Brilio.net - Selama ini banyak masyarakat beranggapan bahwa penyakit demam tifoid atau yang biasa disebut tifus (tipes) disebabkan karena faktor kelelahan. Beban kerja berlebih ditambah durasi istirahat yang minim dianggap sebagai biang keladi seseorang menderita tipes.  

Anggapan tersebut salah kaprah. Karena sebenarnya yang membuat seseorang terkena tipes atau tifoid, adalah mengonsumsi makanan yang kurang bersih sehingga menyebabkan saluran pencernaan atau ususnya terinfeksi atau terkena bakteri salmonella typhi, penyebab demam tifoid.

Penyebab Tipes © 2022 brilio.net primeplusmed.com

“Bakteri ini juga bisa menempel di tangan, atau peralatan makanan seperti sendok, piring dan lain lain. Tangan dan peralatan makanan yang kurang bersih, bisa menjadi penyebab penularan tipes,” ujar dr Vina di acara Santap Aman yang digelar adakan akun Instagram @kenapaharusvaksin (Sanofi Indonesia), bersama Chef William Gozali belum lama ini.

Meski begitu, ia menjelaskan jika daya tahan tubuh yang turun akibat beban kerja yang berlebih serta istirahat yang kurang, turut andil dalam penularan penyakit tipes.

“Kelelahan akibat bekerja dan kurang istirahat, membuat daya tahan tubuh kita menurun. Sehingga saat kita mengonsumsi makanan yang kurang bersih atau tangan kita tidak higienis, menyebabkan terjangkit penyakit tipes,” ujarnya.

Dapat menular lho

Penyebab Tipes © 2022 brilio.net thehealthsite.com

Bakteri penyebab tipes juga bisa menyebar dan menjangkiti seseorang kala berjabat tangan dengan orang lain. Penularan penyakit juga dapat terjadi saat berbagi makanan, atau apabila orang tersebut menyentuh makanan yang akan dimakan bersama tanpa membersihkan tangannya terlebih dahulu.

Mengonsumsi makanan atau air yang kurang matang, pun bisa meningkatkan risiko tertular bakteri salmonella typhi. Karena makanan atau air yang dimasak kurang matang, tidak cukup untuk membunuh bakteri yang ada di makanan dan air tersebut.

“Penyimpanan makanan yang tidak higienis, turut menjadi faktor penularan demam tifoid. Tidak semua makanan disarankan disimpan di suhu kamar, misalnya seperti daging. Jika dibiarkan terlalu lama di suhu kamar, bakteri bisa berkembang biak dengan cepat. Selain itu, mencampur bahan makanan daging dan sayur di dalam lemari pendingin juga bisa meningkatkan penularan bakteri,” jelas Vina.

Sebaiknya jangan jajan sembarangan deh

Penyebab Tipes © 2022 brilio.net @kenapaharusvaksin

Sementara, chef sekaligus culinary content creator William Gozali (Willgoz) mengimbau agar masyarakat tidak jajan sembarangan. Agar terhindar dari tifoid, Wilgoz menyarankan masyarakat benar-benar memastikan steril tidaknya makanan yang hendak dikonsumsi. “Jadi solusi terbaik nggak jajan sembarangan. Kalau tetap mau jajan, dipilah-pilah yang paling higienis,” katanya.

Selain menjaga kebersihan asupan yang dikonsumsi dan menjaga daya tahan tubuh, vaksinasi juga bisa mencegah tipes. Vaksin bisa diberikan kepada anak sejak dini, dan dilaksanakan secara berkala. Secara medis, upaya ini dinilai ampuh menghadang penularan penyakit demam tifoid.