Brilio.net - Sekolah menjadi salah satu tempat saat persahabatan terjalin erat dengan berbagai kisah-kisah yang mewarnainya. Hal semacam inilah yang kemudian sering diangkat dalam drama Korea yang mengisahkan cerita soal sekolah.

Drama Korea geng sekolah tersebut meliputi kisah persahabatan hingga cerita misterius seperti menghadapi para zombie di sekolah. Drama-drama tersebut bertumpu pada sekelompok pelajar yang menjalin persahabatan erat dan memecahkan berbagai persoalan hidup yang terjadi pada masing-masing karakter.

Selain itu, drama geng sekolah tersebut selalu hampir hadir dengan cerita yang unik. Mulai dari kisah romantis, pemberontakan para siswa, hingga kisah misteri yang dihadapi para siswa atau pelajar.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (22/1), berikut 11 drama Korea geng sekolah, kisah persahabatan hingga cerita misterius.

1. School 2021 (2021).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

School 2021 menceritakan pertumbuhan, persahabatan, dan romansa anak berusia 18 tahun yang menghadapi masa depan yang tidak pasti. Kim Yo-han berperan sebagai Gong Ki-joon, mantan atlet Taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya karena cedera parah pergelangan kakinya.

Selain itu, bisnis keluarga yang sudah dibangun bertahun-tahun tiba-tiba bangkrut. Suatu ketika, Ki-joon bertemu dengan Jung Young-joo, siswa pindahan yang ternyata punya masa lalu suram. Masa lalu Young-joo tersebut ternyata melibatkan Ki-joon dalam sebuah peristiwa rumit.

2. Live On (2020).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci.

Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

3. Hello, My Twenties! (2016-2017).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties menyoroti kisah lima orang mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan.

Drama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi sebuah masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat membantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik.

4. Cheer Up! (2015).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheer Up! atau yang juga hadir dengan judul Sassy Go Go berlatar belakang di sebuah SMA yang menceritakan “cheerleader” sekolah. Ketika menghadapi persaingan pendidikan yang sangat keras mereka tetap bersemangat dan ceria. Drama ini juga menggambarkan tentang kisah cinta pemuda remaja dan juga persahabatan.

5. Reply 1997 (2012).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Berbeda dengan Reply 1988 yang mengisahkan kehidupan bertetangga yang saling mendukung, Reply 1997 mengisahkan kehidupan para remaja SMA. Reply 1997 menceritakan saat industri K-pop di Korea Selatan sedang ramai dan menjadi hiburan utama para remaja. Bahkan, fanatisme buta penggemar kepada idolanya sudah terekam dalam drama ini.

Serial drama ini mengisahkan para siswa sekolah menengah perempuan Sung Shi-won (Jung Eun-ji) yang mengidolakan boyband HOT bersama lima teman SMA-nya. Sebagai seorang remaja, Shi-won terobsesi dengan boy band. Sekarang berusia 33 tahun, Shi-won dan teman-temannya menghidupkan kembali ingatan mereka di reuni sekolah mereka.

6. All of Us Are Dead (2022).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Bagaimana jadinya jika sekelompok siswa terjebak di sebuah sekolah lantaran manusia zombi sedang mengepung mereka? Hal itulah yang akan menjadi tesis dasar dari drama Korea All of Us Are Dead.

Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun yang pernah dipublikasikan pada 2009 dan 2011. Drama ini bakal menjadi drama thriller yang akan mengawali drama Korea Netflix pada 2022.

7. How to Buy a Friend (2020).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea How to Buy a Friend mengisahkan dua murid SMA membuat surat perjanjian yang memungkinkan mereka mengambil keuntungan satu sama lain. Layaknya remaja seusianya, Park Chan-hong (Lee Shin-young) menghabiskan hari-hari dengan berbagai kegiatan di sekolah. Ia rajin menulis dan berharap suatu saat akan menjadi seorang penulis.

Sementara itu, ia punya teman bernama Eom Se-yoon (Kim So-hye) yang dikenal sebagai murid populer. Berbeda dengan Chan-hong, Se-yoon tidak suka mata pelajaran apa pun dan cenderung malas serta tidak peduli dengan segala hal terkait sekolah. Namun, mereka berdua kemudian terlibat dalam kasus pengungkapan misteri kematian kekasih Heo Don-hyuk.

8. Extracurricular (2020).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang tersebut dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut.

Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis tersebut ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

9. Solomon's Perjury (2016).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Solomon's Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-woo (Seo Young-joo) yang secara mengejutkan ditemukan tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri.

Namun, beberapa hari kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-yeon (Kim Hyun-soo), ketua kelas So-woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara "orang dewasa" (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan "anak muda" (siswa sekolah) membuat Seo-yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-woo bersama dengan teman-temannya.

10. Schoolgirl Detectives (2014).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Schoolgirl Detectives mengisahkan lima siswa perempuan di Seonam Girls' High School. Ahn Chae-yool, gadis berkelas, baru di sekolah; Yoon Mi-do, pemimpin yang dikenal sebagai orang aneh di sekolah; Lee Yee-hee, yang ingin menjadi aktris atau idola banyak orang; Kim Ha-jae, pakar komputasi; Choi Sung-yoon, tukang roti dan suka perdamaian jika terjadi perselisihan.

Mereka berlima membentuk klub detektif dan berangkat untuk memecahkan misteri di sekitarnya. Tanpa diduga mereka terlibat dalam beberapa kasus intimidasi, aborsi, dan bunuh diri akibat depresi karena perundungan yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah yang mereka tempati.

11. Dream High (2011).

Drama Korea geng sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Dream High berkisah tentang enam siswa di Kirin High School berbagi mimpi menjadi idola K-pop. Selama tahun-tahun sekolah, mereka belajar bagaimana mengembangkan keterampilan menyanyi, menulis lagu, dan menari sambil menjalani pertumbuhan pribadinya masing-masing.

Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kelemahan, tetapi mereka berusaha untuk debut dengan dukungan dan bimbingan satu sama lain. Selain itu, rasa cinta di antara mereka yang terus bersama menjadi hal yang tak bisa mereka hindarkan.