Brilio.net - Masalah perkotaan kini sudah menjadi persoalan yang makin kompleks di semua negara. Mulai dari urusan macet, urbanisasi hingga permukiman, selalu jadi masalah klasik yang sampai sekarang nggak pernah tuntas. Termasuk di Indonesia lho.

Nah persoalan ini juga yang jadi perhatian Perhimpunan Pelajar Indonesia Leeds di Inggris. Mereka bukan kacang lupa kulit. Nah, karena itu mereka ingin memberikan pemikiran mengenai pengelolaan kota dan komunitas berkelanjutan.

PPI Leeds © 2017 brilio.net

(PPI Leeds)

Masalah inilah yang akan mereka usung dalam sebuah Seminar 5th Strategic Contribution for Indonesia (SCI) 2017. Kegiatan yang akan digelar 22 April 2017 di Gedung Michael Sadler University of Leeds, Inggris ini akan mengangkat tema Sustainable Cities and Communities: The Nexus of Community, Research, Government in Reforming Cities.

“Tujuan utama acara ini agar menghasilkan dokumen rekomendasi dari diskusi interaktif antar pembicara dengan peserta acara yang nantinya diberikan kepada pihak–pihak terkait di Indonesia,” ujar Ketua Pelaksana acara SCI 2017 Annisa Hasbi.

PPI Leeds © 2017 brilio.net

(PPI Leeds)

Nah hebatnya, acara ini bakal menampilkan sederet pembicara yang dinilai berkompeten di bidang sustainability seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Herwayan.  

Selain itu, Lucinda Yeadon, Deputy Leader and Executive Member for Environment and Sustainability of Leeds City Council, pakar yang akan memberikan pengalaman dalam strategi pengelolaan kota serta komunitas yang berkelanjutan.

PPI Leeds © 2017 brilio.net

(PPI Leeds)

Nggak ketinggalan Dimas Wisnu Adrianto, mahasiswa Indonesia yang memfokuskan riset doktoratnya di bidang pengelolaan kota berbasis berkelanjutan. 

“Kredibilitas mereka yang nyata menjadi nilai tambah acara ini, sehingga dapat memberikan inspirasi mengenai strategi yang tepat dalam pengelolaan kota serta komunitas yang berkelanjutan,” tambah Anissa. 

PPI Leeds © 2017 brilio.net

(PPI Leeds)

Oh ya cara ini rutin digelar karena besarnya animo mahasiswa Indonesia serta masyarakat yang berada di Inggris tentang berbagai masalah di Tanah Air. Tahun lalu mereka juga bikin acara serupa. Temanya soal ekonomi kreatif.

“Diharapkan SCI 2017 bisa dijadikan wadah diskusi interaktif agar dokumen rekomendasi yang dihasilkan kaya masukan yang bisa diaplikasikan di Indonesia,” ujar Penanggung Jawab Bidang Eksternal SCI 2017 Raka Tantra Pamungkas.

PPI Leeds © 2017 brilio.net

(PPI Leeds)

Wah semoga deh acara keren ini bisa memberikan rekomendasi positif bagi kota-kota di Indonesia.