Brilio.net - Insomnia adalah istilah susah tidur yang bisa dialami siapa saja. Insomnia juga salah satu gejala kelainan tidur. Namun, nggak cuma insomnia saja lho yang menyebabkan kamu susah tidur. Nyatanya ada banyak hal yang bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Nah, berikut 6 masalah tidur lain dan cara mengatasinya dihimpun brilio.net dari brightside, Senin (6/3). Perhatikan demi kesehatanmu, lho.

1. Nyeri bahu

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Kegiatan berat seharian membuat kamu merasa nyeri di bahu. Akibatnya di malam hari kamu susah tidur dengan nyaman. Posisi terbaik saat mengalami nyeri bahu ialah telentang dengan satu bantal tipis di bawah kepala dan satu bantal lagi letakkan di perut untuk dipeluk. Posisi ini akan membuat bahu merasa lebih rileks dan stabil.

2. Sakit punggung

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Saat punggung terasa sakit jangan malah tidur dalam posisi tengkurap. Sebaiknya kamu tidur tetap dalam posisi terlentang. Namun tambahkan bantal di bawah lutut untuk membantu mengendorkan kurva tulang belakang yang tegang.

3. Leher pegal-pegal

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Jangan memiringkan kepala ke sisi leher yang tak sakit. Sebaiknya kamu tidur telentang dengan bantal yang tak terlalu tinggi. Agar lebih nyaman kamu juga bisa menambahkan bantal di bawah kedua lenganmu seperti pada gambar.

4. Sering terbangun tengah malam

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Tidur tak nyenyak dan sering terbangun juga nggak baik bagi kesehatan. Cobalah untuk memeriksa suhu ruanganmu. Aturlah suhu ruangan menjadi suhu ideal untuk tidur, yaitu sekitar 20-22 derajat Celcius.

5. Keram kaki

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Kejang mendadak atau keram kaki di malam hari juga sering terjadi, lho. Jika kamu mengalaminya cobalah untuk meregangkan kaki dan sambil pijit-pijit bagian kaki yang keram. Lakukan dalam kondisi badan terlentang jangan miring ke salah satu sisi.

6. Mulas

6 masalah tidur © 2017 brilio.net

Perut mulas karena diare atau PMS memang mengganggu tidur. Solusinya kamu bisa mencoba posisi tidur seperti huruf 'Z'ke sisi kiri. Posisi ini akan membantu meredakan mulas perut.