Brilio.net - Aktris Kesha Ratuliu mengejutkan publik lewat sebuah foto yang ia unggah dalam Insta Story di Instagram pribadinya. Perempuan yang semakin mantap untuk berhijab itu menunjukkan sebuah foto hasil USG. Sebuah lingkaran hitam terlihat dalam foto berwarna hitam putih tersebut.

Sebelum mendapat penjelasan dari Kesha, rupanya sudah banyak netizen yang membanjiri akun Instagram Kesha dengan berbagai pertanyaan mengenai foto tersebut. Perempuan kelahiran 1998 itu bahkan dituduh sudah hamil di luar nikah. Seperti diketahui publik, Kesha belum menjalani prosesi pernikahan dengan tunangannya.

Rumor tersebut beredar dengan cepat di dunia maya. Untuk menjawab rasa penasaran netizen, Kesha pun memberikan keterangan mengenai unggahannya. Rupanya, bukan janin seperti yang diduga netizen pada hasil USG tersebut. Kesha mengaku bahwa itu merupakan hasil USG payudara sebelah kanannya.

Jenis dan ciri tumor payudara  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Loading...

"Itu hasil USG payudaraku yang sebelah kanan. Kenapa ada lingkaran hitam yang kalian sangka itu janin. itu adalah tumor/kista kenapa masih belum tahu karena aku belum konsul kembali dengan dokter heheh," ungkap Kesha.

Alasan Kesha mengunggah kondisi tubuhnya karena ia ingin mengajak pengikutnya, terutama para wanita untuk lebih memperhatikan kesehatannya. Ia juga menyarankan para wanita untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika menemukan benjolan asing pada tubuh.

Tumor atau kanker payudara kerap kita dengar sehari-hari. Bahkan penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Organisasi kesehatan dunia, WHO bahkan meramalkan di tahun 2030, Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah pasien kanker payudara sampai 7 kali lipat.

Ketika mendengar tumor, mungkin kamu akan berpikir ke arah kanker. Tapi nyatanya ada perbedaan yang harus kamu pahami. Dilansir brilio.net dari nationalbreastcancer.org pada Selasa (25/2), tumor adalah massa jaringan abnormal. Terdapat dua jenis tumor payudara, jenis tidak kanker atau jinak dan jenis kanker yang ganas.

Ketika tumor didiagnosis jinak, dokter biasanya akan membiarkannya dan tidak mengangkatnya. Meskipun biasanya tidak tergolong agresif terhadap jaringan di sekitarnya, terkadang mereka bisa terus tumbuh dan menekan organ. Hal ini yang bisa menyebabkan rasa sakit atau masalah lainnya. Dalam keadaan ini tumor baru akan diangkat.

Sedangkan, tumor ganas bersifat kanker dan agresif. Ia dapat menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Saat tumor dinyatakan ganas, biasanya dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor.

Jenis dan ciri tumor payudara  © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Berbeda lagi ketika kamu pernah mendengar istilah kanker metastasis. Kanker metastasis adalah ketika sel-sel kanker dari tumor ganas menyebar ke bagian tubuh. Biasanya melalui sistem getah bening dan membentuk tumor sekunder.

Terdapat tingkatan untuk mengklasifikasikan tumor payudara ganas berdasarkan tingkat keparahan mutasi dan kemungkinan penyebarannya. Terdapat skala satu sampai tiga yang menunjukkan seberapa agresif sel tersebut. Klasifikasi tersebut adalah kelas rendah diferensiasi dengan baik, kelas menengah cukup terdiferensiasi, dan tingkat tinggi berdiferensiasi buruk.

Sedangkan ww5.komen.org juga mengutarakan untuk kasus kanker payudara dapat bersifat non invasif dan invasif. Masing-masing memiliki karakter tumor yang berbeda. Untuk Invasive Ductal Carcinoma (IDC) memiliki karakter tumor dengan tekstur keras, tumor tidak teratur, dan juga berbentuk bintang.

Sementara Invasive Lobular Carcinoma (ILC) memiliki tektur tumor normal, sedikit keras atau keras. Tubular carcinoma memiliki karakter tumor kecil, seringkali tidak ada tumor yang teraba. Berbeda dengan Mucinous (colloid) carcinoma, merupakan tumor lunak yang seringkali tidak ada tumor yang teraba dan sel dikelilingi oleh lendir berlebih.

Sementara, Carcinomas with medullary features merupakan tumor lunak yang memiliki penampilan seperti lembaran. Yang terakhir, Invasive papillary carcinoma, juga merupakan tumor lunak yang muncul sebagai cabang seperti jari.

RECOMMENDED BY EDITOR