Brilio.net - Diakui atau tidak, banyak orang yang sulit melepaskan diri dari ponsel pintar. Rasanya selalu ada yang kurang ketika tidak menyentuh gadget yang satu itu barang sebentar saja.

Saking tidak bisa lepasnya, sebagian orang itu bahkan membawa ponsel pintarnya ke kamar mandi. Akan tetapi, tahukah kamu? Membawa ponsel pintar ke mana-mana, terutama ketika tengah buang air besar (BAB), rupanya nggak baik untuk kesehatan lho.

Dilansir brilio.net dari Medical Daily, Kamis (26/9), dikatakan bahwa bermain smartphone saat buang air besar dapat meningkatkan risiko ambeien atau wasir.

ponsel sebabkan ambeien © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Loading...

Ambeien atau wasir itu sendiri merupakan kondisi di mana pembuluh darah yang berada di anus mengalami pembengkakan. Keadaan ini bisa muncul karena beragam faktor, salah satunya karena tekanan berlebihan pada pembuluh darah di anus.

Namun begitu, seorang ahli bedah usus dan kolorektal, dokter Karen Zaghiyan mengatakan bahwa bermain ponsel sesungguhnya bukan penyebab utama dari ambeien ini.

"Penyebab utamanya bukan karena memainkan ponsel saat buang air besar. Namun, memainkan ponsel akan membuat orang duduk lebih lama di toilet. Dan duduk di toilet dalam waktu yang lama itulah yang akan menyebabkan wasir," jelas Karen.

ponsel sebabkan ambeien © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com

Seperti yang telah diketahui, posisi ketika duduk atau jongkok dalam waktu lama di kloset meningkatkan tekanan pembuluh darah di anus pada rektum bagian bawah. Karena itulah, bermain ponsel terlalu lama hanya akan menimbulkan atau memperburuk ambeien yang kamu alami.

Guna menghindari risiko tersebut, Dokter Meheshinder Singh, konsultan bedah asal Malaysia pun menyarankan agar kita membawa benda apa pun ke dalam kamar mandi. Lebih-lebih jika benda tersebut malah mendorong kita untuk berlama-lama berada di kamar mandi ketika sedang buang air besar.

RECOMMENDED BY EDITOR