Brilio.net - Seorang wanita yang memasuki usia reproduksi aktif akan mendapat menstruasi rutin setiap bulan. Meski jadi 'tamu' bulanan, sayangnya masih banyak wanita kurang peduli dengan kebersihan diri saat menstruasi.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017, perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan saat menstruasi masih buruk, yaitu 63.9%. Penyebabnya tidak lain karena kurang pengetahuan dan informasi tentang personal hygiene saat menstruasi.

Padahal, menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting diketahui semua wanita, namun sering kali justru terlupakan. Mayoritas wanita di Indonesia mengetahui tentang serba-serbi menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama.

Kurangnya pengetahuan dan informasi para remaja putri maupun wanita Indonesia tentang personal hygiene bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan jangka panjang pada bagian area kewanitaan. Perlu adanya pemberian informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan diri terutama saat menstruasi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk itu, Softex berinisiasi untuk meningkatkan kesadaran seluruh wanita di Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan menstruasi. Inisiasi pionir pembalut pertama di Indonesia ini dilakukan untuk merayakan Menstrual Hygiene Day yang jatuh pada 28 Mei 2021.

"Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik. Hal ini yang mendorong Softex untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan menstruasi melalui Menstrual Hygiene Day," ungkap Elizabeth Kurniadi selaku Brand Manager Softex.

Menstrual Hygiene Day adalah acara internasional yang diperingati pada 28 Mei sejak 2014. Pertama kali diinisiasikan oleh lembaga non-profit asal Jerman bernama WASH, dengan tujuan meningkatkan kesadaran wanita di seluruh dunia untuk menjaga kebersihan selama menstruasi.

Turut merayakan Menstrual Hygiene Day 2021, Softex Indonesia juga sekaligus melanjutkan misi edukasi bagi wanita Indonesia dengan mengadakan kegiatan mengunjungi Lapas Wanita dan Panti Asuhan yang dilaksanakan pada 20-21 Mei 2021 lalu.

Kunjungan ke Lapas Wanita Klas II A di Tangerang bertujuan untuk memberikan donasi kebutuhan menstruasi sekaligus edukasi tentang kebersihan area kewanitaan saat menstruasi. Selain itu, kunjungan juga dilakukan ke Panti Asuhan Putra Utama 1, Duren Sawit, Jakarta Timur dan Panti Asuhan Katolik Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Cibubur, Jakarta Timur.

Menstrual Hygiene Day Softex © 2021 Softex Indonesia

foto: Softex Indonesia - Softex sebagai pionir pembalut pertama di Indonesia, berinisiasi untuk meningkatkan kesadaran seluruh wanita di Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan menstruasi dalam rangka memperingati Menstrual Hygiene Day pada tanggal 28 Mei 2021.

Berbeda dengan kunjungan di Lapas wanita, saat berada di panti asuhan Softex menggelar kegiatan Healthy Talkshow dengan menghadirkan dokter spesialis Obgyn, dr. Bram Pradipta SPOG sebagai narasumber. Tidak hanya talkshow seru membahas kebersihan menstruasi, Softex juga memberi donasi kepada panti asuhan yang dikunjungi.

Menstrual Hygiene Day Softex © 2021 Softex Indonesia

foto: Softex Indonesia - Softex sebagai pionir pembalut pertama di Indonesia, berinisiasi untuk meningkatkan kesadaran seluruh wanita di Indonesia tentang pentingnya menjaga kebersihan menstruasi dalam rangka memperingati Menstrual Hygiene Day pada tanggal 28 Mei 2021.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Bram Pradipta, SPOG mengatakan, menjaga kebersihan area kewanitaan harus jadi hal penting yang selalu diperhatikan. Menerapkan pola hidup bersih selama masa menstruasi jadi salah satu upaya yang bisa dilakukan.

"Perlu adanya penanganan, pemilihan dan penggunaan produk yang tepat guna menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan area kewanitaan," tutur dr. Bram Pradipta, SPOG.

Menstrual Hygiene Day Softex © 2021 Softex Indonesia

foto: Softex Indonesia - dr. Bram Pradipta, SPOG sebagai narasumber dalam kegiatan Healthy Talkshow yang digelar di Panti Asuhan Putra Utama 1, Duren Sawit, Jakarta Timur dan Panti Asuhan Katolik Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri, Cibubur, Jakarta Timur sedang memberikan edukasi mengenai kebersihan menstruasi.

Besar harapan, kunjungan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran wanita Indonesia akan pentingnya kebersihan diri selama masa menstruasi.

"Kami berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat mengedukasi serta memberikan informasi bermanfaat kepada para wanita yang berada di Lapas Wanita maupun remaja putri di Panti Asuhan untuk selalu ingat dan menjaga kebersihan area kewanitaan terutama pada masa menstruasi," tutup Elizabeth Kurniadi.

Sebagai anggota baru keluarga Kimberly-Clark setelah akuisisi, PT Softex Indonesia memiliki misi untuk mengatasi tantangan sosial dan lingkungan pada tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan 1 miliar jiwa pada komunitas yang kurang mampu di seluruh dunia tanpa mengeluarkan jejak lingkungan. Sampai jumpa di Menstrual Hygiene Day tahun depan!

RECOMMENDED BY EDITOR