Brilio.net - Fotografer fesyen kelas dunia Nicoline Patricia belum lama ini berbagi ilmu dan pengalaman seputar seluk beluk dunia fotografi fesyen di panggung internasional dalam acara virtual workshop fotografi bertajuk World-Class Short Recipe besutan Lensa Community. Kegiatan ini merupakan episode keempat bertajuk Lensa Academy 2021 yang bertujuan untuk memacu kreativitas para pecinta seni audio-visual dan melahirkan tren serta ide-ide baru.

Sebelumnya Lensa Community telah menyelenggarakan rangkaian Lensa Academy 2021 secara daring dengan menghadirkan berbagai narasumber di dunia seni audio-visual Tanah Air. Sebut saja pada episode 1 akhir Februari lalu, hadir kreator konten Chandra Liow, yang berbagi rahasia dalam menghasilkan karya-karya out of the box sehingga dapat menuai prestasi. Di episode kedua pada Juli lalu, giliran sineas senior Dimas Djay yang menjadi narasumber dalam workshop bertajuk Cooking Ideas Before Action.

Rangkaian berlanjut ke episode ketiga pada pertengahan September lalu dengan menghadirkan Bill Satya yang berbagi ilmu tentang fotografi jalanan dengan tema Become Street Specialist. Nah di edisi pamungkas ini, lensa Community sengaja menghadirkan Nicoline untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Nicoline Patricia © 2021 brilio.net

“Melalui Lensa Academy, kami ingin menggali lebih banyak talenta dan potensi para pecinta visual dengan cara berbagi pengalaman dan menimba ilmu dari para narasumber yang merupakan expertise yang sangat profesional di bidangnya,” ujar Perwakilan Lensa Community, Sigit Diopsaputra atau yang kerap disapa Diop.

Pada edisi keempat ini Lensa Community punya alasan mengapa menghadirkan Nicoline yang merupakan mantan model. Maklum, ia termasuk salah satu fotografer mentereng karena pernah mengukir karier sebagai fotografer yang memotret bintang kelas dunia, Liv Tyler.  

“Kami ingin memberikan sentuhan baru dengan menghadirkan narasumber kelas dunia seperti Nicoline Patricia agar memberikan inspirasi dan wawasan yang lebih luas bagi para penggemar visualgrafi, terutama fotografi untuk memperdalam berbagai teknik dalam seni fashion photography,” lanjut Diop.

Nicoline Patricia © 2021 brilio.net

Dalam workshop ini, Nicoline membagi pelatihan menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, dara yang mengawali kariernya di Belanda ini menguraikan seluk beluk fashion photography kepada kurang lebih 500 pegiat seni foto dari berbagai penjuru Indonesia. Di sesi kedua, dara kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini memberikan gambaran lebih utuh dengan menggelar Live On-Set, praktik langsung pemotretan fashion photography bersama para model.

“Dunia fotografi itu sangat luas. Sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dalam bidang fotografi karena akan selalu ada ilmu baru,” kata Nicoline.

Menurut perempuan yang sempat tinggal dan belajar fesyen di Belanda ini, semua teknik fotografi dapat dipelajari secara autodidak. Yang terpenting bagi seorang fotografer adalah tekad dan kemauan yang tidak terhenti oleh hambatan sebesar apapun.

Nicoline Patricia © 2021 brilio.net

“Banyak fotografer yang ikut workshop karena ingin tahu fotografi secara teknis. Itu bagus, tapi kalau menurut saya semua pelajaran itu bisa didapat dari sumber manapun. Yang utama adalah rasa ingin tahu yang besar dan kemauan yang tidak tergoyahkan. Jika ada kemauan yang keras, pasti ada jalan,” terang Nicoline.

Tidak hanya workshop, Lensa Academy juga menantang para peserta mengikuti Lensa Challenge dengan tema #SimplicityRedefined. Nicoline menantang para peserta workshop untuk kembali ke dasar ilmu fotografi yaitu fofografer, model, dan lighting. Tanpa properti tambahan, peserta dituntut untuk menghasilkan karya foto yang bercerita dengan teknik yang mumpuni.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)