Brilio.net - Penyakit jantung adalah penyebab kematian yang patut diperhatikan. Penyakit ini dipicu oleh beberapa penyebab antara lain kebiasaan konsumsi tembakau, alkohol, atau diet tidak sehat. Namun ada satu penyebab lagi yang tak disangka sama bahayanya dengan beberapa pemicu tersebut di atas, yaitu terlalu banyak duduk alias kurang aktifitas fisik. Hal ini disampaikan oleh kardiolog yang bekerja di Gleneagles Global Hospitals, Bangalore, India, Yogesh Kothari.

Seperti dikutip dari International Business times, Rabu (4/10), Kothari menuturkan bahwa umumnya penyakit jantung yang diidap para pasiennya dewasa ini adalah Ischemic Heart Disease (IHD). Gejala ini berupa penyumbatan pada pembuluh darah akibat endapan kolesterol dan bahan kompleks lainnya. Pembuluh darah menjadi sempit sehingga suplai darah ke organ vital seperti jantung, otak dan anggota badan terhambat. IHD dipicu oleh gaya hidup yang minim gerakan fisik. Gaya hidup urban juga menyumbang peran besar dalam hal ini.

Penyebab Penyakit Jantung  © 2017 netdoctor.co.uk

"Untuk kepentingan generasi kini dan mendatang, kita perlu lebih aktif secara fisik, makan sehat dan lebih bergizi, serta meminimalkan stres. (Terlalu banyak) duduk adalah gaya merokok baru dan kita perlu aktif bergerak," terang kothari

"Satu dari dua orang dewasa juga menderita diabetes, hipertensi, obesitas, sindrom metabolik, penyakit jantung atau kombinasi keduanya. Sumber daya kesehatan kita juga sangat kewalahan dalam upaya mengatasi masalah ini," pungkasnya.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR