Brilio.net - Siapa sih, yang nggak mau punya tubuh ideal? Kamu pasti juga mau, kan? Bahkan sebagian mereka yang menginginkannya rela melakukan diet ketat atau pun olahraga ekstrem demi memiliki tubuh ideal.

Namun, sekarang ini tak perlu lagi melakukan hal-hal seperti itu. Ternyata ada salah satu teknik mandi yang bisa menurunkan berat badan, yaitu mandi kontras. Mandi kontras merupakan mandi menggunakan air hangat dan dingin secara bergantian. Teknik ini mudah, efektif, dan hasilnya memuaskan.

Dilansir brilio.net dari Times Of indian, Sabtu (20/1), konsep dari mandi air dingin dan hangat bersamaan adalah saat kamu mandi air hangat, air hangat ini membuat darah mengalir ke dalam dengan membuka pembuluh darah. Kemudian, dengan mengganti ke air dingin akan mendorong darah ke dalam rasa hangat dan karenanya melindungi organ dalam dari suhu dingin.

Kemudian, ketika kamu mengganti lagi ke air hangat ternyata akan membantu darahmu mengalir lagi.

Teknik mandi ini dipercaya bisa mengurangi DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) yang dapat mengurangi jumlah laktat dalam darah dan peradangan. Mandi kontras tidak hanya mampu mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga membantu organ tubuhmu bekerja lebih baik. Peregangan dan pembukaan ini juga dipercaya bisa membantu tubuh menghilangkan racun.

Loading...

Prinsip dalam melakukan teknik mandi ini adalah 3:1. Mandi air hangat harus tiga kali lebih lama dibandingkan dengan air dingin. Kamu bisa mulai dengan suhu berapa pun yang bisa kamu terima, tetapi rasionya harus 3:1.

Misalnya, 90 detik mandi air hangat dan harus diikuti dengan 30 detik mandi air dingin. Di samping itu, kamu juga harus mengulang siklus ini 2-3 kali dalam setiap guyuran.

Mandi kontra juga bisa membantu meningkatkan metabolisme. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar. Selain itu, mandi ini juga membantu menghilangkan racun dan menormalkan sirkulasi darah. Mandi ini juga menguatkan sistem kardiovaskular dan meredakan rasa lelah.

Tapi perlu diingat bahwa jika kamu ingin mempraktikkan teknik mandi ini, pastikan kamu dalam kondisi kesehatan yang baik. Perbedaan suhu kedua tipe air harus tidak lebih dari 30 derajat.

Harus ada jarak minimal dua jam sebelum kamu tidur dan mandi dengan teknik ini, jika kamu mandi di malam hari. Dan, jangan pernah basahi rambut ketika mandi kontras. Tunggu sedikitnya 30 menit sebelum keluar rumah.

Siap diet dengan teknik mandi ini? Yuk, coba!

RECOMMENDED BY EDITOR