Brilio.net - Setiap perempuan tentu memiliki fase menstruasi yang berbeda. Ada yang teratur setiap bulannya, ada juga yang dua sampai tiga bulan baru memasuki masa menstruasi. Fase menstruasi tidak teratur seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena stres, penggunaan alat kontrasepsi, atau bahkan kegemukan.

Banyak perempuan yang merasa takut ketika mengalami fase menstruasi tidak teratur, sebab berpengaruh kepada kesuburan mereka dan dianggap bisa memengaruhi masalah kehamilan.

Dokter Kandungan dr Boy Abidin mengatakan kalau tingkat kesuburan setiap pasangan memang sangat memengaruhi proses pembuahan. Ia mengimbau kepada semua perempuan yang ingin segera dikaruniai buah hati namun memiliki masalah haid tidak teratur, sebaiknya harus 'rajin' melakukan hubungan intim dengan pasangan.

"Jangan hubungan intim saat masa subur saja, lakukan teratur dua sampai tiga hari sekali dan pastikan juga kalau sperma dan sel terus bagus," ujarnya saat ditemui media dalam acara 'Sensitif Journey with Ovutest' di Jakarta belum lama ini.

Ia mengibaratkan bagaimana sel telur harus lebih 'sering disiram' agar memperkuat kemungkinan proses pembuahan. "Karena kalau tidak begitu, kemungkinan keberhasilan pembuahan akan lebih kecil," tutupnya.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR