Brilio.net - Selama ini banyak orang berusaha mencari berbagai suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan yang sering dianggap menjijikan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan secara umum. Tak jarang kebiasaan jorok yang kita lakukan juga dianggap tidak sopan karena mengganggu kenyamanan orang lain.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas akan melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit, seperti virus dan bakteri. Sistem ini terdiri dari sel, jaringan dan organ-organ tubuh yang bekerja sama. Jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja secara optimal, tubuh pun mudah terserang penyakit.

Berikut delapan kebiasaan jorok yang baik untuk kesahatan dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dikutip dari brightside.me, Selasa (24/9).

1. Menggigit kuku.

kebiasaan jorok istimewa

Loading...

foto: brightside.me

Ketika kamu menggigit kuku, secara tidak langsung kamu mengkonsumsi bakteri yang ada di bawah kuku. Tapi jagan khawatir, hal ini akan membuat sistem imun tubuhmu meningkat. Tubuh akan memproduksi sel darah putih untuk membasmi bakteri itu. Dan tak kalah penting, tubuh kamu akan menghafalkan bakteri itu sendiri. Dan saat bakteri itu masuk kembali, tubuh kamu akan memiliki limfosit yang mampu mengalahkannya.

2. Makan upil.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Mengupil kemudian memakanya? Mungkin terdengar sangat menjijikan. Namun, menurut beberapa penelitian, kebiasaan jorok satu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Upil mengandung mucita saliva yang dianggap mampu melawan bakteri di rongga mulut. Selain itu, produksi sel darah putih juga akan semakin banyak sehingga tubuh kebal terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit.

3. Jarang mandi.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Bagi sebagian orang, mandi adalah hal penting untuk membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh. Tapi tahukah kamu? Terlalu sering mandi setiap hari tidak begitu baik, terutama jika menggunakan air panas. Minyak alami yang diproduksi tubuh diperlukan untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan terlindungi. Bahkan mandi dengan air panas tanpa sabun pun dapat menghancurkan banyak bakteri berguna yang dibutuhkan kulit agar tetap bersinar dan elastis.

4. Bersendawa.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Bersendawa dianggap membuang udara yang tersimpan di dalam perut. Bersendawa sebenarnya baik untuk perut kamu, karena membantu membuang gas yang ada di dalam perut setelah makan. Jika ditahan, ini bisa memicu asam lambung ke tenggorokan yang mengakibatkan nyeri dada dan timbul perasan tidak nyaman.

5. Meludah.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Meludah sembarangan apalagi di tempat memang menjijikan. Akan tetapi kamu tidak boleh meludah, justru para ahli menyarankan kamu untuk meludah terutama saat berolahraga. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih mudah bernafas. Ketika kita berolahraga, kita cenderung bernafas melalui mulut dan ini menyebabkan produksi air liur meningkat. Karena itu, sangat normal untuk membuang lendir berlebihan yang diproduksi setelah berlari.

6. Berjalan tanpa alas kaki.

kebiasaan jorok istimewa

foto: pixabay

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki ternyata baik lho untuk kesahatan. Hal ini diungkapkan seorang spesialis kaki. Bertelanjang kaki bermanfaat untuk melatih otot-otot kaki, selain itu berjalan tanpa alas kaki juga dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi nyeri kaki.

7. Buang angin.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Buang angin atau kentut sering dianggap jorok. Padahal tubuh kita memang perlu mengeluarkan angin sebanyak 14 kali sehari. Ini disebabkan karena seluruh pencernaan mulai karbon dioksida selama 6 jam setelah makan. Buang angin dianggap penting untuk membuang zat-zat beracun dari dalam tubuh manusia.

8. Kencing sambil mandi di shower.

kebiasaan jorok istimewa

foto: brightside.me

Para peneliti menemukan bahwa hampir 75% orang sudah pernah kencing sambil mandi di shower minimal sekali dalam hidup mereka. Sebenarnya tindakan ini ada manfaatnya untuk kesehatan, karena asam amonia dalam urin dapat mencegah infeksi jamur di jari-jari kaki kamu.

reporter: mgg/gusti ridani

RECOMMENDED BY EDITOR