Brilio.net - Penyakit batuk pilek dan flu atau influenza kerap menyerang banyak orang ketika musim pancaroba atau musim hujan tiba. Penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan ini biasanya disertai gejala seperti bersin-bersin dan sakit tenggorokan.

Memiliki gejala serupa, tidak banyak yang tahu jika flu berbeda dengan batuk pilek biasa. Ya, seringkali orang terkecoh dan mengira keduanya adalah penyakit yang sama, baik dari gejala hingga cara penanganan.

Kalau penanganan salah, bukannya sembuh, penyakitmu justru bisa bertambah parah. Duh, jangan sampai deh. Untuk itu, kamu harus lebih peka dan tahu perbedaan antara flu dan batuk pilek biasa.

Nah, biar nggak salah lagi, Brilio.net sudah menghimpun perbedaan batuk pilek biasa dan flu yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (11/10).

1. Penyebab batuk pilek biasa vs flu.

Sering dikira sama, ini bedanya batuk pilek biasa dan flu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pilek terjadi karena adanya infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan berbagai virus, terutama rhinovirus. Virus pilek bisa menyerang kapan saja. Namun biasanya paling sering menular saat musim hujan karena kebanyakan virus ini mudah berkembang dalam suhu dingin dan udara kering.

Sedangkan flu adalah infeksi virus yang menyerang seluruh sistem pernapasan. Mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Terdapat tiga jenis virus flu, yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C. Bedanya, virus influenza A dan B menyebabkan flu musiman, sementara influenza C menyebabkan flu yang bisa terjadi sepanjang tahun.

Baik batuk pilek biasa dan flu, keduanya bisa tertular melalui tetesan atau butiran air dari batuk dan bersin yang dikeluarkan penderita.

2. Gejala batuk pilek biasa vs flu.

Sering dikira sama, ini bedanya batuk pilek biasa dan flu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Penderita batuk pilek biasanya memiliki gejala ringan seperti hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan yang cepat hilang, bersin, batuk berdahak, dan badan yang lemas. Ingus yang keluar pun biasanya berwarna bening pada beberapa hari pertama. Namun warnanya bisa menjadi lebih gelap dan mengental sebagai tanda tubuh melawan virus pilek. Kemudian akan membaik jika ditangani dengan tepat.

Gejala flu akan terasa lebih berat dan cepat. Beberapa gejalanya seperti demam tinggi selama 3-5 hari, sakit kepala berat, batuk kering, badan menggigil, nyeri otot, dan kelelahan. Gejala-gejala ini akan bertambah parah secara bertahap pada beberapa hari pertama. Jika keadaan tidak membaik lebih dari 10 hari, segera periksakan ke dokter.

3. Risiko komplikasi batuk pilek biasa dan flu.

Sering dikira sama, ini bedanya batuk pilek biasa dan flu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu perbedaan lain antara batuk pilek biasa dan flu adalah risiko komplikasi. Umumnya pilek tidak akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Namun, kamu yang mempunyai riwayat asma harus lebih waspada karena dapat memicu serangan asma.

Sementara penderita flu yang tidak ditangani dengan benar dapat menimbulkan komplikasi serius. Mulai dari pneumonia, radang otot (myositis), gangguan sistem saraf pusat, serta masalah jantung seperti serangan jantung, miokarditis, dan perikarditis.

4. Cara mengobati batuk pilek biasa dan flu.

Sering dikira sama, ini bedanya batuk pilek biasa dan flu berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Penderita batuk pilek biasa dan flu sama-sama dianjurkan untuk beristirahat, makan-makanan bergizi, dan banyak minum air putih. Jika ditangani dengan baik, kedua penyakit ini juga bisa sembuh dengan sendirinya.

Cara terbaik mengobati flu adalah dengan memperbanyak minum air putih dan istirahat. Untuk mengatasi sakit kepala, demam, dan hidung tersumbat, kamu bisa mengonsumi obat pereda nyeri atau dekongestan yang dapat dibeli di apotek. Sedangkan dalam kasus flu tertentu, penderita akan disarankan mengonsumsi obat antivirus yang didapatkan dengan resep dokter.

Nah, untuk mengobati batuk pilek biasa, kamu bisa menggunakan OB COMBI BATUK PILEK. Varian terbaru dari OBH COMBI ini dapat membantu meredakan batuk dan pilek tanpa disertai demam.

Sering dikira sama, ini bedanya batuk pilek biasa dan flu berbagai sumber

foto: OB COMBI BATUK PILEK

Dengan rasa buah-buahan yang enak, OB COMBI BATUK PILEK pas banget buat kamu yang tidak suka obat pahit. Produk ini bisa kamu dapatkan di apotek-apotek terdekat. Jangan sampai batuk pilek mengganggu aktivitas harianmu. Kalahkan Batuk Pilekmu Sekarang! OBH Combi, Kalahkan Batuk Terus Melaju! Info lebih lanjut bisa kamu dapatkan di sini.