Brilio.net - Fungsi otak banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat, yang masyarakat tahu otak hanya digunakan untuk berpikir saja. Padahal otak memiliki banyak fungsi yang jarang diketahui. Otak memiliki volume sebanyak 1.350 cc dan di dalamnya ada 100 juta sel saraf.  Berikut cara-cara unik untuk meningkatkan kemampuan otak yang brilio.net, Sabtu (30/4) lansir dari brightside.me

1. Menggosok gigi dengan tangan yang berbeda dari biasanya.
Jika selama ini biasanya menggosok gigi dengan tangan kanan cobalah untuk menggunakan tangan kiri begitu juga sebaliknya. Karena menurut Franklin Institute, dengan jenis latihan seperti ini mampu memperkuat antara hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf-saraf yang baru.

2. Mandi dengan mata terpejam
Hal ini akan menguatkan indra taktil (alat kecap, alat rasa, alat raba, dan alat penciuman) kita, dan mengaktifkan berbagai bagian dari otak kita.

3. Ubah rutinitas pagi harimu
Menurut salah satu profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas merupakan hal yang mampu mengaktifkan koneksi otak sebelumnya menjadi lebih aktif.

4. Ubah tata letak barang-barang pajangan secara terbalik
Ketika kita melihat barang yang terbalik, membuat hemisphere (belahan) kanan otak bekerja secara optimal dan membuat kita lebih memperhatikan bentuk, dan warna objek yang kita lihat.

5. Ubah tata ruang di rumahmu.
Kebanyakan anggota keluarga memiliki tempat duduk favorit baik di ruang makan maupun di ruang keluarga, dengan saling bertukar tempat akan membuat otak terkejut dengan suasana baru dan ini bermanfaat dalam rangka pengembangan jaringan otak.

6. Buka kaca mobilmu ketika berkendara
Hippocampus adalah wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori. Kenangan Anda akan lebih hidup jika mereka melibatkan bau, suara, dan pemandangan.

7. Ubah kebiasaan cara membacamu.
Hal ini akan mengaktifkan berbagai wilayah otak kita. Ketika kita membaca dengan suara keras untuk orang lain dan bergantian mendengarkan yang dibaca orang lain. Membaca keras-keras untuk diri kita sendiri dan membaca diam-diam juga membuat otak kita bekerja

8. Ganti aroma parfummu
Jika kamu setiap harinya kamu terbiasa mencium aroma vanilla, coba ubahlah dengan aroma baru. Hal ini berguna agar otakmu belajar mengasosiasikan bau-bauan yang berguna untuk membangun jalur saraf yang baru di otak.