara, sebuah desa yang tenang dan damai dengan hampir tidak ada kejahatan. Namun, pada hari pertama, Han So-yoon, seorang guru bahasa Inggris yang baru datang dari kota menemukan mayat yang terkubur.

Saat penduduk desa berspekulasi tentang identitas orang yang meninggal dan alasan dia dibunuh, polisi pemula Park Woo-jae bekerja sama dengan So-yoon untuk mengungkap rahasia yang tersembunyi di desa yang tampaknya indah tersebut. The Village: Achiara's Secret berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.