Brilio.net - Pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan cukup mengkhawatirkan. Hampitr setiap hari masyarakat menyaksikan bagiamana ketersediaan tempat tidur di rumah sakit selalu penuh. Satu-persatu kerabat atau keluarga dinyatakan positif.

Mengatasi kondisi ini, pemerintah pun terpaksa memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), khususnya di Jawa-Bali. Saat ini sering kita mendengar kampanye pencegahan yang dilakukan pemerintah, Iman, Aman, dan Imun.     

Iman yang dimaksud adalah beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar senantiasa selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari penyakit. Sedangkan Aman ialah menjaga diri dengan cara patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas.

Suplemen herbal © 2021 brilio.net Sambiloto (perkebunan.litbang.pertanian.go.id)

Upaya pencegahan yang ketiga adalah menjaga Imun. Karena bila imun tubuh prima, virus atau sumber penyakit tidak akan mudah menginfeksi. Menjaga imun tubuh dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, olahraga rutin, menghindari stres berlebihan, asupan makanan yang sehat serta mengonsumsi suplemen.

Nah berbicara memilih suplemen selama pandemi, jenis berbahan herbal dapat menjadi pilihan untuk menjaga imun tubuh. Salah satu suplemen yang mulai viral belakangan ini adalah Herbamuno+ dari Mustika Ratu. Suplemen ini diformulasikan dari resep turun temurun milik empu jamu DR BRA Mooryati Soedibyo yang sudah terbukti khasiat dan kegunaanya, tersertifikasi halal oleh MUI dan telah mendapatkan izin edar dari BPOM.

Suplemen herbal © 2021 brilio.net Instagram @mustikaratujamu

Suplemen ini mengandung kombinasi lima herbal  yang diracik optimal sehingga memberikan mafaat membantu menjaga daya tahan tubuh, meredakan gejala masuk angin seperti meriang, pusing, perut kembung, dan meredakan batuk.

Kelima bahan herbal tersebut adalah sambiloto. Herbal yang dikenal dengan rasa pahitnya ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di antaranya berfungsi sebagai antivirus, antiradang atau antinyeri dan penurun demam. Sambiloto bahkan digunakan untuk pengobatan Covid-19 oleh pemerintah Thailand.

Lalu ada juga akar manis, tumbuhan yang berfungsi sebagai antivirus, antiradang dan antinyeri yang berfungsi dapat meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak napas. Kemudian meniran atau phyllanthus niruri yang merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan tumbuh liar di Indonesia. Meniran ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat karena berkhasiat sebagai immunomodulator dan hepatoprotektor.

Bahan herbal lainnya adalah jahe emprit yang berkhasiat untuk mengatasi mual, muntah, sebagai immunomodulator dan gastroprotektor. Bahan herbal kelima dalah jambu mete sebagai antinyeri, meredakan diare, dan melegakan pernapasan (bronkodilator).

Suplemen herbal © 2021 brilio.net Dok Mustika Ratu

Tak heran jika suplemen ini menjadi salah satu dari 14 obat herbal yang sedang mendapat pendampingan BPOM untuk adjuvan pengobatan Covid dan sedang persiapan uji klinis di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.

Herbamuno+ juga diserahkan kepada para tenaga medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Haji sebagai dukungan untuk menjaga imun tubuh tetap prima selama merawat pasien. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya peran tenaga medis untuk tetap memberikan perawatan dan pelayanan secara maksimal  kepada masyarakat yang terpapar Covid-19.

Nah Herbamuno+ ini mudah didapatkan di Alfamart dan Indomaret serta di online shop Tokopedia, Shopee, Hallodoc dan Grab Health.