Brilio.net - Benda asing yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal yang sangat mengganggu. Walaupun terlihat sederhana, benda-benda tersebut bisa memengaruhi aktivitas kita sehari-hari. Bagian-bagian tubuh yang sering dimasuki benda asing seperti mata. Pancaindra kelilipan. Selain itu, hidung yang mengakibatkan bersin dan tenggorokan gatal juga termasuk di dalamnya.
 
Kadang kita kebingungan untuk mengatasi permasalahan saat ada benda asing masuk ke tubuh. Kesulitan tersebut diakibatkan oleh ukuran benda yang terlalu kecil, atau bagian tubuh yang sulit untuk dijangkau dari luar. Jika asal mengatasinya, bisa-bisa bagian tubuh semakin parah. Nah kali ini brilio.net coba memberikan tips dan trik mengatasi benda asing masuk ke tubuh.

Pertolongan pertama saat mengalami benda asing masuk perlu diketahui banyak orang. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa, (16/4).
 
1. Cara mengatasi mata kelilipan.

 pertolongan pertama kemasukan benda asing © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Kelilipan sering dialami orang, tak jarang aktivitas bisa terganggu karena benda asing masuk. Mengatasi kelilipan bisa dengan mengguyur mata dengan air bersih secara berulang. Alangkah lebih baik jika menggunakan air matang. Cara lain bisa digunakan dengan cara mengusap mata dengan kapas basah. Hati-hati dengan kelilipan terhadap benda bertekstur tajam. Jika asal mengatasi, bisa berpotensi melukai mata.
 
2. Cara mengambil benda asing seperti serangga hingga biji-bijian masuk ke telinga.

 pertolongan pertama kemasukan benda asing © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Selain mata, bagian telinga juga sering kemasukan benda asing. Nggak cuma benda mati, makhluk hidup seperti serangga kerap masuk ke telinga. Jika mendapati kejadian tersebut, coba teteskan baby oil ke telinga. Cairan lain yang dapat digunakan adalah minyak zaitun.

Apabila serangga tak kunjung dapat diambil, pakailah alkohol kadar 70 persen. Namun, jika biji-bijian yang masuk ke telinga sebaiknya jangan masukan cairan. Mengatasi hal ini cukup dengan mengorek kuping dengan cotton buds. Selain itu, kamu juga bisa memiringkan kepala ke bagian yang terkena benda asing ke arah bawah, tepuk dari atas. Jika belum juga teratasi, segera bawa ke dokter ya.
 
3. Pertolongan pertama pada kemasukan benda asing di tenggorokan.

 pertolongan pertama kemasukan benda asing © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Bila benda masuk ke dalam tenggorokan orang dewasa, cara pertama adalah posisikan badan dalam posisi duduk. Tepuk tengkuk punggung dengan keras. Apabila penderita adalah anak kecil, jungkirkan bagian kepala ke bawah, tepuk punggung. Benda yang tersangkut di tenggorokan akan terlempar keluar.
 
4. Cara mengatasi benda asing masuk ke kulit.

 pertolongan pertama kemasukan benda asing © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Bila benda masuk ke bagian kaki, maka istirahatkan kaki. Gerakan kaki dapat membuat benda semakin masuk ke dalam. Namun bila benda masuk ke bagian tangan, kita dapat menggunakan alat seperti gunting, pisau, peniti atau jarum. Pastikan benda-benda tersebut tidak dalam kondisi berkarat. Sebelum melakukan penyelamatan, oleskan alkohol pada bagian yang terkena luka.

5. Mengatasi hidung tersumbat benda asing.

 pertolongan pertama kemasukan benda asing © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Jika hidung dimasuki benda seperti biji-bijian atau semacamnya, sebaiknya kamu ke dokter. Namun bila ingin mengatasinya sendiri, coba menekan bagian hidung yang tidak terkena benda asing. Tarik napas dalam secara perlahan, keluarkan dengan kencang.