Brilio.net - Tahukah kamu kalau arang yang kita kenal selama ini tidak melulu terbuat dari kayu? Arang juga ternyata telah banyak diproduksi dari batok kelapa, manfaat serbuk gergaji, tanah humus atau terbuat dari tulang. Banyak ya? Dan ternyata arang pun tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar, ternyata arang ini bisa digunakan sebagai obat dan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya lho.

BACA JUGA MANFAAT 'SAKTI' ARANG: Nggak perlu produk mahal, arang juga bisa bikin bau di kulkas lenyap!

Selain untuk proses pembakaran ataupun sebagai bahan bakar, arang yang sudah diproduksi sebagai aktif karbon memiliki manfaat yang bisa kamu dapat, yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya.

Nah, berikut adalah manfaat arang batok kelapa yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (16/1). Cekidot!


1. Sebagai obat anti-bisa

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: jascharcoal.com

Manfaat arang batok kelapa yang sudah melewati proses pemanasan dengan gas sangat efektif digunakan sebagai penawar bisa. Bisa hewan seperti ular, laba-laba atau lebah bisa ditangani dengan menggunakan arang batok kelapa baik yang sudah berbentuk karbon aktif, namun dapat juga dengan menggunakan arang yang masih berbentuk arang biasa.


2. Sebagai anti racun

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: tanyahamdi.wordpress.com

Arang batok kelapa merupakan penyerap racun yang sangat efektif. Racun di dalam tubuh yang kamu dapat dari makanan bisa diserap dengan efektif dengan cara mengonsumsi arang ini. Tetapi akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan arang yang sudah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif jauh lebih aman karena sudah melewati proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman bagi tubuh kamu.


3. Untuk menurunkan kolesterol

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: arangbatok.org

Tidak semua kolesterol harus dihilangkan dari tubuhmu lho. Apalagi jika kolesterol tersebut merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat diperlukan oleh tubuh kamu. Tetapi harus dalam kadar yang normal dan tidak melebihi ambang batas normal. Untuk mengatasi kolesterol yang tinggi tersebut, karbon aktif bisa menjadi solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi tersebut.


4. Membersihkan sistem pencernaan

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: arangbatokkelapano1.blogspot.com

Ingin pencernaan bersih dan lancar? Manfaat arang batok kelapa bisa membantu kamu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang batok kelapa bisa digunakan dengan cara dikonsumsi dengan tujuan untuk detoksifikasi atau untuk mengeluarkan kotoran dan toksin yang terdapat di dalam organ-organ pencernaanmu.


5. Menjauhkan dari sakit perut

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: hariansehat.com

Karbon aktif dapat sangat berguna untuk mengobati sakit perut. Seperti yang sudah kamu ketahui, karbon aktif yang khususnya terbuat dari batok kelapa merupakan media detoks racun yang sangat efektif. Karbon aktif bisa juga digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif ini akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran maupun toksin pada usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.


6. Sebagai obat inflamasi

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: amazine.co

Selain untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, arang batok kelapa bisa berguna untuk meredakan peradangan. Karena racun, bakteri serta virus maupun penyebab lain dari inflamasi bisa diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa.


7. Menyembuhkan luka

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa
foto: youtube.com


Selain mengobati peradangan, luka yang sudah bernanah sekalipun bisa diatasi dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yakni dengan menempelkan karbon aktif tersebut pada luka.


8. Untuk menghentikan diare

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: moko31.wordpress.com

Karbon aktif yang berasal dari arang batok kelapa bisa juga digunakan untuk menghentikan diare. Seperti sudah dijelaskan, manfaat arang batok kelapa khususnya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa membantu mengeluarkan racun penyebab diare dan menyembuhkan diare.


9. Mencegah mabuk

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: arangbatokkelapano1.blogspot.com
 
Arang batok kelapa khususnya yang sudah berbentuk karbon aktif bisa digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan. Dan memang sangat dianjurkan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi minum-minuman beralkohol.


10. Menjernihkan dan memurnikan air

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: yukez.wordpress.com

Karbon aktif yang terbuat dari arang batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang terbawa di dalam air. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk memurnikan air minum dan bisa kamu konsumsi setiap harinya.


11. Untuk mempercantik kulit

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: tampilcantik2014.blogspot.com550

Karbon aktif bisa digunakan untuk mempercantik kulit yakni digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan secara efektif mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit serta mengangkat kulit-kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah, putih dan cantik.


12. Untuk menghilangkan berbagai penyebab penyakit

Nggak cuma buat sate aja, ini 12 manfaat lain arang batok kelapa foto: nicofilter.co.id

Adanya toksin di dalam butuh bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh toksin ini di antaranya sakit liver hingga gagal ginjal. Bahkan toksin yang menumpuk di dalam tubuh juga bisa menyebabkan depresi. Mendetoks tubuh dari toksin bisa meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit yang tergolong berat tersebut.