Brilio.net - Penyakit hepatitis merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang dapat mengancam kesehatan utama di dunia. Di mana penyakit ini menyerang bagian hati seseorang. Ada 5 jenis virus hepatitis: A, B, C, D, dan E. Karakteristik dari masing-masing jenis ini berbeda, maka dari itu gejala dan pengobatannya juga beragam.

Banyak yang bertanya jika seseorang sudah pernah mengalami penyakit ini, apakah dikemudian hari penyakit ini bisa menyerang kembali? Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Jumat (5/7), Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, Wiendra Waworuntu mengatakan hal tersebut tergantung individu masing-masing.

"Tergantung individunya. Kalau dia punya daya tahan tubuh baik ya enggak kena lagi. Virus hepatitis A kan masuk juga karena daya tahan tubuh seseorang sedang lemah. Ditambah perilaku hidup yang tidak sehat, misalnya, enggak cuci tangan setelah buang air," ujar Wiendra.

Agar seseorang terhindar dari penyakit hepatitis A, Wiendra menyarankan agar seseorang untuk selalu disiplin menjaga perilaku hidup sehat.

"Yang penting jaga perilaku hidup sehat. Cuci tangan pakai sabun setelah buang air (besar maupun kecil). Virus bisa juga menyebar lewat air yang terkontaminasi, jadi masak air (minum) sampai mendidih," sarannya.

Loading...

Tak hanya itu saja, ia juga menyarankan agar seseorang selalu mencuci tangan sebelum mengolah dan menghidangkan makanan serta setelah mengganti popok bayi dan sebelum menyusui. Gunakan air bersih untuk kebutuhan minum sehari-hari.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugihantono menambahkan, seseorang yang mengalami gejala hepatitis A perlu istirahat yang cukup agar bisa kembali pulih.

RECOMMENDED BY EDITOR