Brilio.net - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) sebentar lagi bakal menggelar acara tahunan yang keren abis. Apalagi kalau bukan Pekan Komunikasi yang akan digelar 17-21 April 2017 di Universitas Indonesia, Depok.

Ini adalah ajang ajang kompetisi di bidang komunikasi yang diadakan bagi mahasiswa seluruh universitas di Indonesia. Nggak hanya kompetisi, acara kali ini juga mengadakan kunjungan perusahaan, lokakarya, dan seminar lho.

Nah tahun ini, pekan komunikasi bakal mengusung tema ‘Tell-a-Tale’. Sebuah tema yang diangkat berdasarkan fenomena transmedia storytelling yang digunakan berbagai platform media.

Pekan Komunikasi UI  © 2017 brilio.net

(upload.wikimedia.org)

Model ini memunculkan budaya bertemu dan berinteraksi bagi sispapun di seluruh dunia. Cilakanya, cara ini justru membuat budaya lokal Indonesia kurang mendapatkan perhatian masyarakat.

Nah lewat acara ini, diharapkan peserta bisa merumuskan pesan yang ingin disampaikan, yaitu mengangkat budaya lokal Indonesia, dalam sebuah cerita yang kreatif dan inovatif di beberapa bidang komunikasi.

Oh ya, dalam sepekan pengunjung dapat mengikuti lokakarya dan seminar yang terbuka untuk umum. Finalis terpilih juga akan mempresentasikan karya yang telah dikumpulkan dan mengikuti kunjungan perusahaan.

Nah Pekan Komunikasi 2017 memiliki empat mata acara keren lho. Nih keempat mata acara itu.

1. Creabo (Create and Broadcast)

Pekan Komunikasi UI  © 2017 brilio.net

(fischerconnectors.com)

Ini adalah mata acara bidang penyiaran. Tahun ini, Creabo mengangkat tema ‘Popularizing Local Culture’ untuk meningkatkan kesadaran bahwa dunia penyiaran perlu memasukkan keberagaman budaya Indonesia sebagai kontennya, bukan hanya budaya yang sangat “kota”. Creabo mengajak peserta mengaplikasikan tema ini melalui lomba merancang program televisi dan membuat film pendek.

 

2. PR Vaganza

Pekan Komunikasi UI  © 2017 brilio.net

(everything-pr.com)

Ini adalah mata acara bidang humas. Dengan tema ‘Exposing Indonesia Tourism through Transmedia Storytelling’, PR Vaganza menyoroti pariwisata Indonesia yang kini sedang berkembang. Peserta diajak merancang program humas yang dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan turis terhadap 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Parisiwata.

 

3. Adwar

Pekan Komunikasi UI  © 2017 brilio.net

(open-advertising.com)

Ini adalah mata acara bidang periklanan. Tahun ini, Adwar mengangkat tema ‘Advertainment’ karena munculnya commercial skipping perlu disiasati dengan memasukkan elemen-elemen hiburan dalam sebuah iklan. Adwar mengajak peserta mengaplikasikan tema ini melalui lomba, yaitu merancang program iklan yang mere-brand produk lokal Indonesia.

 

4. Journalight

Pekan Komunikasi UI  © 2017 brilio.net

(brilio.net)

Ini adalah mata acara bidang jurnalisme. Dengan tema ‘Culture in Your Backpack’, journalight ingin mengeksplorasi dunia industri kreatif sebagai seorang backpack journalist. Peserta diajak membuat artikel, foto jurnalistik, dan video berita berkaitan dengan dunia industri kreatif.