Brilio.net - Olahraga lari bagus untuk kesehatan. Sebut saja seperti mengurangi berat badan, mencegah osteoporosis, mengurangi risiko jantung koroner, bahkan bisa memperbaiki mood jelek.

Nah, Sobat Brilio pernah nggak sih ketika lari merasa tungkai kaki gatal mendadak? Rasa ingin menggaruk nggak tertahankan. Namun saat digaruk pun nggak mendatangkan rasa puas. Padahal baju juga sudah bersih, hanya terkena keringat tapi kenapa sensasi gatalnya seakan berasal dari dalam?

gatal lari berbagai sumber

Disarikan brilio.net dari Popsugar dan Benefit, Senin (26/2), saat lari atau olahraga lain, detak jantungmu meningkat, aliran darah semakin cepat, dan jutaan kapiler dan arteri kecil di ototmu mengembang atau melebar cepat. Pelebaran ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah. Namun sayangnya, kalau ternyata kamu jarang berolahraga, tubuhmu nggak terbiasa sehingga sulit memompa darah ke kaki dan tangan. Hal ini disebabkan kapiler cenderung mengempis, membuat darah yang terpompa sedikit.

Saat kapiler meluas itulah, saraf sekitarnya terstimulasi dan mengirim pesan ke otak untuk melepas senyawa kimia bernama histamine yang bersifat vasodilator (memperlebar pembuluh darah) sehingga menimbulkan sensasi gatal. Peningkatan produksi histamine ini umumnya terjadi saat lari maupun olahraga lain.

Loading...

Nah, karena gatal-gatal ini menjadi pertanda kamu jarang olahraga, maka kamu tetap harus rutin olahraga lari maupun olahraga lain untuk terhindar dari sensasi gatal-gatal ini.

gatal lari berbagai sumber

RECOMMENDED BY EDITOR