Brilio.net - Pernahkah kamu memperhatikan setiap bangun tidur di pagi hari, wajah terlihat sedikit agak membengkak? Hal ini dikarenakan ketika kita tidur regenerasi sel-sel terjadi dan pori-pori wajah akan melebar, sehingga efeknya wajah akan terlihat sedikit membengkak (puffy).

Nggak usah resah karena untuk memperbaikinya cukup percikkan air dingin pada wajah. Ternyata mencuci wajah dengan air dingin memiliki efek magis terutama di pagi hari. Nggak percaya? Berikut adalah beberapa manfaat lain dari mencuci wajah dengan air dingin, seperti dilansir brilio.net dari Times of India, Selasa (23/2).

1. Mencuci wajah dengan air dingin akan menutup pori-pori kulit.
Jika kamu merasa kedinginan di pagi hari dan nggak kuat untuk langsung menyentuh air dingin, kamu bisa membasuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Baru deh setelah mencuci wajah dengan air hangat, percikkan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka biar kotoran nggak masuk lagi. Air dingin juga membantu untuk menenangkan mata sehingga wajah terlihat lebih segar.

2. Air dingin sebagai pengganti krim antikerutan.
Pengen wajah terlihat lebih segar dan awet muda nggak melulu harus memakai krim antikerutan kalau kamu punya kebiasaan untuk mencuci wajah dengan air dingin. Gunakan air dingin secara teratur untuk mencuci wajah karena akan memperlambat proses penuaan kulit dan membantu untuk mengisi kerutan di wajah.

3. Kebiasaan mencuci wajah dengan air dingin juga akan melawan efek-efek berbahaya dari paparan sinar matahari.
Suhu air yang dingin akan mengencangkan kulit dan melindungi pori-pori yang terbuka ketika terekspose sinar matahari. Pori-pori yang menutup rapat juga akan membantu makeup jadi lebih tahan lama. Tak hanya itu, air dingin juga membantu biar kulit lembab lebih lama. Berbeda dengan air hangat yang suhunya nggak sama dengan lingkungan bisa bikin kulit jadi semakin kering.