Brilio.net -  

Banyaknya perusahaan yang membutuhkan penulis konten untuk kebutuhan website khususnya para startup, menjadikan penulis semakin dicari oleh banyak orang. Dulu profesi ini masih dinilai sebagai sekedar hobi lho!

Untuk kamu yang berniat untuk menjadi penulis lepas, kamu harus mengetahui beberapa tips ini agar menjadi penulis lepas professional!

1. Persiapkan portfolio

Sebagai penulis pastinya kamu memiliki beberapa karya tulis seperti blog ataupu artikel yang pernah kamu buat. Nah, baiknya kamu persiapkan dengan lengkap portfolio tulisanmu. Banyak banget website khusus untuk menjadikan portfoliomu lebih simple dalam bentuk digital ataupun website.

2. Bersosialisasi dengan banyak penulis lepas

Bekerja sendiri memang terkadang menyenangkan. Tetapi, walaupun bekerja secara individual, kamu harus tetap menjalin hubungan dengan penulis lain lho. Misalnya dengan cara bekerja di co-working space, bergabung dengan grup para freelancer, mengikuti kelas workshop dan lain sebagainya. Pastinya koneksi yang kamu dapatkan pun akan semakin banyak.

3. Jangan lelah untuk mencari klien

Namanya juga pekerja lepas, terkadang memang kita yang harus menawarkan jasa kita sedemikian rupa agar dilirik oleh klien. Walaupun banyak juga perusahaan yang memang mencari pekerja lepas untuk perusahaannya. Jangan gampang menyerah ya dalam memilih klien! Mencari klien memang nggak mudah, maka dari itu kamu harus sering bersosialisasi dengan orang banyak. Siapa tahu ada yang membutuhkan jasamu kan?

4. Selalu tambah skillmu

Nah, sebagai pemberi jasa pastinya kamu mau dong mendapatkan klien yang kredibel? Maka dari itu, ada baiknya kamu nggak hanya mahir dalam menulis tetapi juga mahir di dalam ilmu lain. Tentunya yang berkaitan dengan tulis menulis ya, misalnya menguasai Search Engine Optimization (SEO) dimana ilmu tersebut cukup populer dan sangat dibutuhkan.

 

Nah, gimana Sobat Brilio? Menjadi pekerja lepas memang terlihat seru, tapi memiliki tanggung jawab yang sama beratnya dengan kerja kantoran. Sebelum mencoba untuk terjun langsung menjadi penulis lepas profesional, kamu bisa lho mencoba nulis di Brilio Creator. Apalagi tulisan kamu bisa dibaca oleh ribuan orang dan bisa berkesempatan mendapatkan reward sebesar Rp 200 ribu atas setiap artikel yang beruntung. Seru banget, kan? Untuk kalian yang sempat submit karya-karyamu di bulan Desember ini, akan otomatis tergabung dalam program berhadiah total 10 juta untuk 10 orang pemenang. Yuk, cek apakah kamu jadi salah satu 10 penulis dengan pageviews tertinggi disini.