Brilio.net - Kamu sering merasa kurang tidur semalaman? Ternyata hal ini bisa bikin nafsu makanmu berlebihan keesokan harinya.

Seperti dilansir dari NYtimes, Rabu (9/11), menurut sebuah studi dari The European Journal of Clinical Nutrition yang meneliti 172 orang dengan menggunakan desain penelitian yang bervariasi namun dengan memberikan waktu tidur yang terbatas, sekitar empat jam.

Keesokan harinya, partisipan ditawarkan sarapan buffet dan peneliti pun melacak bagaimana jenis makanan dan juga kalori yang dikonsumsi oleh partisipan.

Peneliti menyimpulkan bahwa semakin terbatasnya waktu tidur, manusia akan mengonsumsi rata-rata 385 ekstra kalori keesokan harinya. Manusia juga bakalan makanan yang berlemak dan makanan kurang protein. Hal inilah yang bisa menjadi faktor adanya obesitas bagi orang yang kurang tidur.

Peneliti sadar bahwa penelitian tersebut masih terlalu kecil skalanya untuk bisa menjadi sebuah patokan karena sampel yang mereka pakai masih sedikit.

Loading...

Namun menurut salah seorang peneliti, Gerda K. Pot dari King's College di London mengatakan hal ini butuh penelitian lebih jauh, karena selama ini memang kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor obesitas.

kurang bobo © 2016 brilio.net

Beberapa akibat dari kurang tidur :

- Permasalahan berat badan

- Murung dan tidak bersemangat

- Masalah pada jantung

- Bahkan membuat tubuhmu rentan terkena penyakit.

Kalau kamu adalah salah seorang dengan 'sindrom' kurang tidur tersebut, coba untuk mendapatkan tidurmu yang berkualitas dengan melakukan beberapa cara seperti:

- Berolahraga

- Jadwalkan waktu tidur

- Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur

- Matikan komputer, laptop, handphone

- Pastikan lingkungan tidurmu nyaman agar kamu nggak sering tiba-tiba terjaga di tengah tidur nyenyakmu.

kurang bobo © 2016 brilio.net

Yang jelas coba sayangi dirimu dengan mulai mengenali kapasitas kamu deh. Kalau kamu bisa mendapat tidur yang berkualitas di malam hari, kamu bisa memulai hari esokmu dengan lebih segar dan ceria!

RECOMMENDED BY EDITOR