Brilio.net - Leunca sering dijadikan sebagai lalapan atau bahan membuat masakan. Leunca ini populer di Sunda, alias di kawasan Jawa Barat. Banyak masyarakat di sana menjadikan leunca sebagai salam satu lalapan yang wajib ada di setiap masakan. Kamu sudah pernah memakannya?

Nah, tapi kamu tahu nggak? Ternyata leunca tak cuma bisa dijadikan lalapan saja lho. Leunca mempunyai manfaat tak terduga yang sangat baik untuk kesehatan.

Tak percaya? Ini dia manfaat leunca yang kamu belum tahu, yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/4).


1. Melawan kanker

Leunca © 2016 brilio.net foto: herbaltreatmentplantforhuman.blogspot.com


Leunca rupanya memiliki zat anti kanker yang terkandung di dalam setiap butirnya, yang ampuh untuk menghambat sel kanker atau tumor untuk berkembang.



2. Zat anti inflamasi

Leunca © 2016 brilio.net foto: mangyono.com


Leunca rupanya memiliki zat anti inflamasi yang sangat berguna untuk mengatasi peradangan, bila kamu sedang terluka lho.



3. Penurun panas

Leunca © 2016 brilio.net

foto: alasehat.net


Leunca juga dijadikan sebagai obat penurun panas alami karena dalam leunca terkandung zat yang namanya antipiretik.



4. Mencegah hipertensi

Leunca © 2016 brilio.net foto: jakpost.travel



Tak hanya zat-zat di atas, rupanya leunca juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah yang ada di tubuh. Hal tersebut tentunya akan mencegah terjadinya hipertensi.



5. Obat kutil

Leunca © 2016 brilio.net foto: datasunda.org


Tak cuma buahnya. Getah dari leunca rupanya juga bermanfaat. Getah ini bisa kamu gunakan untuk obat kutil lho.



6. Diuretik

Leunca © 2016 brilio.net foto: publishcontent.blogspot.com


Leunca bersifat pula sebagai diuretik yang mempunyai kemampuan untuk meluruhkan air kencing, sehingga mampu untuk mencegah infeksi saluran kemih.



7. Alat kontrasepsi

Leunca © 2016 brilio.net foto: fanblogs.jp


Pada pria, leunca juga berfungsi sebagai alat kontrasepsi alami, lho. Kok bisa? Sebab ternyata, mengonsumsi leunca dipercaya menurunkan produk sperma dan mengurangi tingkat kesuburan pada pria. Nah lho..



8. Mengusir dahak

Leunca © 2016 brilio.net foto: flickr.com


Leunca juga berkhasiat untuk mengobati batuk serta mengusir dahak. Tak hanya itu, leunca juga bermanfaat untuk membantu melegakan napas.



9. Antipruritus

Leunca © 2016 brilio.net foto: fitzania.com


Kalau kamu gatal-gatal, cukup gunakan leunca untuk mengusir gatal tersebut. Karena leunca mengandung zat yang namanya anti-pruritus, yang bermanfaat mengusir gatal.



10. Antibiotik

Leunca © 2016 brilio.net foto: cepamagz.com


Dan yang paling penting dari semua kandungan yang ada di leunca, lalapan ini rupanya mengandung zat antibiotik yang baik untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.