Brilio.net - Media sosial memang diciptakan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya sulit dijangkau. Banyak orang yang merasa bahagia dengan kehidupan di dunia mayanya, tapi berbanding terbalik dengan kehidupan nyata, justru mereka merasa kesepian. Siapa sangka, ternyata seseorang yang merasa kesepian bisa memengaruhi kondisi demam dan flu, lho.

Dilansir brilio.net dari TimesofIndia, Selasa (11/4), para peneliti dari Rice University mempelajari sekitar 159 orang berusia 18-55 tahun hampir 60% dari mereka pria. Peserta dinilai mengenai kesehatan psikologis dan fisik mereka saat diberikan obat tetes hidung dan dikarantina selama lima hari.

Peneliti mengategorikan berdasarkan demografi, jenis kelamin, dan usia. Hasilnya menunjukkan, mereka yang merasa kesepian cenderung lama untuk sembuh dari penyakit demam atau flu yang seseorang derita dibandingkan mereka yang tidak merasa kesepian.

Ternyata, interaksi di media sosial tidak memengaruhi kesembuhan sakit demam. Menurut Angie LeRoy dari Rice University, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa faktor-faktor psikososial yang berbeda seperti merasa ditolak, ditinggalkan, atau tidak memiliki ikatan sosial yang kuat, membuat orang merasa lebih buruk secara fisik, mental dan emosional.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Kamu dapat berada dalam ruangan yang penuh sesak dan merasa persepsi kesepian. Ini bisa berdampak pada kita yang mengalami demam dan pilek," kata LeRoy.

Bahkan, efeknya mungkin sama seperti stres. Kapan saja kamu memiliki penyakit, itu adalah stressor yang membuat penyakit kamu tidak kunjung sembuh.

RECOMMENDED BY EDITOR