Brilio.net - HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang dapat menyebabkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. HIV mampu mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

HIV akan mempengaruhi dan menghancurkan sel CD4 yang merupakan jenis sel darah yang menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh. Sel CD4 ini merupakan bagian dari sistem imun yang memiliki tugas membantu melawan infeksi. Jika sel CD4 turun mengakibatkan sistem imun tubuh tidak cukup kuat untuk melawan infeksi.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang lebih serius dan dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). HIV dapat menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, dari hubungan seksual yang berganti-ganti pasangan tanpa alat pengaman, dan berbagi jarum suntik dengan penderita AIDS.

Jika sudah berada di tahap AIDS itu merupakan stadium akhir dari infeksi virus HIV. Biasanya pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang. Kondisi ini ditandai dengan munculnya penyakit dan berbagai infeksi yang muncul seiring melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut gejala dan penyebab dari HIV pada Kamis (7/4).