Brilio.net - Komunitas pemotor selalu identik dengan touring. Menjelajahi berbagai tempat sambil mengendarai “tunggangan besi” kesayangan memang memiliki keseruan tersendiri. Tapi tak jarang, dalam kegiatan touring para komunitas motor menyisipkan aksi-aksi kemanusiaan seperti berbagi bakti sosial hingga melakukan bersih-bersih tempat yang disinggahi. 

Hal inilah yang dilakukan komunitas pecinta Yamaha XSR 155 di Indonesia, XSR Brotherhood MC Indonesia atau dikenal sebagai XBI. Disela-sela acara kegiatan musyawarah nasional (munas) belum lama ini di Bali, mereka melakukan bersih-bersih di Pantai Kuta. Kegiatan bakti sosial ini digelar sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan para anggota XBI.

Yamaha XBI Bali © 2021 brilio.netAksi bersih-bersih di Pantai Kuta

Selain menggelar aksi bersih pantai, komunitas ini juga menyambangi berbagai destinasi wisata di Pulau Dewata itu seperti Puja Mandala, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), termasuk Monumen Ground Zero, tempat terjadinya tragedi bom Bali, pada 12 Oktober 2012 silam. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Pulau Seribu Pura itu akibat terdampak pandemi Covid-19.

Maklum, sejak pandemi merebak, hampir semua sektor usaha pariwisata di Bali terpuruk. Bali sepi pelancong. “Ini sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali Pariwisata Bali,” ujar Djoe Avarell dari XBI Bali Chapter yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum XBI hasil munas pertama.

Loading...

Yamaha XBI Bali © 2021 brilio.netMonumen Ground Zero, Legian

Mereka juga mengunjungi Yamaha DDS Bali yang terletak di Jl Diponegoro No 57 Denpasar untuk meresmikan tugu 0 Km XSR Brotherhood MC, sebagai penanda bahwa XBI lahir di Bali tepatnya pada 19 Desember 2019.

RECOMMENDED BY EDITOR