Brilio.net - Pastinya sudah nggak asing dengan penyanyi asal Kanada, Justin Bieber, bukan? Pada Jumat (10/6), ia mengumumkan dirinya menunda sejumlah konser karena didiagnosis mengalami Ramsay Hunt Syndrome atau sindrom Ramsay Hunt. Jadi sebenarnya apa itu sindrom Ramsay Hunt?

Dilansir dari healthline.com, sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika herpes zoster yang memengaruhi saraf di wajah dan dekat dengan satu telinga. Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus ini masih hidup di saraf. Bertahun kemudian, virus ini dapat aktif lagi sehingga dapat memengaruhi saraf wajah seseorang.

Bahkan ruam herpes zoster di saraf wajah dekat telinga, dapat menyebabkan komplikasi lain, termasuk kelumpuhan wajah dan sakit telinga. Apabila hal ini terjadi, itu disebut dengan sindrom Ramsay Hunt. Maka dari itu, untuk mencegah kelumpuhan wajah yang permanen, pengobatan sindrom Ramsay Hunt perlu dilakukan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui gejala, penyebab, dan cara perawatan dari sindrom Ramsay Hunt, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, pada Sabtu (11/6).