Brilio.net - Saat orang tidur maka sebenarnya ia sedang berusaha mengistirahatkan badannya serta menyiapkan tenaga untuk aktivitas kemudian. Namun kerap kali saat terbangun banyak orang merasa badan justru menjadi pegal-pegal. Hasilnya bukan semangat dan tenaga yang diperoleh untuk beraktivitas, melainkan justru tubuh yang tidak fit.

Dyah Novita Anggraini salah seorang dokter yang juga alumni Universitas Pelita Harapan, melalui situs konsultasi kesehatan online Klik Dokter menjawab pertanyaan tersebut. Novita menjelaskan sedikitnya ada 5 penyebab kenapa banyak orang justru merasa pegal saat bangun tidur. Berikut penjelasannya, sebagaimana dikutip brilio.net, Rabu (26/4).

1. Salah posisi tidur.

pegal tidur pegal tidur

foto: pixabay.com

Posisi tidur yang salah selama beberapa jam akan menyebabkan aliran darah pada bagian tubuh tertentu menjadi berkurang. Akibatnya, asupan oksigen di area tersebut menjadi menurun. Hal ini akan menyebabkan penumpukan asam laktat, yang dapat memicu rasa nyeri dan pegal di area tersebut.

2. Asupan makanan yang salah.

pegal tidur pegal tidur

foto: pixabay.com

Pegal saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh asupan makanan yang salah. Pasalnya, terlalu banyak asupan berkarbohidrat akan berdampak pada otot-otot tubuh yang lemah dan nyeri.

3. Kurang olahraga & olahraga berat.

pegal tidur pegal tidur

foto: pixabay.com

Selain membuat tubuh aktif bergerak, olahraga juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan demikian, oksigen dapat terpasok ke seluruh bagian tubuh dengan sempurna.

Jika kamu kurang berolahraga, maka oksigen tidak akan diedarkan secara sempurna ke seluruh tubuh. Bagian tubuh yang pertama kali terkena dampaknya adalah otot, yang terasa kaku dan berujung pada pegal-pegal di seluruh tubuh.

Olahraga berat, seperti angkat beban, dapat membuat seluruh otot, sendi dan ligamen menegang. Kondisi ini juga dapat menyebabkan badan terasa pegal dan kram saat bagun tidur.

4. Kelebihan berat badan.

pegal tidur pegal tidur

foto: pixabay.com

Di saat tidur, seseorang dengan berat badan berlebih akan sendi-sendi di tubuhnya tertekan. Jika terjadi secara terus-menerus, sendi akan semakin tegang. Dengan demikian, sendi dan otot akan terasa pegal bahkan nyeri.

5. Penyakit fibromyalgia.

pegal tidur pegal tidur

foto: pixabay.com

Fibromyalgia adalah penyakit yang menyebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita, dan hingga saat ini belum diketahui latar belakangnya.