Brilio.net - Drama Korea kerajaan yang pernah tayang pada 2021 merupakan drama Korea yang menampilkan sejarah Korea yang cukup menarik. Mulai dari sejarah nyata sampai sejarah yang dibalut dengan berbagai kisah fiksi.

Kisah-kisah dalam drama Korea tersebut hadir dengan berbagai konflik dan intrik politik yang ada dalam tubuh dinasti. Mulai dari ketidaksukaan terhadap raja yang memerintah hingga percobaan kudeta kerajaan.

Dari sekian banyak drama Korea tersebut, ada banyak pelajaran yang bisa diambil oleh siapa pun, termasuk para penonton di luar Korea Selatan. Selain itu, drama-drama tersebut hadir dengan alur cerita yang takkan membuat para penontonnya merasa kebosanan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (18/3), berikut 10 drama Korea kerajaan terbaik 2021, penuh intrik politik.

1. Royal Secret Agent (2020-2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Royal Secret Agent merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang berlatar era dinasti Joseon. Drama ini berkisah tentang Sung Yi-gyum (Kim Myung-soo), seorang pencetak gol terbanyak ujian negara yang bekerja di departemen administrasi dan penelitian kantor pemerintah.

Yi-gyum tertangkap berjudi dan sebagai hukuman, dia ditugaskan kembali ke posisi baru sebagai inspektur kerajaan rahasia untuk menyelidiki praktik korupsi pejabat publik. Yi-gyum melakukan pekerjaan barunya dengan bantuan Hong Da-in (Kwon Nara), seorang inspektur wanita, dan Park Chun-sam (Lee Yi-kyung), pelayannya yang banyak bicara tapi penyayang. Drama ini berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

2. Mr. Queen (2020-2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon.

Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan. Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit. Mr. Queen berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

3. River When the Moon Rises (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

River Where the Moon Rises merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang diangkat dari novel Princess Pyeonggang 2010 karya sutradara dan penulis skenario Choi Sagyu. River Where The Moon Rises mengisahkan cinta antara Putri Pyeonggang dan On Dal, karakter dari cerita rakyat klasik Goguryeo.

Dalam drama ini, diceritakan Putri Pyeonggang (Kim So-hyun) terlahir sebagai seorang putri, tetapi dibesarkan sebagai seorang pembunuh. Setelah mengetahui kebenaran asal-usulnya, dia berjuang untuk memenangkan kembali negaranya dan tahta yang sah.

Seorang pria yang cinta damai, On Dal (Na In-woo) adalah kebalikan dari putri prajurit. Namun, saat keduanya saling jatuh cinta, On Dal mengabaikan prinsip untuk menjaga keselamatannya. Upaya mereka berdua semakin sulit saat mendapati mendapati semua orang ingin bertempur untuk merebut takhta yang bukan hak mereka. River Where the Moon Rises meraih skor 7,9 di Mydramalist.

4. Bossam: Steal the Fate (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Bossam: Steal the Fate merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang berlatar era Joseon yang menceritakan kisah seseorang yang secara tidak sengaja menculik seorang putri. Ba-woo terlibat dalam praktik memburu para janda, yang tidak memiliki harapan untuk menikah lagi dengan suami baru.

Walaupun dianggap sah secara adat saat itu, tetapi karena yang diculik adalah seorang putri kerajaan, maka urusan kemudian menjadi pelik. Drama ini berhasil meraih rating 94 persen pada 2021 dan berhasil meraih skor 7,9 di Mydramalist.

5. Bulgasal: Immortal Souls (2021-2022).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Bulgasal: Immortal Souls merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang mengisahkan legenda bulgasal, seorang manusia yang menjadi makhluk mitologi dalam cerita rakyat Korea. Bulgasal diceritakan akan memakan darah manusia dan dikutuk hidup abadi. Bulgasal tidak dapat dibunuh dan bahkan membunuh orang lain.

Dalam drama ini, diceritakan bahwa Dan Hwal yang sudah menjadi bulgasal mencari seorang perempuan yang konon bisa bereinkarnasi dan lepas dari kutukan bulgasal. Perempuan tersebut adalah Min Sang-woon yang dulunya bulgasal dan kini menjadi orang paling dicari oleh Dan Hwal agar ia juga bisa lepas dari jeratan kutukan ratusan tahun. Bulgasal: Immortal Souls berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

6. Lovers of the Red Sky (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Lovers of the Red Sky merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang diadaptasi dari novel sejarah karya Jung Eun-gwol. Drama ini merupakan drama sejarah fantasi romantis tentang satu-satunya pelukis wanita di era fiksi dinasti Dan, yang tercatat secara singkat dalam catatan sejarah. Dalam drama ini, nuansa sihir begitu kental dan menjadi sebuah pemantik cerita.

Drama ini mengisahkan Hong Cheon-gi, seorang pelukis wanita cerdas yang lahir dalam keadaan buta dan bisa melihat kembali saat dirinya dewasa. Ia hidup dan merawat ayahnya yang sedang sakit mental dan membelikan obat untuknya dengan menjual lukisan.

Suatu hari, Cheon-gi bertemu dengan Ha Ram, seorang pria bermata merah yang kehilangan penglihatannya sejak kecil saat kecelakaan dalam sebuah ritual mendatangkan hujan. Namun, kebutaan tersebut perlahan hilang dan kembali membuatnya bisa melihat.

Ha Ram kemudian menemani Cheon-gi untuk terus bisa melukis. Ha Ram pun jatuh cinta kepada Cheon-gi dan tak peduli lagi dengan kebutaan yang dialami oleh orang yang dicintainya tersebut. Lovers of the Red Sky berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

7. The King’s Affection (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Korea The King's Affection merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang berkisah tentang nasib anak yang kembar yang harus berjuang agar tetap hidup. Berlatar dinasti Joseon, seorang Permaisuri Putri Mahkota (Park Eun-bin) melahirkan anak kembar yang berbeda jenis kelamin. Menurut kepercayaan saat itu, bayi perempuan harus dibunuh untuk menghindari kutukan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, sang permaisuri takkan membiarkan hal tersebut terjadi dan berupaya membawa anak perempuannya keluar dari istana. Ketika anak tersebut dewasa, sang permaisuri memintanya untuk kembali ke istana karena anak laki-laki permaisuri dan sekaligus saudara kembarnya meninggal dunia. Dipenuhi dengan kisah yang pelik dan juga rumit, The King's Affection hadir dengan cerita dan plot menarik. The King's Affection berhasil meraih skor 8,2 di Mydramalist.

8. Secret Royal Inspector & Joy (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Secret Royal Inspector & Joy merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang mengisahkan agen rahasia kerajaan yang berasal dari rakyat jelata pada era Dinasti Joseon. Karakter Ra Ian, seseorang bernasib mujur karena mengemban amanah raja yang didambakan banyak orang.

Dalam perjalanan kisahnya, Ra Ian akan bertemu dengan Kim Joy, seorang perempuan tangguh yang dengan bangga sudah bercerai dengan suaminya yang kasar dan tak bisa diandalkan. Drama Korea ini berhasil mendapatkan sambutan meriah saat pertama kali tayang karena hadir dengan cerita yang menarik. Secret Royal Inspector & Joy behasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.

9. The Red Sleeve (2021).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

The Red Sleeve merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang mengisahkan seorang putra mahkota bernama Yi San (Lee Jun-ho atau Junho 2PM) yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna. Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan.

Drama Korea The Red Sleeve menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditonton dan berhasil memuncaki drama Korea terpopuler pada awal Desember 2021. Capaian ini tentu saja berkat kerja keras semua pihak yang berhasil menampilkan cerita yang menarik, tidak hanya bagi masyarakat Korea Selatan, melainkan juga untuk seluruh penggemar drama Korea di seluruh dunia. Meraih atensi yang cukup tinggi, The Red Sleeve diputuskan untuk ditambah satu episode lagi. The Red Sleeve berhasil meraih skor 8,9 di Mydramalist.

10. Moonshine (2021-2022).

drama Korea kerajaan terbaik 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Moonshine merupakan drama Korea kerajaan terbaik 2021 yang mengisahkan sejarah larangan alkohol pada era Joseon. Moonshine merupakan jenis minuman keras yang diproduksi secara tradisional dan dianggap ilegal. Karena itu, siapa pun yang memproduksi dan bahkan meminumnya dapat berbuah penjara.

Drama ini menggambarkan periode hukum larangan meminum dan mengedarkan alkohol paling ketat dalam sejarah Joseon. Walaupun dipenuhi dengan berbagai ketegangan, drama ini juga dipenuhi dengan cerita romantis antara Yoo Seung-ho dan Lee Hye-ri. Moonshine berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.