Brilio.net - Rumah bukan sekadar tempat tinggal, namun juga tempat terbaik melepas rasa lelah usai seharian bekerja. Memiliki rumah yang bersih, nyaman, dan bebas kuman tentu dambaan semua orang, terutama ibu rumah tangga. Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata rumah juga bisa jadi pemicu kamu ataupun keluargamu sakit?

Ya, meskipun secara kasat mata terlihat bersih, permukaan beberapa benda di rumah rupanya bisa menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak. Mungkin kamu hanya membereskan sudut rumah yang umumnya dibersihkan seperti lantai, tempat cuci piring hingga kasur. Padahal ada beberapa benda yang nggak terpikirkan harus dibersihkan pula.

Jika kamu tak membersihkannya, kuman dan bakteri lain di permukaannya dapat mendatangkan berbagai penyakit, apalagi kalau terlalu lama didiamkan. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan dan merawat beberapa benda yang sering diabaikan ini.

Lalu apa saja benda-benda di rumah yang rawan jadi sumber kuman penyakit? Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/7).

1. Mainan anak.

detool2 istimewa

foto: shutterstock.com

Namanya anak-anak, umumnya senang bermain. Apalagi jika jenis, bentuk, dan warna alat bermain menarik perhatian. Namun, di balik kesenangan itu ternyata ada bahaya yang mengintai. Sebagian orang tua sering abai untuk membersihkan mainan anak. Padahal mainan anak rentan menjadi tempat berkumpulnya bakteri, kuman, dan penyebab berbagai penyakit.

Misalnya, boneka bisa jadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak. Tak hanya itu, mainan karet seperti bebek yang biasa menemani anak mandi juga sangat rentan jadi sarang bakteri. Sebab, biasanya tempat persembunyian kuman yang paling ideal yakni di tempat lembab.

Agar si kecil terbebas dari berbagai kuman penyakit, bentuk mainan apa pun, entah itu boneka, robot-robotan, mobil-mobilan, dan sebagainya harus kamu bersihkan atau cuci secara rutin.

2. Paket belanja.

detool2 istimewa

foto: shutterstock.com

Masa pandemi Covid-19 membuat orang memilih belanja dengan metode online. Kamu salah satunya? Nah, ketika kamu menerima paket belanja, jangan langsung diletakkan atau dibiarkan begitu saja, ya! Kuman seperti bakteri dan juga virus dapat menempel di paket, lalu mengkontaminasi tangan. Salah-salah bakteri dan virus masuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan kamu terkena penyakit.

Nah, agar terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya kamu membersihkan paket belanja dengan semprotan disinfektan terlebih dulu. Tujuannya, meminimalkan risiko kuman berkembang biak yang mungkin menempel di kardus atau plastik paket belanja.

3. Gorden.

detool2 istimewa

foto: shutterstock.com

Sadar atau tidak biasanya ketika membersihkan rumah, kebanyakan orang hanya fokus ke lantai atau bagian bawah. Area sekitar dinding dan atasnya luput dari perhatian. Seperti halnya gorden yang kerap terlewatkan. Tak menutup kemungkinan loh gorden juga jadi tempat menumpuknya debu yang bisa mengganggu pernapasan.

Sebaiknya tirai wajib dicuci paling tidak tiga bulan sekali. Pemilihan jenis gorden juga membantu kita untuk membersihkannya. Gorden berbahan katun bisa dicuci dengan mesin cuci. Namun, bahan sutra, linen, atau bahan sintetis lainnya sebaiknya dicuci dengan metode dry cleaning di penatu. Selain itu agar praktis secara berkala kamu juga bisa menyemprotnya dengan cairan desinfektan spray seperti Dettol All-In-One Spray. Hal ini agar kamu aman dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

4. Sofa dan kursi.

detool2 istimewa

foto: shutterstock.com

Ruang tamu sebagai tempat jamuan para tamu sangat mungkin dikuasai patogen penyebab berbagai penyakit. Meskipun terlihat selalu bersih, banyak orang tak menyadari kuman berkumpul di sofa, kursi hingga karpet. Belum lagi, furniture ini mudah ditumbuhi jamur karena jarang dijemur di bawah matahari, sehingga mudah lembap.

Padahal organisme, seperti E.coli, salmonella dan MRSA, bisa tumbuh makmur pada serat kain. Parahnya setiap kali duduk di sofa ataupun menginjak karpet, kamu bisa menyebarkan kuman itu ke berbagai permukaan di rumah. Padahal kuman yang kecil ini tergolong sulit dibersihkan jika sudah menempel.

Tentu hal ini jadi ancaman serius. Tidak ada cara lain untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman kecuali dengan membersihkannya. Lakukan pembersihan rutin dan optimal. Jika perlu, gunakan selalu semprotan disinfektan agar higienis.

detool2 istimewa

foto: Dettol Indonesia

Supaya makin praktis, gunakan disinfektan All-in-One yang dapat dipakai di berbagai macam permukaan. Seperti halnya Dettol All-In-One Spray yang bisa membantu menjaga dirimu dan keluarga tetap higienis serta membunuh berbagai kuman. Tak perlu khawatir bau yang menyengat, karena disinfektan ini memiliki aroma wangi dan segar sepanjang hari. Apalagi hanya sekali spray bisa bikin kuman mati.

Dettol Disinfectant Spray membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit di berbagai permukaan. Spray serbaguna ini dapat digunakan pada permukaan keras maupun lunak. Dari mulai permukaan alat dapur, kamar mandi, mainan anak, sajadah, sofa, hingga jok mobil bisa dijadikan higienis dengan disinfektan Dettol All-In-One Spray. Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai Dettol All-In-One Spray, kamu bisa klik di sini.

5. Kotak makeup/tempat penyimpanan makeup.

detool2 istimewa

foto: shutterstock.com

Kamu hobi makeup? Nah, kapan terakhir kamu membersih kotak makeup dan menyortir makeup yang sudah lama? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik maupun alatnya yang baru meskipun koleksi lama masih banyak. Akibat terlalu lama tak dipakai, kosmetik jadi menumpuk dan kadaluarsa di kotak makeup.

Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, loh. Tak hanya itu, alat makeup yang jarang dibersihkan akan meninggalkan residu dari produk dan bakteri, belum lagi sel kulit mati yang mungkin menempel.

Nah akibatnya, kotak makeup jadi tempat berkembang biak paling sempurna bagi sejumlah bakteri. Sebaiknya kamu membersihkannya menggunakan sterilizer dan juga disinfektan spray.

6. Meja dapur.

detool2 istimewa

Foto: Shutterstock.com

Meja dapur jadi salah satu tempat yang kerap digunakan, baik untuk menaruh belanjaan, menyiapkan keperluan memasak, bahkan jadi tempat berkumpul bagi sebagian keluarga. Sadar atau tidak, permukaan meja dapur bisa jadi sumber penularan penyakit loh. Pasalnya meja dapur biasanya terkontaminasi berbagai zat seperti air, sisa makanan, minyak, dan sejenisnya.

Bila tak dibersihkan dengan baik dan secara berkala, meja dapur dapat menjadi sarang berbagai jenis kuman dan bakteri penyebab penyakit. Cara terbaik menghindari kuman dari meja dapur adalah dengan tidak meletakkan apapun selain makanan di atasnya. Lap dengan cairan disinfektan spray setelah selesai mempersiapkan makanan dan keringkan hingga tuntas agar kuman penyakit cepat mati.