Brilio.net - Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging berwarna putih dan bercita rasa manis sedikit asam. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan cukup dikenal di Indonesia dengan sebutan nangka Belanda atau durian Belanda. Umumnya buah ini diolah menjadi beragam makanan seperti dodol, permen, selai maupun diolah menjadi minuman jus yang begitu menyegarkan.

Sayangnya masih banyak orang yang enggan untuk membuat jus sirsak karena memiliki banyak biji sehingga sedikit repot untuk memisahkannya. Padahal buah ini banyak mengandung serat, karbohidrat, vitamin C, B dan banyak lainnya. Buah sirsak juga tidak mengandung banyak kalori.

Selain buahnya mengandung banyak nutrisi, ternyata daunnya pun memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti kolesterol, kista ovarium, diabetes, asam urat, bahkan kanker.

Manfaat daun sirsak untuk kanker memang belum begitu terkenal, karena pada umumnya orang hanya mengetahui manfaat dari buahnya saja. Daun sirsak bekerja untuk mengobati hipoglikemia dan peradangan, serta memiliki sifat antispasmodik. Daun sirsak juga memiliki sifat antiinflamasi, antipiretik, antimikroba, antidiabetik, kardioprotektif, dan antiparasit.

Ekstrak sirsak, secara positif mempengaruhi sistem vital dalam tubuh. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan lebih efektif dari kemoterapi. Kandungan Acetogenin pada daun sirsak dapat mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Fungsi Acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Loading...

Nah, untuk tahu lebih lengkap, berikut brilio.net himpun dari berbagi sumber, Sabtu (16/11) mengenai manfaat daun sirsak untuk kanker beserta cara mengolahnya.

Manfaat daun sirsak untuk kanker.

Manfaat daun sirsak untuk kanker beserta cara mengolahnya freepik.com Instgram/@mellissa_morgan

foto: freepik.com

Pohon sirsak yang asli daerah tropis ini dimanfaatkan banyak orang. Daunnya dibuat minuman yang dipercaya mencegah dan menyembuhkan kanker. Penelitian juga telah membuktikan bahwa daun sirsak melawan kanker secara efektif. Penelitian itu menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksin dari daun sirsak terhadap berbagai jenis kanker. Misalnya, kanker payudara, usus besar, rahim, ovarium, mulut, darah, hati, hingga darah.

Kandungan Acetogenin di dalamnya bersifat antikanker yang dapat mengurangi keganasan dengan menginduksi (kematian sel), migrasi sel, penjalaran kanker (metastasis), pembelahan hingga membunuh sel kanker.

Nah, Acetogenin ini merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi pertumbuhan dan persebaran kanker. Dilansir dari healthline.com beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak pada sel leukimia, dapat mengurangi pertumbuhan dan sel kanker.

Cara mengolah daun sirsak.

Manfaat daun sirsak untuk kanker beserta cara mengolahnya freepik.com Instgram/@mellissa_morgan

foto: Instgram/@mellissa_morgan

Saat ini banyak obat yang tersedia di pasaran, bisa berupa kapsul maupun teh yang terbuat dari daun sirsak. Pengguanaan daun sirsak telah juga telah berabad-abad digunakan suku-suku asli hutan hujan Amerika. Mereka seringkali menggunakan campuran akar, kulit kayu, jus buah, dan minyak dari daun sirsak untuk membuat teh dan larutan. Teh daun sirsak digunakan sebagai penguat jantung, mood booster, hingga menyembuhkan batuk dan radang.

Sedangkan campuran yang dibuat dari daun sirsak diaplikasikan secara ekternal atau ditempelkan untuk menyembuhkan sakit radang. Nah, meskipun belum dipatenkan sebagai obat kanker, banyak pasien dan profesional kesehatan telah menyertakan daun sirsak sebagai suplemen dalam pengobatan kanker.

Berikut cara mengolah daun sirsak yang bisa kamu coba di rumah:

- Siapakan 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci.

- Rebus dengan 3 gelas air mineral.

- Tunggu hingga mendidih dan setidaknya 10 menit.

- Saring sebelum disajikan.

- Minumlah secara rutin, setiap pagi agar manfaat daun dapat cepat dirasakan.

Atau ntuk membuatnya terasa lebih enak, tambahkan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis, 2-3 daun mint dan sedikit madu jika kamu ingin rasanya manis. Belum ada dosis yang ditetapkan berapa banyak minum teh sirsak. Kamu dapat meminumnya dalam kondisi hangat maupun dingin.

RECOMMENDED BY EDITOR