Brilio.net - Rasa pegal tak terelakkan ketika duduk berjam-jam di mobil atau kereta dalam perjalanan menuju kampung halaman ketika mudik.

Agung Hercules yang pernah jadi binaragawan juga mengalami hal yang serupa saat mudik. Artis bernama asli Agung Santoso berbagi tips agar tetap nyaman meski dihadang kemacetan sepanjang jalan saat mudik.

"Saat mudik dan duduk untuk waktu yang lama dalam kendaraan, sebaiknya setiap dua jam sekali kita menggerakkan badan untuk melemaskan otot, melancarkan sirkulasi darah dan kembali lebih segar," kata Agung dikutip Antara.

Menurut Agung, ada dua jenis gerakan peregangan, yaitu preventif dan kuratif. Gerakan preventif dilakukan sebelum rasa pegal terjadi, sementara gerakan kuratif dilakukan setelah terjadinya rasa pegal.

Setelah melakukan gerakan, lanjut Agung biasanya menempelkan koyo yang bisa membantu memperlancar aliran darah dan memberikan rasa hangat di sekitar otot yang pegal. Koyo dapat ditempel di leher, punggung dan pinggang.

"Koyo bermanfaat menjaga otot tetap lemas selama beberapa jam hingga waktunya untuk kembali menggerakkan badan," pungkas dia.