Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Komunitas
Yani Andriansyah (brl/red)

17 Agustus 2019 15:48

Platform ini ajak milenial memaknai kemerdekaan di era digital

Memperkenalkan Indonesia lewat video singkat.

Platform ini ajak milenial memaknai kemerdekaan di era digital

View Image



Foto-foto: Brilio.net/@yans_brilio

Brilio.net - Banyak cara dalam berekspresi memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Menggelar lomba seperti balap karung, makan kerupuk, tarik tambang dan lainnya sudah sangat lazim.

Nah di era digital seperti sekarang, menyemarakan hari kemerdekaan bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Seperti halnya yang dilakukan platform video singkat Tik Tok. Dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan 17 Agustus, platform ini bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak milenial mengkespresikan kemerdekaan lewat cara yang unik.

Melalui kampanye #EkspresiMerdeka, anak muda diajak untuk memaknai hari kemerdekaan lewat konten video 15 detik yang sebelumnya sudah direkam (bukan live streaming) untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia. Tujuannya agar Indonesia makin dikenal di seluruh dunia. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak awal Agustus lalu.

TikTok © 2019 brilio.net(Kiri-Kanan) Head of Public Policy ByteDance, Indonesia, Malaysia, dan Filipina Donny Eryastha, Kepala Bagian Humas Kemenpora Isa Anshary, Head of User & Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra, dan Kreator TikTok Indonesia Pricilla dalam acara kampanye #EkspresiMerdeka di Jakarta, Sabtu (17/8/2019)

“Kegiatan ini terdiri dari dua jenis, kompetisi online dan offline dan event hari ini di Jakarta dengan hastag #PestaRakyatJakarta menjadi puncak event kita yang sudah kita selenggarakan di lima kota," ungkap Donny Eryastha, Head of Public Policy ByteDance, Indonesia, Malaysia, dan Filipina saat konferensi pers di CGV Sports Hall, fx Sudirman, Sabtu (17/8).

Loading...

Lebih lanjut Donny menjelaskan kegiatan ini sengaja menyasar anak muda karena banyak pengguna Tik Tok dari kalangan milenial. Lewat kegiatan ini diharapkan generasi milenial lebih memiliki rasa cinta Tanah Air.

Tentu saja kegiatan ini disambut baik pihak Kemenpora. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Pemuda dan Olahraga Isa Anshary sangat mengapresiasi dan mendukung kampanye #EkspresiMerdeka beserta kegiatan Pesta Rakyat yang diselenggarakan TikTok dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74.

TikTok © 2019 brilio.net

“Kegiatan ini bisa meningkatkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda sejalan dengan misi Kemenpora untuk meningkatkan daya saing kepemudaan dan keolahragaan. Juga kegiatan ini tentunya sangat bernilai positif. Ada aktifitas fisik yang membuat masyarakat bergerak, sehingga juga senada dengan kampanye #AyoBergerak dari Kemenpora yang juga ditujukan kepada seluruh masyarakat,” ujar Isa.  

Dalam kesempatan yang sama, Head of User & Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra menambahkan, program inisiatif Tiktok dan Kemenpora ini memang sengaja dilakukan untuk mendorong semangat kemerdekaan kepada anak muda.

“Kita mendorong anak-anak muda untuk membuat konten-konten sederhana yang bisa menginpirasi banyak orang. Tidak sedikit kreator kami yang membuat konten bagus. Hal ini menjadi bukti bahwa TikTok memberikan ruang bagi para kreatornya untuk mengangkat nilai-nilai budaya dalam momen kemerdekaan Indonesia,” jelas Angga.  

TikTok © 2019 brilio.net

Saat ini TikTok tersedia ke dalam 150 negara dan 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi yang kuat untuk mendorong para penggunanya membuat dan berinteraksi dengan konten yang berkaitan dengan budaya dan tren lokal.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kreator Konten Lomba 17 Agustus Anak Muda Generasi Milenial Era Digital
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE