Brilio.net - Drama Korea bertema sosial menjadi salah satu tren yang cukup banyak ditampilkan. Drama-drama tersebut dibalut dengan berbagai latar cerita sehingga membuatnya hadir dengan kisah menarik dan mampu menggiring antusiasme banyak penonton.

Drama Korea bertema sosial hadir mulai dengan isu-isu yang sangat terhubung dengan dunia sehari-hari. Mulai dari kekerasan di sekolah, perundungan, fanatisme, hingga kasus ketimpangan sosial yang sering kali dianggap wajar.

Selain itu, drama Korea tersebut beberapa di antaranya berhasil meraih atensi publik yang luar biasa, tidak hanya di Korea Selatan, melainkan juga di berbagai negara yang menjadi ladang besar bagi industri drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (4/2), berikut 11 drama Korea bertema sosial, kekerasan sekolah di All of Us Are Dead.

1. All of Us Are Dead (2022).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

All of us are Dead merupakan drama Korea horor yang mengisahkan sekelompok siswa terjebak di sekolah mereka selama kiamat zombi. Mereka terus berjuang untuk bisa keluar dari sekolah dan terhindar dari orang-orang yang sudah terinfeksi wabah zombi tersebut. Semua orang yang ada di dalam sekolah itu berlarian dan berusaha sekuat mungkin untuk terhindar dari para zombi.

Drama yang diadaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun ini dibintangi oleh Yoon Chan-young, Park Ji-hoo, Cho Yi-hyun, Park Solomon dan Yoo In-soo. Selain itu, drama ini tak hanya sekadar menampilkan para zombi di sekolah, melainkan juga memuat berbagai isu sosial. Mulai dari kasus perundungan, kekerasan yang dilakukan pihak sekolah, pelecehan seksual di sekolah, dan berbagai kesenjangan di dunia pendidikan.

2. Hellbound (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Hellbound mengisahkan sebuah sekte bernama Kebenaran Baru menjadi penentu dosa bagi banyak orang yang melakukan kesalahan. Orang yang berdosa tersebut akan segera didatangi oleh tiga makhluk supranatural yang didatangkan langsung dari neraka.

Drama ini awalnya dibuka dengan adegan menegangkan dan kemudian berlanjut pada kisah lebih lanjut tentang sekte Kebenaran Baru. Drama ini mengisahkan bagaimana fanatisme selalu saja menggerakkan seseorang untuk merasa bisa berbuat sesuatu dan bahkan menjadi penghukum atas dosa orang lain.

3. The Silent Sea (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

The Silent Sea bercerita mengenai keadaan bumi di tahun 2075. Di masa itu, bumi tengah berada dalam kondisi kekurangan makanan dan air. Kondisi itu membuat sebuah tim ditugaskan untuk mengambil sampel misterius di sebuah stasiun penelitian yang sudah lama terbengkalai.

Drama ini sekaligus menjadi drama comeback Gong Yoo setelah kurang lebih lima tahun tidak bermain dalam drama Korea. Drama ini menjadi sebuah kritik atas situasi bumi yang semakin hari yang tidak semakin baik.

4. Squid Game (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Squid Game menjadi drama Korea teratas yang populer pada 2021 ini. Drama Korea yang mengisahkan orang putus asa yang memutuskan ikut dalam permainan mematikan. Para peserta sebanyak 456 orang berusaha sekuat tenaga mengikut permainan yang disediakan.

Permainan tersebut merupakan permainan anak-anak Korea yang sebenarnya sangat gampang. Namun, jika para peserta kalah, maka nyawa merekalah taruhannya. Drama ini menampilkan isu ketimpangan sosial yang hadir melalui permainan survival. Pada akhir episode, para penonton akan tahu bahwa orang kaya sering kali melakukan kesewenang-wenangan terhadap para orang miskin.

5. Uncle (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Uncle merupakan drama Korea yang bercerita tentang perjuangan Wang Jun-hyeok (Oh Jung-se), seorang paman yang melindungi keponakannya dari diskriminasi di lingkungan sekitarnya. Wang Jun-hyeok merupakan seorang musisi yang tidak populer dan sering mendapat hinaan dari temannya, ditinggal pacar, hingga hidupnya mencapai titik terendah.

Wang Jun-hyeok kemudian memutuskan untuk merawat keponakannya sendiri setelah Wang Jun-hee bercerai dengan suaminya yang selalu berlaku kasar. Keponakannya Min Ji-hoo (Lee Kyung-hoon) mengalami gangguan obsesif-kompulsif setelah perceraian ibu dan ayah tirinya tersebut. Drama ini mengangkat isu keluarga yang tertimpa kasus kekerasan.

6. Taxi Driver (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Taxi Driver bukan sembarang taksi, melainkan taksi yang akan melakukan pembalasan atas orang-orang yang tidak mendapatkan hukum yang adil dari pengadilan resmi. Drama ini mengisahkan Kim Do-gi (Lee Je-hoon), seorang lulusan Akademi Militer Korea yang ibunya dibunuh ketika dia masih muda. Dia sekarang bekerja sebagai sopir taksi untuk sebuah perusahaan yang menawarkan layanan "balas dendam" kepada klien yang tak mendapatkan peradilan yang cukup adil atas kasus yang menimpa mereka.

7. D.P. (2021).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

D.P didasarkan pada webtoon populer yang mengumpulkan lebih dari 10 juta tampilan pembaca. Drama Korea terbaru 2021 genre action yang tayang pada Agustus ini menceritakan kisah Ahn Joon-ho (Jung Hae-in), seorang prajurit ditugaskan untuk mencari dan menangkap desertir militer. Jung Hae-in, Koo Kyo-hwan, Kim Sung-hyun, dan Son Seok-koo berperan sebagai karakter utama yang akan mengeksplorasi masalah pelecehan dan hak asasi manusia di militer.

8. Mother (2018).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Mother mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri.

Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil menculik anak tersebut, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu Hye-na.

9. Solomon's Perjury (2016).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Solomon's Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-woo (Seo Young-joo) yang secara mengejutkan ditemukan tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri.

Namun, beberapa hari kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-yeon (Kim Hyun-soo), ketua kelas So-woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara "orang dewasa" (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan "anak muda" (siswa sekolah) membuat Seo-yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-woo bersama dengan teman-temannya.

10. Schoolgirl Detectives (2014).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

Schoolgirl Detectives mengisahkan lima siswa perempuan di Seonam Girls' High School. Ahn Chae-yool, gadis berkelas, baru di sekolah; Yoon Mi-do, pemimpin yang dikenal sebagai orang aneh di sekolah; Lee Yee-hee, yang ingin menjadi aktris atau idola banyak orang; Kim Ha-jae, pakar komputasi; Choi Sung-yoon, tukang roti dan suka perdamaian jika terjadi perselisihan.

Mereka berlima membentuk klub detektif dan berangkat untuk memecahkan misteri di sekitarnya. Tanpa diduga mereka terlibat dalam beberapa kasus intimidasi, aborsi, dan bunuh diri akibat depresi karena perundungan yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah yang mereka tempati.

11. White Christmas (2011).

Drama Korea bertema sosial berbagai sumber

foto: imdb.com

White Christmas mengisahkan sekelompok pelajar SMA yang menerima surat anonim berisi kata-kata kasar dan ancaman. Park Mu-yeol, seorang siswa teladan pertama kali menerima surat tersebut. Selain itu, Jo Young-jae, adalah seorang pembully dan sering menyerang siswa lain untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya.

Sementara itu, Yoo Soo adalah seorang siswa yang menjadi bulan-bulanan teman-temannya yang melampiaskan emosinya. Pada saat semua siswa sedang liburan, ancaman yang pernah dapat dari surat anonim tersebut menjadi kenyataan dan membuat salah satu siswa tewas secara misterius.