Brilio.net - Selama masa pandemi Covid-19, hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah. Bisa sih berkegiatan di luar rumah, tapi harus memperhatikan protokol kesehatan ya. Kendati berada di rumah, kamu bisa koq melakukan kegiatan yang positif dan kreatif, termasuk peduli terhadap lingkungan. Kamu bisa menanam pohon di kawasan cagar budaya seperti candi. Lho koq bisa?

Inilah yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) dengan kegiatan bertajuk Candi Darling From Home. Kegiatan ini akan memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi dengan cara yang dekat dengan keseharian mereka dan cukup dari rumah saja. Program ini memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi melalui cara yang dekat dengan keseharian mereka hingga tahun 2025. Diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia.

“Mekanisme pelaksanaan Candi Darling From Home sepenuhnya berlangsung daring,” ujar Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani Arbi dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).   

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Nah rencananya, aksi ini akan mempercantik kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong di Daerah Istimewa Yogyakarta. Plt. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta, Zaimul Azzah, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap warisan sejarah bangsa.

“Setelah lebih dari satu tahun kita tidak keluar rumah, Candi Darling From Home menjadi terobosan agar generasi muda tetap menyintai situs sejarah. Diharapkan bisa menjadi sarana edukasi agar mereka bisa semakin kenal perjalanan sejarah bangsa ini,” kata Zaimul.

Tapi gimana caranya menanam pohon di candi tapi cuma dari rumah? Gampang banget. Nggak perlu ribet dan jauh-jauh keluar rumah. Penasaran? Simak deh.   

1. Unggah aksi kepedulian lingkungan kamu di media sosial

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Nah program yang bertujuan mendorong generasi muda terus aktif melestarikan lingkungan dengan cara-cara yang kreatif ini dilakukan dengan gaya yang unik. Cukup unggah aktivitas kamu yang bertema peduli lingkungan di akun media sosial dengan membubuhkan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

Jadi nanti setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang bakal ditanam untuk mempercantik ketiga kawasan candi tersebut. Gampang kan?     

2. Aktivitas berolahraga juga bisa

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah wujud cinta lingkungan dengan berolahraga seperti lari atau bersepeda. Nantinya, satu unggahan itu juga akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon. Artinya, sambil berkeringat, kamu bisa juga menyumbang pohon. Seru kan?

3. Yuk dukung 10 ribu pohon

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Ditargetkan kegiatan ini bisa mengundang partisipasi anak muda agar dapat menghimpun sedikitnya 10 ribu pohon dan tanaman, yang nantinya akan ditanam di ketiga candi tersebut.

“Seluruh bibit pohon dan tanaman berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Jenis yang akan ditanam juga menyesuaikan karakteristik dan lingkungan tempat candi tersebut berada,” papar Tania.  

4. Ingin menyintai lingkungan? Sekarang saatnya

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Candi Darling From Home merupakan sebuah gerakan (movement) yang menantang generasi milenial agar lebih terlibat dalam pelestarian warisan sejarah berupa candi yang merupakan peninggalan berharga leluhur bangsa ini.

Gerakan ini merupakan kelanjutan dari program Candi Darling yang sudah dijalankan Bakti Lingkungan Djarum Foundation sejak 2019. Gerakan ini telah menghijaukan dan mempercantik beberapa candi di Indonesia diantaranya Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Gedong Songo.

“Candi Darling From Home merupakan inisiasi guna melanjutkan kegiatan Candi Darling yang akan mendorong anak-anak muda untuk tetap peduli terhadap penghijauan lingkungan candi dengan cara-cara yang inovatif,” kata Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara.

5. Kamu bisa belajar lewat video series ini

Candi Darling From Home © 2021 brilio.net

Bukan cuma kegiatan penanaman saja, gerakan ini juga meluncurkan video series berisi tur ke tiga candi tersebut. Di dalam video series yang dibintangi aktor Ramon Y Tungka serta influencer pegiat alam Alfira Naftaly Pangalila alias @anak_bebek ini, generasi muda dapat mengetahui seluk beluk sejarah dan juga upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk membantu pelestarian ketiga candi peninggalan leluhur itu.

“Kegiatan ini memadukan sisi merawat alam tapi juga bisa jadi wisata sejarah. Karena kita juga bisa semakin kenal kebesaran leluhur bangsa melalui candi-candi tersebut. Selanjutnya, adalah tugas kita untuk membantu menjaga keseimbangan alam di lingkungan candi ini demi kelestariannya di masa mendatang,” ujar Ramon.

Hal senada diungkapkan Alfira. Dia brharap target 10 ribu pohon dan semak berbunga bisa tercapai sehingga bisa secepatnya mempercantik dan meneduhkan kawasan ketiga candi tersebut.

“Bila semakin cantik, nantinya setelah situasi membaik pasti akan banyak dikunjungi wisatawan. Semoga upaya baik ini mendapat respons positif dari masyarakat, khususnya anak-anak muda,” ungkap Alfira.

Yuk dukung gerakan Candi Darling From Home. Tunjukin kepedulian kamu.