Brilio.net - Banyak orang punya kebiasaan begadang, terutama ketika tenggat waktu pekerjaan di depan mata. Bahkan ada pula yang berpikir bahwa memejamkan mata beberapa jam sehari lebih dari cukup ketimbang tidak tidur sama sekali. Sebuah penelitian yang berbasis di Amerika Serikat justru mengatakan sebaliknya. Tidur tidak teratur selama beberapa hari justru lebih berbahaya ketimbang tidak tidur semalaman.

Dilansir brilio.net dari scinecealert.com, Jumat (11/3), hasil penelitian menunjukkan kesehatan seseorang lebih terganggu ketika mereka hanya tidur 6 jam semalam selama dua minggu daripada tak tidur sama sekali selama dua hari berturut-turut.

Penelitian tersebut melibatkan 48 responden. Mereka diuji setiap 2 jam saat terjaga untuk menilai kinerja kognitif dan waktu reaksi. Selain itu mereka juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait suasana hati mereka dan bagaimana mereka merasa mengantuk.

Pada akhir percobaan, kedua kelompok orang tersebut berada pada tingkat yang sama yang tidak mereka sadari. Mereka pikir kesehatan mereka masih berfungsi seperti biasa.

Ini bukan berarti jika kamu tetap terjaga sepanjang malam itu sama dengan ketika kamu tidur 6 jam dalam semalam. Hal ini lebih kepada bagaimana efek kumulatif dari ketika kamu tidak tidur teratur selama beberapa malam yang berkelanjutan.

"Pembatasan waktu tidur pada orang dewasa dapat mengganggu fungsi  neurobehavioral pada orang dewasa yang sehat," ungkap tim dari University of Pennsylvania menyimpulkan dalam laporan, yang diterbitkan dalam jurnal Sleep.

"Peringkat kantuk menunjukkan bahwa subjek yang diuji sebagian besar tidak menyadari ini meningkatkan defisit kognitif atau utang tidur yang mungkin lebih mudah dipahami yang akan terus menumpuk dari waktu ke waktu."

Sebuah studi baru-baru ini juga menunjukkan bahwa kita cenderung melebih-lebihkan waktu tidur kita. Ketika kita berpikir kita telah tidur 7 jam, sebenarnya kita hanya tidur selama 6 jam.

Efek kurang tidur ini akan berpengaruh terhadap kinerja kamu sehari-hari dan juga terhadap kesehatanmu. Mereka yang tidur cukup selama 8 jam semalam tidak menunjukkan gejala ini. Jadi, pastikan kamu tidur cukup untuk kesehatanmu ya.