Brilio.net - Tidak banyak orang Indonesia mengenal Visegrad. Padahal, organisasi yang beranggotakan empat negara tersebut mempunyai keunikan dan sejarah yang menarik untuk diketahui dan dinikmati. Maka guna lebih memperkenalkan Visegrad, sejak 27 September 2016 hingga 20 Oktober mendatang digelar pameran bertajuk "From Visegrad to Visegrad" yang berlangsung di ARTOTEL Thamrin Jakarta Pusat. Pameran ini sekaligus untuk merayakan satu tahun kepresidenan Polandia dan memperingati ulang tahun ke-25 terbentuknya Grup Visegrad yang juga kadang disingkat dengan V4.

Menurut Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Tadeusz Szumowski, pada awal terbentuknya, Visegrad beranggotakan tiga negara, karena Slovakia kala itu masih menjadi bagian dari Ceko. Pembentukan komunitas ini membuat negara anggotanya bisa lebih kuat serta mempererat kerja sama antara anggota. "Visegrad tidak banyak dikenal di Indonesia. Maka dengan pameran ini, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia, termasuk kalangan muda khususnya para pelajar apa itu Visegrad. Kami menunjukkan sejarah, kesamaan tradisi dan pola pikir," jelas Szumowski.

visegrad © 2016 brilio.net

Para pengunjung pameran Visegrad.

Keberadaan Visegrad juga membuat keempat negara bisa lebih akrab dan bisa mengurangi sekat birokrasi saat menjalin kerja sama. Komunitas ini lebih menonjolkan kebersamaan dan menghindari hal-hal yang berbau birokratis. Tidak heran kerja sama antar negara lebih erat dan mudah dilakukan.

Szumowski mencontohkan, saat presiden Polandia akan menghubungi pemimpin negara anggota lainnya, cukup dengan menelepon dan mudah menjalin pertemuan. Kerja sama yang terjalin melipunti banyak hal mulai dari kebudayaan, teknologi, ekonomi, politik, pariwisata dan lainnya. Visegrad ada sekretariat, tapi tidak spesifik seperti Sekretariat ASEAN, dan hal ini membuat hubungan antar negara anggota lebih cair. Karena Visegrad ini memang lebih mengedepankan kemauan para penduduk untuk menjalin kerja sama.

Semua keunikan Visegrad tersebut ditampilkan dalam pameran yang diselenggarakan di ARTOTEL Thamrin tersebut. Para pengunjung bebas melihat sejarah dan keunikan Visegrad di ARTSPACE yang terletak di lantai Mazzanine ARTOTEL.

Ada sejumlah gambar dan penjelasan yang tersaji pada banner-banner yang dibentangkan di arena pameran tersebut. Para pengunjung bisa melihat sejarah Visegrad dengan lebih komprehenship. Mengingat sejumlah keterangan disajikan dalam bahasa setempat, pengunjung bisa lebih mengenal bahasa lokal.

visegrad © 2016 brilio.net

Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Tadeusz Szumowski, pada memberikan penjelasan tentang Visegrad kepada para pengunjung.

Setelah datang ke pameran ini, dijamin kamu akan tertarik untuk mengunjungi negara-negara V4. Khususnya untuk datang ke Visegrad, mengingat Visegrád sendiri sebenarnya merupakan sebuah daerah yang pada 1335 menjadi tempat pertemuan dari para penguasa Bohemia, Polandia dan Hungaria yang menyetujui terciptanya rute komersial baru memotong pelabuhan utama Wina dan mendapatkan akses yang lebih mudah ke pasar Eropa. Meskipun demikian pada pertemuan tersebut belum terbentuk V4.

Di antara tempat yang menarik kamu kunjungi adalah kastil Visegrad yang terletak di perbukitan nan indah. Jadi, yuk kunjungi pameran "From Visegrad to Visegrad" untuk menambah wawasan kamu tentang negara-negara di Eropa Tengah tersebut.