Brilio.net - Mengalami stres karena adanya tekanan hidup tentu dialami setiap orang. Namun tingkat stres pada satu orang dengan orang lain berbeda. Stres bukan perkara sederhana untuk mengatasinya, namun juga tak bisa didiamkan begitu saja. Pasalnya, jika stres tak teratasi, maka sejumlah masalah lain akan muncul, seperti gangguan kesehatan mental dan fisik.

Biasanya, ketika seseorang mengalami stres, yang dilakukan adalah mengonsumsi obat-obatan untuk meredakannya. Dilansir dari verywellmind.com, seperti beberapa masalah medis lainnya, sebenarnya tidak ada obat yang dirancang khusus untuk menghilangkan stres, hanya saja efek dari obat tersebut menenangkan sesaat. Jika dikonsumsi terus-menerus, maka akan membahayakan kesehatan tubuh.

Cara paling aman untuk mengatasi stres adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika kamu terus mengonsumsinya, tidak ada efek samping yang membahayakan tubuh.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi stres yang aman, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/1).

1. Rhodiola.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

Loading...

foto: healthline.com

Rhodiola merupakan ramuan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Rusia dan beberapa negara Eropa. Rhodiola dapat membantu melawan kelelahan pada orang-orang yang mengalami stres kronis.

Dilansir dari verywellmind.com, dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada tahun 2009, para peneliti menemukan bahwa asupan rutin rhodiola mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja mental pada orang yang kerap mengalami kelelahan karena stres.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 peserta yang mengonsumsi suplemen rhodiola selama 28 hari, mengalami peningkatan konsentrasi yang lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi pil plasebo (jenis pil yang tidak mengandung zat dan sedang dipelajari manfaatnya) untuk jangka waktu yang sama.

2. Ashwagandha.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam Ayurveda (pengobatan tradisional India), ramuan ini telah lama direkomendasikan karena efeknya yang menyegarkan dan memberikan tambahan energi.

Menurut verywellmind.com, penelitian telah menunjukkan bahwa ashwagandha menawarkan manfaat adaptogenik yang signifikan dan efek melawan stres. Satu studi menemukan bahwa ekstrak akar Ashwagandha secara efektif meningkatkan ketahanan terhadap stres dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

3. Ginseng.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Panax ginseng (juga dikenal sebagai ginseng Korea, Asia, atau Cina) dianggap salah satu bahan alami yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, karena sifat anti-stresnya.

Dilansir dari verywellmind.com, penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu menstabilkan respons sistem saraf dan meningkatkan kognisi orang-orang yang terpapar stres tingkat tinggi.

Menghilangkan stres dengan berolahraga.

Selain cara di atas, ada beberapa cara alami lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres, yakni dengan berolahraga. Olahraga memang memberikan manfaat yang begitu besar untuk tubuh, selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga bisa menyegarkan pikiran.

Berikut beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres.

1. Senam.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Senam bisa menjadi pilihan tepat karena diiringi dengan musik yang penuh semangat sehingga membuat kamu menjadi jauh lebih baik. Cobalah untuk mengikuti kelas senam, misalnya senam body language, zumba, ataupun aerobik.

2. Berenang.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Berenang juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Rasa penat karena aktivitas seharian membuat kamu menjadi stres. Dengan berenang, kamu akan menjadi lebih segar. Berenang sangat dianjurkan bagi kamu yang mengalami stres berat.

3. Bersepeda.

Obat hilangkan stress secara alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bersepeda akan mengeluarkan hormon yang disebut endorphin. Hormon tersebut dapat memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Tak hanya itu saja, bersepeda juga akan membuat pikiran jauh lebih tenang.

RECOMMENDED BY EDITOR