Brilio.net - Rating menjadi salah satu acuan terpenting dalam setiap acara televisi, baik yang berbasis analog maupun digital. Selain itu, hal itu menandakan bahwa tayangan tersebut diminati banyak orang.

Salah satu tayangan yang tidak hanya populer di Korea adalah tayangan drama Korea. Drama Korea menjadi salah satu tontonan pilihan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Karena itu, drama Korea menjadi salah satu trendsetter yang layak diperhitungkan.

Mydramalist merupakan salah satu situs yang mirip seperti IMDb ataupun Asianwiki yang mencatat berbagai hal mengenai drama Asia, termasuk drama Korea. Karena itu, seperti halnya situs serupa, Mydramalist dapat menjadi acuan penting untuk menilai sebuah karya film atau drama.

Dirangkum brilio.net dari Mydramalist dan berbagai sumber, Jumat (14/1), berikut 11 drama Korea dengan rating tertinggi, Move to Heaven puncaki skor.

1. Move to Heaven (2021).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Move to Heaven menceritakan tentang Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong U yang berprofesi sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, di episode 1 ayah Geu-ru kemudian meninggal karena sakit yang dideritanya dan harus tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang yang kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya. Drama ini berhasil meraih skor 9,2 di Mydramalist.

2. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea yang mengisahkan sekelompok dokter yang berumur 40-an tahun di sebuah rumah di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Mulai persoalan profesional di kedokteran maupun persoalan pribadi yang menyangkut persoalan perasaan mereka masing-masing. Diperankan oleh artis papan atas Korea, drama Korea Hospital Playlist ini ramai ditonton sampai musim kedua yang tayang pada 2021. Drama ini berhasil meraih skor 9,1 di Mydramalist.

3. Flower of Evil (2020).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower of Evil mengisahkan sebuah pernikahan yang tampak sempurna, tetapi menyimpan sekam persoalan yang bisa membuat api besar sewaktu-waktu. Pernikahan yang tampaknya sempurna mulai berantakan saat kehidupan masa lalu Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) sebagai suami terungkap.

Di episode 10, Cha Ji-won (Moon Chae-won) melampiaskan emosinya. Dia mengungkapkan dia tidak tahan lagi. Ji-won benci saat melihat dirinya sendiri berusaha keras untuk menyenangkan suaminya.

Pada suatu waktu, Ji-won pun mengatakan apa yang sebenarnya ia rasakan bahwa ia tak lagi mencintai Hee-sung, suaminya. Ji-won benci bahwa berkata jujur kepada suaminya tersebut adalah satu-satunya cara untuk memberitahu suaminya. Di akhir drama, Flower of Evil berhasil menampilkan sebuah klimaks dari deretan cerita yang akhirnya pada perpisahan paling menyedihkan. Drama ini berhasil meraih skor 9,1 di Mydramalist.

4. My Mister (2018).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit. Di sela waktu tersebut, ia bekerja paruh waktu. Ia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan.

Park Dong-hoon dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi oleh karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain. Drama ini menjadi drama dengan rating 9,1 sekaligus tertinggi di IMDb. Selain itu, drama ini berhasil memenangkan Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-55. Drama ini berhasil meraih skor 9,1 di Mydramalist.

5. Prison Playbook (2017).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya. Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan.

Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya. Drama ini berhasil meraih skor 9,1 di Mydramalist.

6. Reply 1988 (2015).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA dan hidup bertetangga hingga mereka dewasa. Drama ini berlatar pada 1988 saat semua karakternya masih kecil dan bersahabat dengan baik. Drama ini merupakan drama keluarga yang hangat dan tak jarang dapat membuat haru siapa pun yang menontonnya. Sebuah drama keluarga yang tak bosan untuk terus ditonton. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

7. It's Okay to Not Be Okay (2020).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

It's Okay To Not Be Okay mengisahkan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) yang tinggal bersama kakak laki-lakinya Moon Sang-tae (Oh Jung-se) yang memiliki disabilitas mental autisme. Mereka sering berpindah dari kota ke kota sejak Sang-tae menyaksikan pembunuhan ibu mereka.

Gang-tae bekerja sebagai penjaga di bangsal psikiatri di setiap tempat mereka menetap. Saat bekerja di rumah sakit, ia bertemu dengan seorang penulis buku anak-anak terkenal, Ko Moon-young (Seo Yea-ji), yang dikabarkan memiliki gangguan antisosial. Mereka kemudian saling bersahabat dan saling bercerita satu sama lain. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

Sampai suatu ketika, mereka berhasil mengungkapkan kejadian ganjil saat ibu mereka terbunuh. Drama ini berhasil menampilkan hal-hal yang sama sekali tak diduga sama sekali tentang siapa pembunuh ibu Gang-tae dan Sang-tae.

8. Mother (2018).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Mother mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri. Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil menculik anak tersebut, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu Hye-na. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

9. Mr Queen (2020-2021).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan.

Mr Queen menjadi salah satu drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun dan berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

10. Signal (2016).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea detektif yang dibungkus dengan cerita fantasi yang dialami oleh Park Hae-young (Lee Je-hoon). Hae-young menemukan sebuah walkie-talkie misterius yang membuat dirinya bisa memecahkan yang sudah berusia 15 tahun.

Walkie-talkie tersebut menjadi alat yang penting baginya untuk mengungkap siapa pelaku dari kasus yang ditanganinya. Saking serunya drama ini, banyak para penontonnya mengharapkan musim kedua untuk drama drama Signal ini. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

11. Navillera (2021).

Drama Korea rating tertinggi banget berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Navillera ini mengisahkan Deok Chul sekarang adalah orang tua yang telah pensiun dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Dia kemudian menyadari bahwa teman-temannya mulai meninggalkannya karena kematian dan menyesal karena tidak mewujudkan impian mereka. Deok Chul sendiri menjalani seluruh hidupnya dengan bekerja dan menafkahi keluarganya.

Deok Chul kemudian membuat keputusan untuk mengejar impiannya menjadi penari balet. Di akademi tari, Deok Chul bertemu dengan Chae Rok, 23 tahun, yang sedang mengalami masalah finansial setelah kehilangan ibu dan ayahnya di penjara. Chae Rok menjadi guru Daek Chul. Bersama-sama mereka mewujudkan impian mereka terhadap balet. Drama ini berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)