Brilio.net - Eksistensi Kim Ha-neul di industri hiburan Korea tak diragukan lagi. Artis 44 tahun ini nggak kalah dari bintang-bintang muda. Dia masih terus membintangi beragam drama.

Kim Ha-neul memulai kariernya dengan menjadi model untuk merek pakaian Storm pada 1996. Debutnya dalam dunia cinema dimulai pada 1998 saat ia bermain dalam film Bye June bersama Yoo Ji-tae.

Pada 1999 Kim Ha-neul membintangi drama medis Doctor K dan mendapatkan nominasi penghargaan akting pertamanya. Pada tahun yang sama, ia tampil di drama televisi Happy Together dan Into the Sunlight, dan tampil dalam video musik untuk "To Heaven" oleh Jo Sung-mo. Setelah itu, ia bermain kembali dengan Yoo Ji-tae dalam romansa fiksi ilmiah berjudul Ditto pada 2000 dan menjadi terkenal sebagai seorang aktris.

Nama Kim Ha-neul semakin mencuat setelah tampil dalam drama Korea Piano (2001). Tahun berikutnya dia dipercara sebagai pemeran utama dalam drama Korea Romance (2002).

Walaupun karier mulus, Ha-neul sempat hiatus 2 tahun. Kill Heel (2022) menandai comeback dia pada 2022.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (11/3), berikut 11 drama Korea yang dibintangi Kim Ha-neul.

1. Kill Heel (2022).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Kill Heel menceritakan kisah tiga perempuan yang menuai kesuksesan di berbagai latar belakang industri. Ketiga perempuan tersebut kemudian terlibat dalam sebuah perdebatan sengit yang sulit disatukan. Drama ini diperankan oleh Kim Ha-neul, Kim Sung-ryung, Lee Hye-young, Jung Eui-jae, dan Jeon Noh-min.

Drama ini mengisahkan Woo-hyun, seorang pembawa acara televisi yang memiliki kinerja yang baik. Dirinya sangat disukai rekan kerjanya karena karakternya yang ramah. Namun, berbagai tantangan pekerjaan membuatnya harus bersaing dengan Baek Ok-seon, rekan pembawa acara lainnya yang juga unggul.

Kill Heel awalnya direncanakan tayang pada 23 Februari 2022. Namun, karena ditemukan kasus positif Covid-19 di lokasi syuting, penayangan perdana drama ini pun ditunda sampai jadwal yang direncanakan pada 9 Maret 2022. Selain tayang di tvN dan TVING, drama ini akan dirilis pula di VIU pada tanggal yang sama.

2. 18 Again (2020).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

18 Again berkisah tentang keluarga Jung Da-jung dan Hong Dae-young. Mereka kemudian memiliki putra dan putri yang sudah berusia 18 tahun.

Jung Da-jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang hangat. Namun, suatu hari Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaan yang dibanggakannya dan dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-jung menyerahkan surat cerai pada Dae-young.

Sementara itu, Hong Dae-young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali hidupnya. Saat melamunkan hal tersebut, tubuhnya berubah menjadi orang berusia 18 tahun, sementara pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Dia pun mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani kehidupan baru.

3. The Wind Blows (2019).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam drama The Wind Blows, Kim Ha-neul berperan sebagai Lee Soo-jin yang sudah menikah dengan Kwon Do-hoon (Kam Woo-sung). Namun, pernikahan tersebut kemudian terpaksa disudahi karena Do-hoon menderita penyakit Alzheimer. Tanpa alasan jelas, mereka pun akhirnya berpisah.

Enam tahun kemudian, Soo-jin dan Do-hoon bertemu kembali. Soo-jin mengetahui alasan yang menyebabkan perceraian saat itu. Dia menderita untuk mengatasi rasa sakit dan memutuskan untuk berada di sisi Do-hoon sekali lagi.

4. On the Way to the Airport (2016).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

On the Way to the Airport berkisah tentang Choi Soo-ah (Kim Ha-neul), pramugari Air Asia berpengalaman yang menikah dengan pilot Park Jin-seok (Shin Sung-rok). Mereka dikaruniai seorang putri bernama Park Hyo-eun (Kim Hwan-hee).

Namun, kehidupan Park Jin-seok berubah saat ia bertemu dengan Seo Do-woo (Lee Sang-yoon), seorang instruktur arsitektur paruh waktu.

5. A Gentleman's Dignity (2012).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

A Gentleman's Dignity berkisah tentang cinta yang cukup rumit dan juga kocak. Kim Do-jin, seorang playboy yang jatuh cinta saat pandangan pertama kepada Seo Yi-soo, guru etika sekolah menengah yang juga menjadi wasit pertandingan bisbol amatir. Namun, ternyata Yi-soo sudah suka dengan Im Tae-san selama tiga tahun terakhir.

6. Road Number One (2010).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

Road Number One mengisahkan cerita pilu Lee Jang-woo, yang tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia di medan perang. Mengetahui kabar kekasihnya tersebut, Kim Soo-yeon pun memilih untuk segera move on agar tidak larut dengan kesedihan yang berkepanjangan. Ia kemudian bertemu dengan Shin Tae-ho dan segera melangsungkan pernikahan.

Namun, saat pernikahan dilangsungkan, Jang-woo kemudian muncul secara tiba-tiba dan mengatakan bahwa kabar tentang dirinya adalah sebuah kesalahan. Jang-woo sebenarnya berusaha untuk segera kembali ke Korea Selatan untuk bertemu dengan kekasihnya.

Namun, sehari kemudian, Jang-woo dan Tae-ho harus pergi ke Utara dan karena Perang Korea sedang berlangsung dan mereka harus bertugas di sana. Kehidupan cinta mereka berantakan seiring kekacauan yang ditimbulkan oleh perang saudara tersebut.

7. On Air (2008).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

On Air berkisah tentang kehidupan dan pekerjaan empat tokoh industri hiburan, sutradara, penulis, aktris, dan manajernya.

Jang Ki-joon (Lee Beom-soo) merupakan manajer sebuah bisnis agensi yang kemudian bangkrut. Ia kemudian 'diselamatkan' oleh Oh Seung-ah (Kim Ha-neul), seorang bintang top yang setuju untuk bergabung dengan agensi Ki-joon setelah putus dengan mantan agensi sebelumnya.

Sementara itu, Lee Kyung-min (Park Yong-ha) adalah seorang PD drama yang mendapat kesempatan pertamanya menjadi sutradara. Selain itu, Seo Young-eun (Song Yoon-ah) adalah penulis naskah yang banyak dicari setelah ia bercerai dengan istrinya dan memiliki seorang putra yang masih kecil.

8. 90 Days, Time to Love (2006).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: mydramalist.com

90 Days, Time to Love mengisahkan tentang Hyun Ji-seok (Kang Ji-hwan), profesor universitas, dan Go Mi-yeon (Kim Ha-neul), seorang penulis naskah. Mereka adalah sepupu, tapi juga sepasang kekasih saat sekolah menengah.

Mereka kemudian putus, tetapi 4 tahun kemudian kembali saling jatuh cinta saat bertemu di Seoul. Mereka memutuskan untuk meninggalkan segalanya dan pergi ke Amerika Serikat agar bisa menikah.

Ayah Ji-seok yang menentang rencana itu, berlari di depan truk untuk bunuh diri supaya putranya tidak jadi pergi. Ji-seok pun meninggalkan Mi-yeon dan menikahi wanita lain yang jatuh cinta padanya, Park Jeong-ran (Jung Hye-young), putri dari saingan bisnis ayahnya.

Mereka memiliki seorang putri, tetapi pernikahan mereka tanpa cinta. Sementara, Mi-yeon kemudian menikah dengan pria lain, Kim Tae-hoon (Yoon Hee-seok).

Sembilan tahun kemudian, ketika Ji-seok sakit parah dan divonis usianya tinggal 90 hari lagi, dia mencari Mi-yeon. Ji-seok dan meminta Mi-yeon untuk menemaninya menghabiskan beberapa hari terakhirnya.

9. Stained Glass (2004).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

Stained Glass berkisah tentang dua pria, Dong-joo dan Gi-tae, yang sama-sama ditinggalkan oleh orang tua mereka ketika masih anak-anak. Mereka tumbuh bersama di panti asuhan dan menjadi teman baik.

Di pati asuhan itu, terdapat penghuni baru, Ji-soo. Kedua anak laki-laki itu jatuh cinta pada Ji-soo.

Suatu hari saat berada di gereja, mereka bertiga bersumpah: Dong-joo dan Gi-tae berjanji untuk menjaga dan melindungi Ji-soo tanpa kehadiran yang lain. Saat mencoba mengambil ocarina dari sungai, Dong-joo terjebak arus dan diduga tenggelam.

Faktanya, Dong-joo diselamatkan dan kemudian diadopsi oleh pasangan kaya tanpa anak di Jepang. 12 tahun kemudian, Dong-joo kembali ke Korea sebagai pria Jepang bernama Yuichi Yamamoto. Perasaannya terhadap Ji-soo mulai berkembang, karena persahabatannya dengan Gi-tae mulai terurai.

10. Romance (2002).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

Romance merupakan drama Korea yang dibintangi Kim Ha-neul yang berkisah tentang hasrat terlarang antara guru dan siswa. Guru Chae-Won dan muridnya Gwan-Woo bertemu untuk pertama kalinya di festival bunga desa tepi pantai pedesaan. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama.

Kali kedua mereka bertemu adalah di kelas di mana mereka menyadari situasi dan menjadi bingung dan malu. Kisah cinta antara dua orang muda ini tumpang tindih dengan kisah sukses Gwan-Woo yang penuh air mata dan menguras emosi.

11. Piano (2001).

drama Korea Kim Ha-neul berbagai sumber

foto: imdb.com

Piano mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah yang merupakan mantan gangster untuk membesarkan keempat anaknya, dua anak kandung dan dua anak tiri. Putri tiri dan putra kandung dari Han Eok Kwan (Cho Jae-hyun) saling jatuh cinta.

Kemudian, putra tirinya, Lee Kyung-ho (Jo In-sung) membunuh seorang pria yang ingin melecehkan kakaknya, Lee Su-ah (Kim Ha-neul). Namun, sang kakak tiri, Han Jae-soo (Go Soo) yang mengambil tanggung jawab tersebut, sehingga Kyung-ho bisa bebas segala tuduhan pembunuhan tersebut.